5 Kudeta Penjatuhan Kekuasaan Yang Membawa Perubahan Besar Pada Dunia

Kudeta adalah kebrutalan untuk mengembalikan kekuasaan berjalan. Praktek ini umumnya dilakukan secara ilegal untuk daya negara dapat mengambil alih cepat. Kudeta militer dari suatu negara untuk menggulingkan pemerintah yang ada karena ada perbedaan visi dan misi.

Kudeta dinyatakan berhasil jika pemerintah akhirnya roboh. Pemerintah akan digantikan oleh kudeta pihak melakukan atau orang lain yang dianggap mampu. Mari simak ulasan dari 5 kudeta paling berpengaruh besar pda dunia.

Revolusi Xinhai

lensaterkini.web.id - Revolusi Xinhai adalah revolusi terbesar yang pernah dibuat di China. Pada tahun 1911, banyak orang protes dan Kaisar Puyi turun tahta selamanya. Bahkan dinasti Qing yang telah berjalan selama 270 tahun harus runtuh sepenuhnya dan berubah menjadi Republik Cina.

Kudeta itu berjalan karena jumlah kasus korupsi di Dinasti Qing. Banyak pejabat telah membuat banyak uang ketika orang masih kelaparan. Selain itu, pihak kerajaan juga tidak bisa menahan intervensi asing ke dalam kerajaan. Akhirnya, kudeta berlangsung selama setahun untuk republik yang besar ini lahir dan menjadi besar seperti sekarang.

Revolusi Oktober

Revolusi Oktober sering disebut sebagai Revolusi Bolshevic. Hal ini dilakukan oleh revolusi komunis di rusa di bawah kepemimpinan Lenin. Mereka melakukan demonstrasi bersenjata brutal dengan mengundang pekerja dan militer. Hal ini membuat mereka mampu kudeta untuk merebut kekuasaan di Petrograd yang saat itu ibukota Rusia. kudeta bisa menggulingkan pemimpin nasionalis bernama Alexander Kerensky ditunjuk oleh Tsar Nicholas II.

Kudeta berjalan sejak tahun 1917 ni dilakukan oleh 40.000 orang dari partai Lenin dan 1.000 tentara dari Kerensky. Akibatnya, Pemerintah Rusia Sementara selesai dan tidak ada dualitas kekuasaan. Selanjutnya kudeta memicu perang sipil di Rusia dan menyebabkan jutaan orang telah menjadi korban. Revolusi Oktober adalah cikal bakal berdirinya negara besar, saat ini dipimpin oleh Vladimir Putin.

Revolusi Kuba

lensaterkini.web.id - Revolusi Kuba berlangsung di 1953-1959. Revolusi ini dipimpin oleh Fidel Castro dan Che Guevara kemudian dimasukkan ke dalam Gerakan 26 Juli. Castro dan kelompoknya ingin merebut kekuasaan negara dengan menjatuhkan Fulgencio Batista, pemimpin milik boneka Amerika.

Kudeta itu akhirnya berhasil. Fidel Castro, yang memimpin pemberontakan pada akhirnya membentuk negara sosialis dengan komunisme berbasis aturan. Kudeta yang dilakukan oleh Fidel Castro akhirnya telah membuat Amerika begitu marah. Negara ini adalah untuk menjatuhkan embargo terhadap Kuba hingga sekarang.

Revolusi Mesir

Revolusi Mesir adalah revolusi yang terjadi di tahun 1952. Revolusi ini dimulai dengan kudeta militer yang dilakukan oleh sebuah kelompok yang disebut Gratis Petugas Gerakan. Revolusi ini awalnya digunakan untuk menggulingkan Raja Farouk I. Namun, revolusi berkembang menjadi lebih politis dan ingin menghapus monarki konstitusional menjadi republik.

Revolusi yang akhirnya menyebabkan banyak keberhasilan di negara-negara Arab untuk melawan. Mereka melakukan hal yang sama untuk menghancurkan pemimpin yang dianggap buruk dan sangat korup. Revolusi ini terbuat dari Terusan Suez dinasionalisasi dan membuat Perancis dan Inggris di dekolonisasi kolonial.

Nazi Take Over of Power (Machtergreifung)

lensaterkini.web.id - Machtergreifung adalah gerakan untuk merebut kekuasaan yang dilakukan oleh Nasionalis-Sosialis Partai Pekerja Jerman. Partai ini membawa Adolf Hitler menjadi seorang pemimpin yang sah. Mereka dijamin kekuasaan di Jerman perlahan-lahan sampai akhirnya resmi dinyatakan Hitler sebagai kepala pemerintahan pada tahun 1933.

Apa yang dilakukan oleh Partai Buruh adalah mendapatkan dukungan luas dari populasi. Bahkan Weimer pemerintahan Republik sebelumnya juga mendukung keputusan. Kudeta itu akhirnya dikonfirmasi Hitler menjadi pemimpin otoriter dan diktator. Jika Hitler tidak naik takhta, pemusnahan genosida jutaan orang Yahudi selama Perang Dunia II tidak akan terjadi.

Ini adalah lima kudeta militer terburuk yang pernah terjadi di dunia ini. Hasil kudeta ini sebenarnya sangat besar, mulai dari Hitler ke tahta sampai pembentukan revolusi Rusia dan Cina. Nah, menurut teman saya Boombatis semua, di era modern seperti sekarang ini, kudeta seperti ini apa masih relevan?

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola