5 Berita Bohong Yang Pernah Membuat Dunia Panik dan Resah

Berita palsu atau rumor sering beredar di berbagai tempat. Jika tidak pintar untuk memilah atau mencari tahu kebenaran berita tersebut, maka kita rentan untuk jatuh untuk laporan tidak benar tersebut.

Sudah beberapa waktu rumor menyebar menyebabkan kepanikan. Beberapa dari mereka bahkan sangat parah kerusuhan karena ulah orang yang tidak bertanggung jawab yang menyebarkan rumor tersebut. Mari simak ulasan dari 5 rumoh yang membuah dunia merasa kepanikan massal.

Pisang China Penyebab SARS

lensaterkini.web.id - Pada tahun 2007 di Cina beredar pesan yang menyatakan bahwa pisang dapat menyebabkan SARS. Pada saat itu, dunia takut oleh penyakit dilaporkan sebagai wabah baru. industri pisang segera hancur karena rumor tersebut, dan penjualan pisang anjlok sebesar 90%.

Hal ini menyebabkan industri rumor pisang mencapai kerugian 2,6 juta dolar per hari dan pisang produsen bangkrut. Rumor ini bisa efektif dikembangkan bagi pemerintah China untuk mengendalikan media. Agar tidak tertangkap pemerintah China, pesan singkat ke media yang dianggap sebagai berita. Tapi sayangnya ini berarti bahwa ketika rumor mulai beredar, maka akan sangat sulit untuk berhenti.

Kerusuhan di Harlem

Pada tahun 1935, rumor beredar di jalan-jalan Harlem bahwa anak Puerto Rico dipukuli sampai mati oleh seorang polisi kulit putih. Bahkan, anak itu tertangkap mencuri pisau lipat murah. Dia kemudian ditangkap dan dilepaskan lagi tenang.

Namun, rumor bahwa anak meninggal menyebar tak terkendali dan menjadi terlibat dalam demonstrasi dan kerusuhan. Tiga orang tewas, ratusan luka-luka, dan kerusakan properti parah terjadi yang mencapai kerugian dari 2 juta dolar. Jika periode dihitung inflasi yang juga terjadi pada saat itu, maka nilainya kira-kira sama dengan 35 juta dolar.

Ramalan Kiamat Suku Maya

lensaterkini.web.id - Lebih dari 1000 tahun yang lalu, Maya peradaban membuat kalender cukup kompleks. Bila dihitung, kalender hanya sampai 21 Desember 2012. Banyak orang ternyata kemudian untuk menerjemahkan akhir kalendes Maya seperti prediksi malapetaka yang akan datang.

Kepanikan cepat menyebar ke seluruh dunia sehingga tanggal tersebut semakin dekat. Di Michigan, sekolah ditutup selama dua hari karena takut munculnya kekerasan sebagai akibat dari kepanikan. Sementara itu kelompok agama China menyebar kepanikan di siapa pun yang mau mendengarkan yang mengakibatkan pemerintah menindak dan menangkap sebnyak 400 orang.

Pesepakbola Penyihir Kongo

Pada tahun 2008, rumor beredar di stadion Republik Demokratik Kongo yang salah satu pemain menggunakan sihir untuk membantu kemampuan untuk bermain sepak bola. Rumor tidak butuh waktu lama beredar di kalangan fans yang segera menjadi sengit.

Mereka marah karena mereka merasa bahwa penipuan untuk menggunakan pemain sepakbola sihir dalam pertandingan. Polisi kemudian segera menembakkan senjata ke udara untuk menenangkan para fans. Ternyata itu benar-benar membuat penonton panik dan berdesakan keluar dari stadion. Setelah kekacauan berakhir, kemudian menangkap 13 orang, termasuk anak-anak, tewas dalam insiden itu.

Hantu Minyak

lensaterkini.web.id - Pada tahun 2011, rumor beredar tentang keberadaan minyak hantu di Sri Lanka. Biasanya, hantu ini digambarkan sebagai pencuri yang ditutupi dalam minyak sehingga membuat sulit untuk menangkap. Namun, target man ternyata minyak modern adalah perempuan.

Meskipun rumor tersebut tanpa dasar fakta, masih panik sehingga orang berkerumun bersama-sama dan mulai main hakim sendiri. Akibatnya, ratusan orang ditangkap dan pemerintah harus menurunkan tangki untuk mengamankan situasi. Setidaknya ada 30 kasus kekerasan yang berkaitan dengan rumor tersebut dan 5 orang tewas, termasuk seorang polisi.

Kadang-kadang masalah atau rumor yang kita dengar atau baca belum tentu benar. Demikian pula, berita yang sering beredar di media. Langkah paling bijaksana adalah untuk tidak mengambil bagian untuk menyebarkan berita yang belum jelas terbukti kebenarannya sehingga tidak menimbulkan kepanikan publik. Dan jika itu sudah menyebarkan berita tidak benar, biasakan untuk berpartisipasi menjelaskan bahwa orang yang membaca kisah kita tahu yang sebenarnya.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola