4 Kendaraan Perang Penghancur Ranjau Milik Indonesia

Ranjau adalah salah satu senjata dalam perang yang sangat berbahaya. Letaknya yang berada di dalam tanah membuat senjata ini susah sekali dideteksi. Akhirnya, sebuah kejadian mengerikan seperti ledakan dahsyat pada mobil atau individu tak bisa dihindarkan. Itulah mengapa sebuah kendaraan penghancur ranjau dibuat untuk menyelesaikan masalah ranjau yang sangat memusingkan seperti ini.

Kendaraan penghancur ranjau ini akan mendeteksi bahan peledak dari jarak yang cukup jauh. Lalu mereka akan melakukan mekanisme penghancuran atau penjinakan yang sangat hebat. Inilah empat kendaraan penghancur ranjau terhebat yang dimiliki oleh TNI itu.

Ivander EOD – Kendaraan Taktis Buatan Dalam Negeri

lensaterkini.web.id - Salah satu fungsi dari kendaraan taktis adalah untuk mendeteksi adanya ancaman bahan peledak dalam bentuk apa pun termasuk ranjau. Mereka akan melakukan penyisiran di lokasi-lokasi yang kelak akan dilewati oleh tamu VVIP seperti presiden atau delegasi dari negara lain yang kebetulan sedang datang ke Indonesia. Salah satu kendaraan yang bisa diandalkan adalah Ivander EOD yang diproduksi oleh Merpati Wahana Raya.

Kendaraan ini memiliki banyak sekali alat penetralisir ledakan bom seperti robot ROV. Robot ini bisa digerakkan menggunakan remote control untuk mengetahui lokasi bahan peledak secara pasti. Selain itu terdapat juga sebuah kontainer yang bisa digunakan untuk wadah bom yang sedang dijinakan. Hadirnya Ivander EOD adalah angin segara agar Indonesia tak selalu menggantungkan alat dari luar negeri.

Bozena 4 – Robot Penghancur Ranjau Andalan TNI AD

Bozena 4 adalah salah satu kendaraan penghancur ranjau andalan Indonesia. Kendaraan yang sistem kerjanya mirip sekali dengan robot ini mampu menetralisir sebuah kawasan ranjau dengan baik. Bozena 4 bekerja dengan mengambil ranjau dengan cepat tanpa membuatnya meledak dan membahayakan banyak sekali pasukan yang berada di lokasi pertempuran.

Ranjau sangat mematikan bagi personel tentara serta pasukan infanteri atau pun kavaleri. Itulah mengapa kendaraan ini sangat berguna dan wajib ada dalam medan pertempuran atau zona konflik. Bozena 4 yang dimiliki oleh Indonesia merupakan produksi dari Slovakia. Kendaraan ini mampu menjangkau wilayah hingga 5 km. Artinya padang ranjau akan disterilkan dengan cukup cepat dengan waktu operasi maksimal 11 jam.

Bushmaster PMV – Kendaraan Penghancur yang Dipakai di Perang Afganistan

lensaterkini.web.id - Bushmaster PMV adalah salah satu kendaraan penghancur ranjau paling hebat di dunia. Bahkan saat terjadi perang Irak dan Afganistan, kendaraan ini menjadi ujung tombak untuk mendeteksi ledakan dari ranjau tipe IED yang membuat banyak pasukan Amerika dan NATO rontok tak bersisa. Akhirnya Australia dengan segala kemampuannya membuat Bushmaster PMV dan dikirim ke medan perang.

Mengetahui fungsinya yang sangat hebat, Koppasus akhirnya mendatangkan kendaraan ini untuk digunakan sebagai pelengkap pertahanan di Indonesia. Kendaraan ini memiliki sistem komunikasi yang sangat baik serta daya tahan terhadap ranjau yang mumpuni. Jika dalam keadaan apes kendaraan ini melindas ranjau maka ledakan bisa diredakan dengan sangat cepat.

Tripartile Class  – Si Pemburu Ranjau Alandalan TNI AL

Ranjau tak hanya ditemukan di dalam tanah saja. di dalam laut sekali pun ranjau bisa meledak dan membahayakan banyak sekali kapal yang melintas di atasnya. Itulah mengapa kapal pemburu ranjau dibuat oleh tiga negara besar dari NATO (Belanda, belgia, dan Prancis) berinisiatif untuk membuat kapal pemburu yang sangat canggih ini.

Kapal ini memiliki semacam sonar yang mampu memetakan permukaan laut serta hal-hal yang mencurigakan di dalamnya. Lalu dengan sigap, tim dari kapal akan segera melakukan evakuasi besar agar ranjau atau bahan peledak bisa diamankan.  Saat ini kapal tipe Tripartile Class ini dinamai KRI Rupat (712) dan KRI Renggat (711). Dua kapal ini sudah berstandar NATO hingga secara kemampuan sudah sangat teruji.

Inilah empat kendaraan penghancur ranjau dan bahan peledak terhebat di Indonesia. Hadirnya kendaraan ini akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi Indonesia. Pasukan akan bisa bertarung dengan sekuat tenaga tanpa harus takut dengan ranjau menunggu untuk meledak.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola