5 Peralatan Perang Super Mahal di Dunia

Berbicara soal militer memang seperti tidak ada habisnya. Akan selalu ada hal-hal menarik yang bisa kita angkat dari topik ini. Misalnya saja tentang Tiongkok yang kini mulai beranjak mengalahkan AS dan Rusia, atau deretan negara-negara biasa yang diam-diam ternyata memiliki kekuatan militer dahsyat. Militer adalah ranah yang asyik untuk dibahas, walaupun pada hakikatnya penggunaannya adalah untuk saling menghancurkan.

Nah, militer sendiri selalu berhubungan dengan alutsista. Soal peralatan perang itu, kita selalu saja tertarik dengan kehebatannya. Jarang sekali kita concern atau perhatian dengan harga. Padahal ada lho beberapa alutsista milik negara-negara di dunia yang harganya gila-gilaan. Bahkan sampai ada yang satu unitnya berharga sama seperti APBN sebuah negara kecil. Edan, kan?

Nah, sebagai bukti, berikut adalah deretan alutsista super mahal yang harganya sama seperti total anggaran belanja beberapa negara di dunia. Mari simak ulasan dari 5 perlengkapan perang paling mahal di dunia.

USS Gerald Ford Kapal Induk AS Seharga APBN Burma

lensaterkini.web.id - Alutsista paling mahal di dunia diketahui adalah USS Gerald Ford milik AS. Ini adalah kapal induk paling gila yang dimiliki Amerika serikat dengan kemampuan yang bikin negara-negara lain gemetaran. Tak hanya punya dimensi luas sehingga bisa menampung ribuan orang dan puluhan pesawat, kapal induk yang super besar ini juga punya banyak kemampuan gila. Misalnya bisa menghilangkan keberadaan walaupun fisiknya super bongsor.

Diketahui AS membangun kapal ini dengan menghabiskan dana hampir $13 miliar atau sekitar Rp 171 triliun! Kalau dikomparasikan, nilainya sendiri hampir sama bahkan sedikit melebihi APBN Burma. Menurut data CIA World Factbook di tahun 2014, anggaran belanja negara tetangga kita ini sekitar $ 12,9 miliar. Bayangkan kalau Burma seumpama beli kapal induk ini, negara itu bakal tak punya apa-apa lagi untuk biaya operasional pemerintah dan rakyatnya.

HMS Queen Elizabeth, Kapal Perang Inggris yang Harganya Bikin Meringis

Inggris mungkin militernya biasa-biasa saja. Tapi, mereka memiliki beberapa alutsista luar biasa. Salah satunya adalah kapal perang andalan mereka yang bernama HMS Queen Elizabeth. Kapal perang ini konon bisa mengangkut sekitar 1600an prajurit dan bisa berlayar sejauh 10 ribu mil tanpa perlu isi bahan bakar.

Tak hanya itu, pesawat perang ini juga sangat taktis meskipun berat, serta ia juga memiliki persenjataan paling lengkap. Soal harga, diketahui kapal satu ini berharga $9,3 miliar atau sekitar Rp 122 triliun. Harga yang benar-benar fantastis untuk sebuah kapal saja. Jumlah ini setara dengan APBN Lebanon di 2014. Edan!

DDG 1000 Zumwalt-Class Destroyer, Kapal Perang AS yang Harganya Bikin Pingsan

lensaterkini.web.id - Dalam menjaga kedaulatan wilayah perairannya AS menyimpan senjata super rahasia yang jarang diketahui. Ya, ini adalah kapal penghancur DDG 1000 Zumwalt yang kemampuannya sadis. Ia adalah kapal perang sekaligus pengintai. Sama seperti drone mereka, kapal ini dibuat untuk aksi menyusup lalu menghancurkan musuh. Soal teknologi, kapal ini rencananya bakal dipasangi banyak alat-alat canggih yang belum diketahui sampai sekarang.

Nah, berbicara soal harga, kapal super canggih tapi maut ini memiliki banderol yang sama sekali tak enteng. Tercatat, harganya sendiri mencapai $7 miliar atau setara dengan Rp 92 triliun. Jika dikomparasikan, uang sebanyak ini hampir setara dengan APBN Bahrain di tahun 2014 lalu yang jumlahnya $7,5 miliar.

HMS Astute, Kapal Selam Andalan Inggris yang Harganya Luar Biasa!

Tak hanya punya HMS Queen Elizabeth yang sangar dan harganya gila, Inggris juga memiliki satu lagi alutsista super edan. Ya, ini adalah HMS Astute, kapal selam paling ditakuti, mungkin oleh seluruh dunia. Kapal dengan teknologi nuklir ini punya kemampuan sangar, mulai dari lajunya yang super cepat sampai bisa meluncurkan banyak torpedo dalam sekali waktu.

Soal harga, Astute sendiri dibikin Inggris dengan menghabiskan biaya sekitar $5,5 miliar atau setara dengan Rp 72 triliun. Angka ini sendiri persis sama seperti anggaran belanjanya Paraguay di tahun 2014 lalu. Gila, kan?

Charles De Gaulle, Pesawat Induk Perancis Paling Disegani

lensaterkini.web.id - Soal militer, negara satu ini jarang sekali eksis. Padahal mereka sebenarnya hebat lho! Menurut data yang dilansir oleh Global Fire Power, negara ini adalah peringkat 5 dunia. Dengan pamor yang mentereng, maka tak heran kalau negara ini punya beberapa alutsista maut yang harga dan kemampuannya mentereng. Salah satunya adalah Charles De Gaulle.

Ini adalah semacam kapal induk yang fungsi utamanya lebih banyak sebagai pangkalan jet tempur berjalan. Bahkan di tahun 2015 kemarin, kapal ini berperan sebagai markas pasukan jet Prancis ketika menghajar ISIS. Nah, bicara soal harga, kapal satu ini memang mahal luar biasa. Banderolnya sendiri sekitar $4 miliar atau setara dengan Rp 52 triliun. Sebagai komparasi jumlah ini sama seperti jumlah APBN Nepal di tahun 2011 lalu. Ternyata lumayan gila ya Perancis ini?

Tentu ada alasan kenapa negara-negara ini berani jor-joran soal alutsista militer. Ya, tentu saja untuk tujuan menjaga kedaulatan dan juga pertahanan negara. Indonesia sendiri sepertinya masih biasa saja soal belanja alutsista. Negara kita belum berani seperti beberapa negara di atas yang gila soal peralatan militer. Mau beli kapal induk? Urusin dulu sekolah-sekolah yang mau rubuh atau desa-desa yang belum ada listriknya itu.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Tag : Gadget
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola