5 Makanan Yang Bikin Perut Bertambah Lapar

Makanan diibaratkan sebagai bensin yang bisa membuat tubuh kenyang dan bertenaga. Namun faktanya, tak semua makanan memiliki efek seperti itu pada tubuh. Bukannya membuat kenyang, beberapa makanan tertentu malah akan membuat Anda semakin lapar.

Alan Aragon, penasihat nutrisi dari Men’s Health menjelaskan bahwa rasa kenyang dipengaruhi oleh faktor hormon dan zat yang ada dalam makanan. Respon tubuh dan otak terhadap makanan sebenarnya adalah hal baru yang masih akan dieksplorasi oleh peneliti. Namun ada beberapa hal yang jelas, yaitu bahwa protein lebih bisa membuat kenyang dibandingkan dengan karbohidrat atau lemak.

Men’s Health (20/02) membagi beberapa jenis makanan yang tak bisa membuat Anda kenyang dan justru bisa membuat Anda lebih mudah lapar, berikut 5 Makanan yang Membuat Kamu menjadi Bertambah Lapar.

Roti

lensaterkini.web.id - Karbohidrat olahan yang ada dalam roti bisa menyebabkan Anda merasa lapar dalam waktu yang lama dan ingin mengonsumsi lebih banyak makanan. Hasil ini ditemukan peneliti dan diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2013.

Penyebabnya adalah kandungan fruktosa yang tinggi dalam roti. Fruktosa dari sirup jagung ini akan menyebabkan tingkat gula darah menanjak. Tak hanya menyebabkan rasa lapar, peneliti mengungkap bahwa hal ini juga memicu bagian yang berkaitan dengan kecanduan pada otak. Ketika mengonsumsinya, Anda akan semakin ingin untuk mengonsumsi makanan olahan yang mengandung fruktosa lainnya.

Makanan ber-MSG

MSG biasanya digunakan dalam makanan untuk meningkatkan rasa di dalamnya. Meski begitu, makanan yang mengandung banyak MSG akan membuat Anda lebih mudah lapar dan ingin terus makan. Hasil ini ditemukan oleh peneliti dari University of Sussex di Inggris. Mereka menemukan bahwa orang yang mengonsumsi makanan mengandung MSG akan merasa kenyang selama 30 menit setelah makan. Namun kemudian rasa lapar dan selera makan mereka kembali lagi dan semakin tinggi satu jam setelah makan.

Sementara itu, di lain sisi orang yang mengonsumsi makanan tanpa MSG tidak mengalami hal serupa. Mereka masih kenyang dalam waktu yang lebih lama. Peneliti belum mengetahui penyebab hal ini dengan jelas. Tetapi mereka memperkirakan bahwa hal ini dipengaruhi oleh MSG yang bisa memicu bagian otak yang membuat Anda ingin mengonsumsinya lebih banyak lagi.

Minuman protein bubuk

lensaterkini.web.id - Protein bubuk yang biasanya diminum dengan mencampurkan air lalu dikocok (protein shakes) tak akan membuat Anda kenyang. Minuman ini hampir sama dengan cokelat panas atau susu bubuk yang Anda buat dengan mencampurkan air.

Penelitian mengungkap bahwa minuman protein kocok yang dicampur dengan terlalu banyak air bisa membuat orang lebih mudah lapar jika dibandingkan dengan minuman yang lebih kental seperti susu murni dan lainnya.Penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition pada tahun 2013 mengungkap bahwa minuman dengan tekstur yang kental dan rasa yang creamy mengandung lebih banyak lemak dan membuat lebih mudah kenyang dibandingkan minuman protein dengan tekstur tak kental yang dikocok.

Cokelat hitam dan garam laut

Kombinasi cokelat hitam dan garam laut bisa jadi sangat enak. Namun makanan ringan yang terasa manis dan asin ini akan membuat banyak orang ketagihan. Bukannya kenyang, makanan ini malah akan membuat orang lebih lapar dan ingin terus makan lebih banyak. Hal ini karena adanya lemak dalam cokelat yang bisa meningkatkan selera makan. Selain itu, menurut Aragon, tubuh manusia sudah disetel secara biologis untuk mengenali sensasi manis dan asin sebagai bentuk pertahanan diri.

Sementara rasa pahit dan asam dikaitkan dengan hal yang tak enak atau beracun. Untuk itu, makanan dengan rasa asin dan manis seperti kombinasi cokelat hitam dan garam bisa membuat orang kecanduan untuk terus memakannya.

Minuman beralkohol

lensaterkini.web.id - Alkohol tak akan membuat Anda kenyang, namun justru membuat Anda lebih lapar dan bisa mengonsumsi banyak makanan. Sebuah penelitian pada tahun 2013 mengungkap bahwa orang yang minum alkohol cenderung akan mengonsumsi lebih banyak kalori dalam sehari.

Ini berarti bahwa alkohol bisa memicu rasa lapar atau selera makan. Menurut peneliti di Inggris, hal ini karena alkohol bisa meningkatkan rasa makanan dan mempengaruhi sistem dalam otak, sehingga anda akan merasa ingin makan lebih banyak. Namun sebaiknya perhatikan juga efek negatif dalam jangka panjangnya.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang tak akan membuat Anda kenyang, tetapi justru meningkatkan selera makan dan rasa lapar. ketika mengonsumsi makanan di atas sebaiknya perhatikan makanan yang Anda makan selanjutnya. Jangan berlebihan agar tak memberikan efek negatif pada tubuh, seperti naiknya berat badan, gula darah, dan lainnya.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Tag : Kesehatan
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola