7 Festival Seni Yang Bikin Turis Hobi Berkunjung ke Indonesia

Indonesia, negara kepulauan dengan berbagai kekayaan dan keindahan alam, budaya, dan tradisi. Tidak heran negara kita telah menjadi salah satu tempat yang sering dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati suasana negara tropis dan budaya yang masih terjaga.

Beberapa seni asli dari Indonesia juga memiliki seluruh dunia dan dikenal luas di banyak negara lain. Tak heran jika wisatawan ingin datang ke Indonesia untuk melihat langsung keindahan seni dan budaya seperti berikut ini di 7 pentas seni budaya indonesia yang membuat orang asing suka berwisata ke indonesia.

Sendratari Ramayana

lensaterkini.web.id - Ramayana pertunjukan balet biasanya ditampilkan di Prambanan. Acara ini adalah kombinasi dari tari dan drama adalah kisah Ramayana berusaha untuk menyelamatkan istrinya, Sita dari pembuangan Rahwana.

Meskipun tidak ada dialog, menunjukkan gerakan balet yang memperkuat ekspresi. Dengan begitu diharapkan para penonton masih bisa memahami maksud tari meskipun tidak datang dari latar belakang budaya yang sama.

Batik

Batik adalah sebuah bentuk seni seperti kain dicat dengan motif tertentu. teknik tradisional dilakukan dengan menggunakan lilin dan alat yang disebut canting. Tradisi menghias kain menyerupai batik ada di negara-negara lain seperti Malaysia, Singapura dan beberapa negara lainnya. Namun batik Indonesia yang paling terkenal antara lain di seluruh dunia.

Batik pulau buatan Jawa memiliki sejarah panjang akulturasi dengan pola yang beragam dipengaruhi oleh berbagai budaya. Batik bukan hanya kain, tetapi juga karya seni. Itu sebabnya pada bulan Oktober 2009, UNESCO kemudian menetapkan batik Indonesia sebagai Warisan Budaya lisan dan non-material dari Man.

Wayang

lensaterkini.web.id - Seni pertunjukan wayang telah berada di Indonesia sejak berabad-abad yang lalu. Awalnya, wayang digunakan sebagai media untuk menyebarkan agama. Namun dengan usia tumbuh, acara itu kini menjadi sarana hiburan bagi masyarakat.

Di Indonesia, wayang memiliki berbagai jenis. Mulai dari boneka, boneka, boneka Motekar, rumput boneka, dan lain-lain. Selain itu, orang-orangan di Indonesia juga memiliki gaya yang unik dan bahasa yang berbeda dari boneka negara lain. Karena keunikannya, pada tahun 2003 UNESCO sebagai wayang dan Indonesia dan non-material Warisan Budaya Lisan Man asli.

Angklung

Angklung adalah alat musik tradisional yang terbuat dari pipa bambu yang berkembang di masyarakat Sunda, Jawa Barat. Angklumg bukan satu-satunya alat musik tradisional di dunia terbuat dari bambu, tetapi sekarang telah menjadi salah satu yang paling populer dan di seluruh dunia.

Sejak Desember 2010, angklung juga telah ditunjuk oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Lisan dan non-material dari Man. Bermain angklung bersama-sama membutuhkan kerjasama dan koordinasi. Itu sebabnya seni ini untuk mempromosikan nilai-nilai kerjasama, menghormati orang lain, dan harmoni sosial.

Reog

lensaterkini.web.id - Jawa Timur, ada pertunjukan menarik, seni yaitu reog. seni ini menari dengan topeng berbentuk kepala singa yang disebut "Singa Barong". Di bagian atas kepala singa, ada bulu merak hiasan ditempel sedemikian rupa sehingga tampak seperti kipas raksasa. Hebatnya, Singa Barong topeng ini mungkin berat 50 sampai 60 kg dan hanya diambil dengan menggunakan gigi.

Menunjukkan reog biasanya dimainkan oleh beberapa orang. Selain Barongan, akan ada jathil menggambarkan penunggang kuda, Warok menggambarkan orang yang sempurna cara hidupnya, Klono Sewandono yang merupakan raja yang kuat, dan Bujang Ganongan atau Patih cerdas, pintar, cerdas, dan sangat kuat.

Gamelan

Peralatan gamelan telah menjadi daya tarik besar bagi wisatawan yang datang ke Indonesia. Bahkan, karena begitu populer, orang-orang dari negara-negara lain mulai berbondong-bondong untuk belajar seni tradisional Indonesia.

Gamelan pertama kali muncul setelah kebudayaan Hindu-Budha masuk dan menyebar di Indonesia. alat musik kemudian dikembangkan selama Kerajaan Majapahit yang dikenal untuk membentuk seperti ini sekarang.

Tari Kecak

lensaterkini.web.id - Pertunjukan tari Kecak dimainkan oleh puluhan orang bahkan lebih dalam lingkaran dan berpakaian kotak-kotak d sekitar pinggang. Tarian ini tidak memerlukan iringan alat musik, karena penari yang disebut "top" ke dalam tarian dan menggerakkan tangan dan lengan mereka untuk menggambarkan perang dalam kisah Ramayana dibantu oleh pasukan monyet.

Kecak berasal dari ritual sanghyang dilakukan dalam keadaan tidak sadarkan diri. Kecak menjadi populer setelah modulus Wayan di mempopulerkan tarian internasional dengan sekelompok penari.

Itu hanya bagian dari seni dan budaya Indonesia yang meninggalkan banyak orang di dunia begitu terpesona. Tak jarang juga beberapa wisatawan memutuskan untuk belajar tari tradisional Indonesia dan musik. Jika orang-orang dari negara-negara lain hanya begitu terpesona dan kagum dengan budaya Indonesia, bagaimana dengan Anda?

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola