4 Cara Ampuh Mengatur Keuangan Bagi Pengantin Baru

Memasuki pernikahan adalah saat yang menyenangkan bagi pasangan dalam mengarungi kehidupan baru. Namun perlu diingat, memulai sebuah keluarga baru tidak semudah yang dibayangkan, banyak hal yang harus dipertimbangkan lebih matang, terutama bagaimana teliti mengatur keuangan rumah tangga.

Perubahan pola pikir yang harus dilakukan karena uang milik bersama, sehingga tidak dapat digunakan sendiri seperti ketika saya masih lajang. Seringkali, terlepas dari jumlah penghasilan, masih ada orang-orang yang kekurangan uang di akhir bulan.

Masalah utama adalah bukan jumlah pendapatan, tapi bagaimana dengan hati-hati bagaimana mengaturnya. Sebenarnya keuangan keluarga tidak sesulit yang dibayangkan.

Hal yang perlu dilakukan adalah komunikasi mengenai pintu masuk dan keluar dari uang yang akan dibuat dengan jujur dan transparan. Hal ini menjadi mudah ketika saling percaya telah dibangun dan dipelihara dengan satu sama lain. Mari simak ulasan dari 4 cara jitu bagi pengantin baru mengatur keuangannya.

Catat kebutuhan rumah tangga

lensaterkini.web.id - Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melacak kebutuhan belanja sehari-hari. Perhatikan dan teliti ke mana uang yang dihabiskan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebaliknya, hindari belanja barang-barang mahal yang akan menghabiskan uang, karena semakin banyak uang yang terkuras untuk membeli barang-barang mahal, itu akan menguras anggaran lain sehingga sulit untuk pergi berbelanja kebutuhan lainnya. Bahkan, tidak pengeluaran biasa bagi barang-barang mahal itu akan menghabiskan uang lembur atau pendapatan lainnya.

Jangan terlalu mudah untuk kehilangan uang dengan menghabiskan uang di sana-sini untuk kebutuhan yang tidak terlalu penting, seperti makanan ringan membeli, minuman, dan sebagainya. Cara terbaik untuk mengetahui di mana uang itu pergi adalah untuk membuat catatan belanja.

Merekam semua biaya untuk satu hari atau setidaknya setiap minggu. Langkah ini sangat mudah dan cepat untuk dilakukan, hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Biaya mencatat kegiatan bisa dilakukan sendiri atau dengan pasangan.

Tahu semua kebiasaan yang meningkatkan pengeluaran dan menulis setiap pembelian, tidak peduli seberapa kecil pembelian, seperti kebiasaan makan makanan ringan, nongkrong di kafe, dan sebagainya. Ini bukan untuk menilai diri sendiri, tapi untuk mengenal diri sendiri lebih baik. Dengan melihat kebiasaan belanja setiap hari, Anda dapat membuat gambar dari pengeluaran yang sebenarnya, sehingga membuat belanja pilihan yang realistis.

Hitung pemasukan dan pengeluaran

Setelah mengetahui di mana untuk menghabiskan uang setiap hari, langkah berikutnya adalah untuk menentukan jumlah pendapatan dan pengeluaran uang setiap bulan. Hitung hati-hati, berapa banyak jumlah uang yang masuk, baik dari gaji dan pengeluaran lainnya. Kemudian menghitung juga, berapa banyak jumlah uang yang akan keluar.

Hitung semua pengeluaran setiap bulan, seperti biaya rutin, tagihan rutin dan biaya tak terduga. Salah satu cara terbaik untuk mengendalikan keuangan rumah tangga adalah untuk membuat dan menjalankan anggaran disiplin. Tidak perlu membuat rancangan anggaran yang rumit, hanya membuat rancangan anggaran sederhana yang membantu untuk mengetahui dan memahami uang masuk dan uang keluar dari rumah tangga.

Dengan demikian, akan menunjukkan kemampuan untuk menghabiskan atau menyisihkan uang setiap bulan, pembukuan sederhana ini dapat membantu keseimbangan antara pendapatan dan pengeluaran, dan berusaha untuk menyisihkan tabungan. Dengan mengetahui berapa banyak uang yang Anda miliki, jumlah pendapatan, dan semua jumlah tagihan yang harus dibayar, dapat memperhitungkan berbagai sisa uang untuk tabungan.

Mirip dengan mengatur keuangan pribadi, menyimpan uang adalah mutlak diperlukan dalam mengelola keuangan rumah tangga. Dengan tabungan, akan merasa keuangan rumah tangga lebih aman dan lebih stabil. Menyisihkan sebagian uang ketika gaji baru untuk tabungan, sehingga uang yang disimpan selalu ada. Cobalah untuk tidak menggunakan uang tabungan sebelum benar-benar sangat dibutuhkan.

Tentukan prioritas pengeluaran

lensaterkini.web.id - Langkah selanjutnya untuk mengelola keuangan rumah tangga adalah menentukan prioritas belanja untuk kebutuhan yang paling penting dan mendesak. Hal ini sangat penting untuk membantu menciptakan keseimbangan yang tepat antara pendapatan dan pengeluaran dan melakukan penghematan.

Salah satu cara sederhana untuk menentukan prioritas menggunakan uang sebagai membagi air dalam ember besar ke dalam ember kecil. Bayangkan, memiliki ember besar air yang menggambarkan semua dari total pendapatan. Kemudian juga memiliki 3 ember kecil kosong atau yang menggambarkan beberapa biaya.

Logikanya, tidak akan mampu untuk menuangkan air ke semua ember kecil yang total lebih dari kapasitas maksimum air yang terkandung dalam ember besar. Jadi jumlah air yang tersedia, harus bisa membagi berapa banyak air yang harus dimasukkan ke dalam ember atau ember yang ada mungkin tidak ketinggalan air.

Tujuan dari ilustrasi di atas, Anda harus dapat memutuskan apa yang benar-benar dibutuhkan dan apa yang hanya diinginkan. Oleh karena itu, batas antara keinginan dan kebutuhan sangat tipis. Kedua terlihat sangat mirip, dan kadang-kadang satu-satunya keinginan yang nyata dapat dibuat suatu kebutuhan. Jadi, sering orang salah menafsirkan keinginannya diperlukan, meskipun tidak semua keinginan adalah sebuah kebutuhan.

Dalam membuat prioritas kebutuhan yang diperlukan kejujuran. Anda harus jujur ??apakah barang yang akan dibeli adalah benar-benar suatu keharusan atau hanya keinginan saja. Cara mudah untuk membedakan mereka adalah dengan membuat daftar kebutuhan dan keinginan.

Setiap kali bertemu salah satu dari mereka, tanda yang perlu atau keinginan telah tercapai. Cobalah untuk memenuhi kebutuhan pertama, kemudian hanya memenuhi keinginan, tapi jangan berlebihan. Mengatur semua uang yang mereka punya, termasuk di mana uang yang dihabiskan dan berapa banyak yang bisa diselamatkan. Membuat rencana keuangan yang realistis, tidak terlalu ideal, jadi lupa kebutuhan pribadi Anda sendiri.

Jalankan sesuai rencana keuangan yang disusun

Setelah Anda memiliki anggaran keuangan, sekarang saatnya untuk mengambil langkah-langkah tindakan terakhir dalam rancangan anggaran. Membuat semua tindakan ini dapat berjalan secara otomatis, sehingga Anda tidak akan kesulitan menerapkan langkah-langkah dalam anggaran yang telah disiapkan.

Selain itu, membayar tagihan rutin setiap bulan dengan cara dipotong langsung dari gaji atau tunjangan ke rekening. Dengan demikian, tagihan rutin didebet langsung dari rekening bank Anda setelah akun entri gaji untuk pinjaman bank, kredit sepeda motor, mobil atau rumah, pembayaran utang kartu kredit, pembayaran listrik, air dan telepon. Semakin banyak dan bervariasi jumlah penghasilan, lebih lanjut akan meningkatkan saldo tabungan.

Jika jumlah yang bervariasi biaya, semakin pemotongan tabungan keseimbangan. Jadi, pastikan jumlah tabungan di saldo bank cukup untuk membayar semua jumlah yang ditagihkan.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola