5 Aksi Teroris Tergila Yang Merugikan Hingga Miliaran Dolar

Setiap aksi terorisme baik yang dikelola oleh pelakunya atau tidak, harus material dampak. Tidak hanya dari sisi mereka saja, lebih juga sipil dan negara juga menjadi korban. Tapi, selama ini kami akan menganggap jika aksi terorisme yang dampaknya tidak terlalu besar. Artinya, mereka masih jumlah ditoleransi. Tapi, pada kenyataannya tidak terjadi. Kerugian dari tindakan terorisme bisa lebih dari yang kita duga.

Jika Anda tidak percaya, kita ambil salah satu contoh, tindakan seperti terorisme di Mumbai November lalu 2008. Siapa sangka jika itu membuat pemerintah membom hilangnya Hindustan hingga $ 149.000.000 atau sekitar Rp 1,9 triliun. Meskipun perkiraan mungkin aksi teror tidak menghasilkan kerugian sebesar itu. Hal ini seperti ini, aksi terorisme selalu memberikan dampak yang lebih besar dari yang kita duga.

Tidak hanya aksi teror di Mumbai saja, ada banyak tindakan teroris lainnya yang ditentukan juga menyediakan kerugian yang luar biasa dengan nominal yang membuat sesak napas. Berikut ulasannya  di 5 teror paling gila yang merugikan miliaran dolar.

Aksi Bom London 2005 – Estimasi Kerugian: Lebih dari $1,2 Miliar

lensaterkini.web.id - 2005 mungkin menjadi tahun yang traumatis bagi Inggris. Bagaimana tidak, pada tahun itu tidak pernah terjadi tindakan parah terorisme yang membuat kredibilitas Inggris sebagai negara paling aman di Eropa runtuh. Pada saat itu, serangkaian pemboman pada titik tersibuk di Inggris. Setidaknya ada empat bom meledak lokasi, misalnya di jalur kereta bawah tanah dan bus di London.

Dari kejadian ini setidaknya ada 56 orang mati. Tidak hanya menyebabkan hilangnya nyawa warga sipil, tindakan terorisme juga membuat Inggris kehilangan banyak. Diperkirakan bahwa setidaknya pemerintah menelan kerugian hingga $ 1,2 miliar. Angka yang fantastis ketika dikonversikan ke rupiah.

Pengeboman di World Trade Center 1993, New York – Estimasi Kerugian: $810 Juta

lensaterkini.web.id - Sebelum pergantian peristiwa yang paling mengerikan pada tahun 2001, WTC tidak pernah jadi pelampiasan teroris. Menurut pihak AS, pelaku sendiri radikal geram melihat langkah AS untuk membela Israel. Berbeda dengan versi 9/11, WTC bom menggunakan truk.

Bom itu meledak dengan radius yang sangat dekat, tapi jumlah korban itu sendiri hanya enam orang tewas dan ratusan terluka oleh serpihan. Meskipun tidak terlalu parah, bom ini pemerintah AS untuk menelan kerugian hingga $ 810.000.000.

Pengeboman di Bandara Sri Lanka – Estimasi Kerugian: $517 Juta

Sri Lanka, sebuah negara yang jarang terdengar ini tidak pernah begitu korban teroris bertindak gila. Pengemboman tindakan tersebut berlangsung di bandara Bandaranaike dan diklaim oleh kelompok separatis disebut Macan Pembebasan Tamil Eelam. Tindakan itu dilakukan pada tahun 2001 menghancurkan delapan pesawat militer Sri Lanka.

Tidak hanya itu, sejumlah penumpang pesawat juga rusak parah akibat tindakan ini. Jika dihitung, kerugian pemerintah Sri Lanka sendiri sebesar $ 517.000.000. Sejumlah sangat wajar mengingat jumlah pesawat yang rusak.

Pengemboman di Bishopgate, London – Estimasi Kerugian: $1,2 Miliar

lensaterkini.web.id - Tidak hanya pada tahun 2005, sebelum itu London juga telah dikejutkan oleh aksi terorisme tidak kalah parah. Aksi yang terjadi pada tahun 1993 diduga dilakukan oleh IRA, semacam gerakan separatis yang telah lama menentang Inggris. Tindakan Pengemboman menargetkan rumah keuangan kabupaten sendiri di London dan bisa dibilang teroris berhasil.

Aksi ini akhirnya memaksa Inggris untuk menelan kerugian yang cukup besar. Angka-angka saja diperkirakan $ 1,2 miliar. fakta yang menyedihkan tentang pengeboman yang biaya digunakan untuk meluncurkan tindakan hanya sekitar $ 4.800 saja.

Tragedi Gedung WTC 2001 – Estimasi Kerugian: Sekitar $3 Triliun

Tidak diragukan lagi, tindakan yang paling dahsyat terorisme di dunia adalah tragedi WTC pada September 2001. Dilihat dari trailer yang beredar, kita akan mampu untuk memperkirakan jumlah kerugian yang ditelan oleh pemerintah AS. Ya, AS diperkirakan akan mengalami kerugian hingga $ 3 triliun. Ini jumlah yang sangat fantastis sekali.

Biaya ini meliputi tidak hanya kerugian material akibat aksi terorisme saja, tetapi mencakup banyak hal. Mulai dari perbaikan biaya hingga anggaran perang AS. Tidak hanya mengakibatkan hilangnya super-besar, tindakan terburuk terorisme juga telah membuat banyak orang Amerika telah menjadi trauma dan menderita guncangan psikologis.

Tidak diragukan lagi itu adalah salah satu tujuan terorisme adalah untuk membuat keadaan korban menderita kerugian besar. Dilihat dari samping, tragedi di lima bisa dianggap sukses besar menurut versi dari pelaku. Inilah yang terjadi sebagai efek samping dari tindakan terorisme. Mudah-mudahan di masa depan, tidak akan teror gila semacam ini.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola