5 Fenomena Dunia Ini Tanpa Disadari Terjadi Setiap Detiknya

Bagi kita mungkin waktu satu detik takkan berarti apa pun. Kita akan melewatinya tanpa benar-benar sadar karena durasinya yang begitu singkat. Meskipun demikian, tahukah jika dalam satu detik itu sebenarnya banyak peristiwa besar terjadi di luar sana? Mengetahui kenyataan ini, siap-siap kamu bakal sangat dikejutkan.

Di antara peristiwa besar yang terjadi hanya dalam satu detik dan berlanjut ke detik-detik setelahnya adalah pecahnya 30 buah supernova di jagad raya. Supernova seperti yang kamu tahu adalah semacam ledakan maha dahsyat sebagai tanda jika umur sebuah bintang telah mencapai batasnya.

Bayangkan, ini adalah semacam kiamat bagi sebuah sistem tata surya, dan hal tersebut terjadi dalam setiap detik. Sungguh mencengangkan, bukan? Tak hanya itu, ada banyak peristiwa mengejutkan lain yang juga terjadi dalam setiap detiknya. Mari simak ulasan dari 5 peristiwa yang terjadi dalam setiap detiknya.

4000 Bintang Tercipta Setiap Detik

lensaterkini.web.id - Seperti yang disinggung sebelumnya, dalam setiap detiknya 30 bintang mengalami kehancuran dalam sebuah peristiwa yang disebut supernova. Kita tentu berpikir jika lama-lama bintang akan habis. Dalam satu jam, mungkin ada sekitar  108000 bintang yang hancur. Tapi, Tuhan itu maha adil, ketika 30 bintang hancur dalam setiap detik, Ia menciptakan 4000 lagi.

Ya, dalam tiap detiknya diperkirakan ada sekitar 4000 bintang tercipta. Hal ini berdasarkan riset dan studi yang dilakukan oleh University of Calgary dan Cornell University. Pertanyaannya, apakah alam semesta tidak akan sesak dengan lahirnya 4000 bintang tiap detiknya. Sama sekali tidak, kita sendiri bahkan tidak tahu seberapa besar jagad raya ini. Jadi, ya, hal ini sangat mungkin terjadi.

40 Petir Menyambar Tiap Detik

Ketika kita menghabiskan waktu membalas chat atau baca sebuah artikel di internet, sebuah peristiwa unik terjadi ratusan kali. Ya, diperkirakan dalam setiap detik setidaknya ada 40 petir yang menyambar bumi. Gila, ya? Kita mungkin tidak pernah menyadari ini sebelumnya.

40 petir setiap detik, tentu saja ini peristiwa yang bikin merinding. Satu saja sudah bikin ketakutan apalagi 40 buah sekaligus. Tapi, petir-petir ini tidak terjadi dalam satu tempat saja. Melainkan menyebar ke seluruh penjuru Bumi.

Aktivitas Internet Dalam Setiap Detiknya

lensaterkini.web.id - Ada ratusan juta lebih pengguna internet setiap harinya dengan berbagai macam aktivitas. Kira-kira peristiwa apa yang berhubungan dengan internet yang terjadi tiap detiknya? Ternyata sangat mencengangkan.

Dalam setiap detik, setidaknya ada 11.500an orang mencari di mesin Google, jumlah yang sama juga terjadi di Facebook terutama untuk kegiatan update status, serta yang paling gila adalah estimasi 2,8 juta email dikirim tiap detiknya. Tanpa sadar, ketika kita menghabiskan satu jam saja berinternet, setidaknya ada jutaan aktivitas internet yang terjadi.

34 Pohon Ditebangi Dalam Tiap Detik

Sayangnya, tak hanya peristiwa-peristiwa hebat yang terjadi dalam tiap detik. Nyatanya, hal yang berkebalikan juga ada. Misalnya tentang penebangan hutan. Percaya atau tidak, dalam satu detik setidaknya ada 34 pohon yang ditebang di hutan hujan. 34 pohon per detik adalah jumlah yang gila. Dalam satu menit saja setidaknya ada 2040 pohon, lalu kalikan satu jam, satu hari, atau bahkan sebulan. Tak karuan banyaknya.

Memang hutan hujan di Bumi luasnya jutaan hektar, tapi dengan intensitas penebangan seperti itu, maka tinggal tunggu waktu yang tak lama sampai akhirnya kita tidak punya hutan lagi. Konyolnya para penebang ini tak berpikir jika hutan adalah tempat oksigen dihasilkan. Ditebang sedikit-sedikit, sama artinya mengurangi pasokan oksigen yang ada. Habis sama sekali ya mereka juga bakal mati.

Kelahiran dan Kematian Dalam Satu Detik

lensaterkini.web.id - Sama seperti supernova dan terciptanya bintang baru, ternyata manusia sendiri mengalami hal yang sama. Percaya tidak percaya, dalam setiap detiknya setidaknya ada 4 bayi yang lahir. Sedangkan untuk kematian dalam setiap detiknya diperkirakan 2 orang meninggal dunia. Jika dihitung dalam skala yang lebih besar misalnya jam, setidaknya ada 14.400 bayi lahir dan 7.200 orang meninggal.

Mengetahui fakta ini, pantas saja kalau pertumbuhan manusia begitu cepat. Angka kelahirannya dua kali lipat dibandingkan kematian. Diperkirakan beberapa puluh tahun ke depan jumlah manusia bisa meningkat sampai dua kali lipat.

Dalam satu detik saja terjadi banyak peristiwa besar yang tanpa kita sadari. Lalu, apa yang bisa kita ambil dari ulasan ini? Ya, apalagi kalau bukan untuk mensyukuri waktu yang kita miliki. Bayangkan kegilaan apa yang terjadi di luar sana dikomparasikan dengan satu jam kehidupan kita. Dengan begitu kita akan lebih menghargai waktu yang dimiliki.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola