5 Kerajaan di Nusantara Yang Membuktikan Kehebatan Peradaban Indonesia

Sebuah sejarah kerajaan di Nusantara masih terekam dengan baik terjadi bada abad ke-4. periode itu dari Hindu dan Budha tersebar di seluruh negeri dan dikembangkan sampai abad ke-15. Setelah Hindu dan Budha kerajaan mundur, mulai munculnya kerajaan Islam yang bertepatan dengan masuknya penjajahan Belanda di negeri ini dan melakukan hal ini selama ratusan tahun (meskipun hanya 25 tahun terakhir penaklukan Belanda dari seluruh wilayah di Indonesia ).

Dari peninggalan berhasil ditemukan. Kedua candi, prasasti untuk buku kuno. Ini semua menunjukkan bagaimana di masa lalu negeri ini begitu besar. Kerajaan di Nusantara ini memiliki peradaban sangat bangga. Berikut ulasan lebih lanjut tentang kepulauan terbesar di kerajaan. Mari simak ulasan dari 5 kerajaan besar nusantara ini bukti hebatnya peradaban nusantara.

Kerajaan Majapahit

lensaterkini.web.id - Tidak ada keraguan bahwa pengaruh kerajaan menaklukkan hampir seluruh wilayah nusantara ini. Sejak pembentukannya pada tahun 1293, kerajaan terus memperkuat sistem militernya untuk akhirnya dapat melakukan invasi ke berbagai daerah di Jawa ke Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Salah satu orang yang paling berpengaruh dalam pengembangan wilayah adalah Gajah Mada dan Laksamana Nala. Mereka berdua adalah pemimpin yang kuat yang membawa kerajaan ini menuju zaman keemasan.

Kerajaan Majapahit juga menjalin hubungan baik dengan kerajaan yang berasal dari negara tetangga. Majapahit sangat pintar dalam politik. Mereka dapat mengontrol daerah tanpa harus berperang. Sayangnya kerajaan terbesar di Indonesia harus dihancurkan 200 tahun setelah berdiri karena ada konflik internal sangat rumit.

Kerajaan Sriwijaya

Sriwijaya kerajaan adalah kerajaan maritim terbesar yang pernah dimiliki oleh Indonesia. Berdasarkan prasasti dan catatan perjalanan dari Cina, kerajaan berdiri sekitar abad ke-7 SM. Kerajaan ini memiliki pengaruh besar di seluruh Sumatera, sebagian Jawa Barat, Malaka, dan wilayah di Thailand.

Sriwijaya kerajaan sangat kuat dalam bidang perdagangan. Negara ini telah bekerja dengan perdagangan dengan beberapa kerajaan di Asia Tenggara sampai daerah yang jauh seperti China. Sriwijaya mengalami zaman keemasan di abad ke-9. Pada waktu itu kerajaan semakin banyak pendapatan dari cukai barang yang masuk dan keluar melalui sebuah kapal dagang. Dari sejarah ini kita bisa tahu kalau sebenarnya sejak pertama laut adalah wilayah Indonesia. Dan lagu "nenek moyang pelaut" benar.

Kerajaan Kutai

lensaterkini.web.id - Berbeda dengan bukti Majapahit atau sejarah Sriwijaya masih dapat ditemukan. Kutai kerajaan benar-benar memiliki bukti sejarah kecil. Peneliti hanya mampu menafsirkan warisan bukti dari beberapa Yupa atau prasasti di atasnya banyak menceritakan sejarah kerajaan yang selamat lebih dari 1200 tahun. Atau kerajaan terpanjang didirikan di Indonesia.

Raja pertama Kutai adalah Kudungga yang memerintah sekitar tahun 350-375. Keberadaan kerajaan ini tidak begitu banyak diketahui, tetapi perkiraan kerajaan ini melakukan banyak perdagangan dengan beberapa daerah di Nusantara. Kerajaan ini tidak dikenal sangat petualang untuk memperluas kerajaannya ke banyak daerah.

Kerajaan Singasari

Singasari adalah kerajaan tidak sampai 100 tahun. Kerajaan ini merupakan cikal bakal Kerajaan Majapahit yang luar biasa itu. Singhasari pertama kali didirikan pada tahun 1222. Raja pertama mereka Ken Arok. Ia berhasil membangun kerajaan besar dan kuat untuk menyebarkan wilayah sampai ke Pulau Sumatera.

Singhasari've mengirim banyak pasukan ke Sumatera. Mereka membuat pulau ini menjadi benteng terhadap tentara Mongolia yang dikenal sangat mengerikan. Singhasari juga telah menaklukkan Bali pada 1284. Kehebatan Singasari bahkan membuat Kubilai Khan mengirim delegasi untuk mengakui kedaulatan negaranya. Oh ya, daerah Singhasari termasuk Melayu, Bali, Pahan, urun dan Bakulapura saat ini mengalami zaman keemasan.

Kesultanan Mataram

lensaterkini.web.id - Kerajaan Mataram Islam yang cukup besar dan memiliki pengaruh besar di Indonesia, khususnya Jawa. Kerajaan ini berdiri pada akhir 16 dan hanya mampu bertahan hingga 100 tahun. Ketika Mataram berkuasa, Belanda mulai masuk dan membuat banyak kekacauan di negeri ini. Kerajaan Mataram yang banyak perlawanan terhadap Belanda di masa lalu.

Kerajaan ini perlahan-lahan hampir menguasai seluruh Jawa. Bahkan ketika Batavia dibangun, kota Mataram menyerang habis-habisan. kota penting dari kerajaan menyebar ke arah Jawa Timur, terutama kota-kota seperti Malang, Pasuruan, Surabaya dan Gresik. Karena ada daerah Ciamis Jawa Barat, Sumedang dan Cirebon. Sayangnya Mataram harus dipecah menjadi dua sebagai akibat dari Belanda. Mataram adalah sebagian kecil dari Kesultanan Surakarta dan Yogyakarta.

Ini adalah kerajaan lima terbesar di Nusantara adalah bukti peradaban besar masa lalu. Raya adalah simbol bahwa sebenarnya mampu melawan dan menjadi yang terbesar. Sekitar bangsa sekarang bisa menjadi bangsa yang kuat dalam sejarah tidak ya?

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola