6 Kota Yang Akan Menjadi Negara Baru di Dunia

Kadang-kadang, karena ketidakpuasan dengan pemerintah pusat atau karena mereka tidak merasa sebagai bagian dari suatu negara, beberapa daerah mencoba untuk memisahkan diri dan membentuk negara baru. Di Indonesia, hal ini terjadi di Timor Timur yang kini telah menempatkan dirinya sebagai bangsa yang Timor Leste.

Ternyata hal semacam ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja. Beberapa kota atau negara dunia menyatakan keinginan untuk menjadi sebuah negara merdeka dan mencoba untuk mengadakan referendum. Jika berhasil, maka bukan tidak mungkin 6 tempat ini akan muncul untuk menjadi sebuah negara baru. Mari simak ulasan dari 6 negara baru yang bakal muncul di dunia.

Catalonia

lensaterkini.web.id - Selama berabad-abad, Catalonia ingin segera dipisahkan dan independen dari Spanyol. Sampai saat ini, kekhawatiran tentang kemerdekaan Catalonia terus menjadi pertempuran besar di dunia politik Spanyol. Begitu besar keinginan untuk memisahkan diri dari Spanyol, warga Catalonia bahkan membuat rantai manusia dengan memegang tangan di sekitar wilayah perbatasan.

Dengan ekonomi Spanyol memburuk, jangan protes terkejut menuntut kemerdekaan Catalonia bahkan semakin kuat setiap tahun. Selain itu, Spanyol adalah lebih membutuhkan Catalonia untuk mempertahankan ekonominya. Dalam 15 tahun terakhir, dukungan untuk kemerdekaan Catalonia terus meningkat dari 30% menjadi 55%. Perubahan ini menunjukkan bahwa gerakan kemerdekaan di kota semakin serius.

Kaledonia Baru

Kaledonia Baru dijadwalkan untuk mengadakan referendum pada masalah kemerdekaannya dari Prancis pada 2018. Namun, Perancis tampaknya tidak terlalu ingin ini terjadi. Dengan pendekatan dari jadwal referendum, warga Kaledonia Baru telah melakukan berbagai gerakan simbolik untuk menunjukkan niatnya untuk memisahkan diri dari Perancis.

Nusantara bahkan telah membuat bendera dan lagu kebangsaan sendiri. Namun, meskipun ada banyak dukungan untuk membebaskan Kaledonia Baru, Perancis tampaknya tidak yakin tentang menghapus pulau ini. Pasalnya, 25% dari dunia Nickel sumber daya alam di Kaledonia Baru.

Skotlandia

lensaterkini.web.id - Meskipun referendum kemerdekaan Skotlandia pada tahun 2014 berakhir malapetaka ternyata, banyak dari partai nasional Skotlandia masih berusaha keras untuk mengadakan referendum yang mungkin akan sukses lagi. Skotlandia memiliki gerakan kemerdekaan sangat kuat dan Partai Nasional Skotlandia masih sangat populer di wilayah ini.

Satu-satunya penghalang adalah waktu yang tepat untuk mengusulkan referendum lagi. Beberapa orang berpendapat bahwa referendum berikutnya mungkin akan terjadi di 2017. Dengan niat ekstremis ini, jelas bahwa Skotlandia tidak akan mau menyerah keinginan untuk kemerdekaan begitu saja.

Quebec

Isu kemerdekaan Quebec tidak mungkin menyelinap pergi. Sebagian besar wilayah Quebec memiliki sedikit kesamaan dengan daerah Kanada lainnya. Bahkan, Quebec masih mempertahankan bahasa Perancis dan budaya di wilayah tersebut.

Meskipun referendum untuk menyatakan kemerdekaan telah gagal pada tahun 1980 dan 1995, masih jelas bahwa Quebec masih menginginkan kemerdekaan hingga saat ini. Bahkan, referendum pada tahun 1995 memberi wilayah otonomi substansial untuk urusan internal seperti imigrasi, kesehatan, bahasa, dan pendidikan.

Venesia

lensaterkini.web.id - Venesia adalah sebuah daerah di Italia yang merupakan rumah bagi lebih dari 5 juta orang. Beberapa tahun terakhir ini, Venice telah mengambil langkah-langkah untuk memisahkan diri dari Italia dan memenangkan kemerdekaannya. Referendum untuk kemerdekaan Venice harus dilaksanakan antara tahun 2013 dan 2014. Namun menurut pendukung referendum, surat suara tiba-tiba dibatalkan.

Beberapa 56% dari wilayah Venetian penduduk dukungan kemerdekaan menurut sebuah jajak pendapat pada tahun 2013. Dengan memburuknya kondisi ekonomi Italia, keinginan untuk melarikan diri intensif. Venice sampai keluhan dianggap oleh Italia, kota ini masih akan mengancam untuk memisahkan diri.

Anguilla

Anguilla adalah sebuah pulau kecil yang masuk ke dalam Kerajaan wilayah Inggris. Memiliki pulau ini berhasil membebaskan diri, mungkin juga tidak terdengar suara karena tidak banyak orang dapat menemukan pulau ini di peta. Meski begitu, kemerdekaan Anguilla adalah hal yang mungkin akan terjadi segera.

Mantan Anguilla perdana menteri bersama dengan banyak pejabat pemerintah lainnya telah menyuarakan keinginannya untuk mendapatkan kemerdekaan penuh dari Kerajaan Inggris. Anguilla baru-baru ini juga telah mendapatkan hak untuk mengatur daerahnya sendiri.

Jadi tips jauh yang dilakukan adalah melalui referendum, suara yang dilakukan warga negara mereka untuk memutuskan apakah mereka memisahkan diri atau tetap bergabung dengan negara asal. Tak jarang beberapa daerah lain dengan lebih bergerak kasar melalui perang atau tindakan kekerasan. Namun cara yang terakhir ini biasanya hanya akan berbalik karena militan akan dianggap sebagai organisasi separatis.

Konflik seperti ini tidak pernah menyenangkan untuk pihak manapun. Jadi mudah-mudahan Indonesia bisa tetap dukungan bersatu dan saling antar daerah satu dengan yang lain sehingga kedaulatan dan integritas Republik dipertahankan.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola