5 Harta Karun Yang Ditemukan di Kapal Karam di Dasar Laut

Penemuan harta karun bukan cuma ada di cerita dongeng. Nyatanya, banyak kasus penemuan harta yang sengaja dipendam atau disembunyikan oleh manusia. Titanic mungkin adalah kasus kapal karam yang paling terkenal dalam sejarah, namun sebenarnya ada ribuan kapal yang pernah tenggelam di lautan di bumi ini.

Setiap kapal yang tenggelam tersebut memiliki sejarah dan harta berharga yang ikut terkubur bersamanya. Beberapa yang paling berharga bahkan belum ditemukan dan diambil dari kedalaman lautan.

Banyak perusahaan di dunia yang berburu harta yang hilang ini di dasar lautan. Bukan hanya para profesional saja, bahkan para pemburu amatiran atau orang biasa terkadang juga ikut berusaha menemukan harta yang hilang ini. Beberapa diantaranya juga berhasil mendapatkan harta dengan nilai yang fantastis seperti beberapa di bawah ini di 5 harta terpendam dalam kapal karam di dunia.

Kapal Karam di Belitung – 90 juta dollar

lensaterkini.web.id - Kapal karam Belitung atau yang juga dikenal dengan Batu Hitam terjadi kurang lebih sekitar tahun 830. Perahu Arab tersebut berlayar dari Afrika ke Tiongkok. Namun saat akan kembali ke Afrika, kapal tersebut karam dalam rute perjalanan di dekat Pulau Belitung, Indonesia. Alasan kenapa kapal ini mengambil rute yang jauh dengan melewati Indonesia juga masih belum diketahui.

Pada tahun 1998, kapal tersebut ditemukan oleh seorang nelayan di selat Gelasa. Sebuah perusahaan lokal kemudian mendapatkan izin untuk melakukan pencarian dan membeli lokasi kapal karam tersebut dari nelayan yang menemukannya. Kapal tersebut ternyata membawa benda-benda dari berbagai tempat seperti Iran, Asia Tengah, Persia, dan banyak artifak mahal lainnya dari berbagai dinasti. Harta tersebut ditaksir bernilai sekitar 90 juta dollar.

Kapal Emas – 100-150 juta dollar

SS Central America atau dikenal juga dengan Ship of Gold (Kapal Emas) Tenggelam dengan lebih dari 420 orang di dalamnya pada tahun 1857 akibat badai. Karena membawa 14 ribu kilogram emas sehingga hilangnya kapal tersebut membawa kepanikan besar.

Hampir 100 tahun dilakukan pencarian terhadap kapal yang karam tersebut. Pada tahun 1988, kapal tersebut akhirnya berhasil ditemukan. Emas batangan seberat 36 kg berhasil ditemukan dan dijual seharga 36 juta dollar. 92% emas yang telah berhasil ditemukan diberikan kepada tim yang menemukannya pada tahun 1996.

Harta Antikythera – 120-160 juta dollar

lensaterkini.web.id - Karamnya kapal di Antikythera ini terjadi lebih dari 2 ribu tahun yang lalu di laut Aegean. Kapal ini ditemukan pada tahun 1900 oleh seorang penyelam. Sejak tahun 2012 hingga 2014, kapal tersebut menunjukkan harta karunnya yang tersimpan.

Menariknya lagi, kapal tersebut ternyata menyimpan komputer pertama di dunia yang melacak pergerakan matahari, planet, dan bulan. Beberapa harta lain yang berhasil ditemukan antara lain kursi perunggu, perhiasan emas, topler berukir simbol-simbol dari abad ke-1 sebelum masehi, artifak kaca, patung dari marmer dan perunggu, patung prajurit raksasa, koin emas, dan banyak lagi.

Harta S.S. Republic – 120-180 juta dollar

SS Republic, sebuah kapal uap hilang akibat badai pada tahun 1865 dalam perjalanan ke New Orleans. Tahun 2003, para penjelajah kapal karam di laut dalam menemukan harta terpendam dalam perahu tersebut di lepas pantai Savannah, Georgia.

Kapal tersebut ternyata membawa koin emas dan perak dalam jumlah yang sangat besar serta artifak dan barang berharga lainnya. Sepertiga dari koin perak dan emas yang diselamatkan dari kapal karam tersebut bernilai setidaknya 75 juta dollar. Sementara total keseluruhan harta yang ada mencapai antara 120 hingga 180 juta dollar.

Harta Karun Titanic – 190-200 juta dollar

lensaterkini.web.id - Titanic adalah kisah kapal karam yang paling terkenal sepanjang masa. Kapal Inggris ini membawa 1500 penumpang dan kru ketika tenggelam di Samudra Atlantik pada 15 April 1912 setelah menabrak gunung es. Kapal ini membawa banyak sekali artifak, emas, berlian, perak, dan barang berharga lain senilai lebih dari 300 juta dollar.

Sejak penemuan pertama kapal ini pada tahun 1985, banyak artifak, emas, koin emas, benda-benda porselen, dan benda lainnya dipajang di berbagai lokasi di dunia. Banyak artifak dari kapal ini dilelang pada September 2015 dan benda-benda lainnya senilai 189 juta dollar dilelang tahun 2012.

Selain kelima kapal tersebut, sebenarnya masih ada banyak kapal karam lain di lautan luas ini yang menyimpan harta terpendam. Namun karena lokasinya yang tidak diketahui dan medan yang sangat sulit, kebanyakan harta tersebut masih tersimpan di dasar laut tanpa tersentuh.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola