7 Firaun Wanita Yang Pernah Memimpin Mesir di Zaman Dulu

Mesir adalah negeri yang penuh dengan keajaiban di dari dulu hingga sekarang. Peradaban di zaman kuno Mesir adalah yang terbaik dan terbesar di dunia. Dari sana muncul raja-raja hebat yang sering memiliki julukan Firaun atau Pharaoh. Dalam beberapa kitab suci, Firaun selalu disebutkan dengan deskripsi berjenis kelamin pria dan memiliki kelakuan yang sangat buruk karena selalu menganggap dirinya sebagai dewa.

Selain para Firaun pria, sebenarnya ada juga Firaun wanita yang pernah memerintah Mesir kuno dengan hebatnya. Boombastis telah merangkumnya untuk anda siapa saja Firaun wanita yang tak hanya cantik tapi juga hebat itu. Mari simak ulasan dari 7 firaun wanita tercantik yang pernah memimpin negara mesir.

Cleopatra

Cleopatra adalah ikon kencantikan dunia. Ia pun juga seorang Firaun yang cukup hebat di zamannya. Cleopatra bahkan membuat Julius Caesar sang Kaisar Romawi tunduk di kakinya. Ia mau melakukan apa saja termasuk merebut kekuasaan yang direbut oleh adik dari Clopatra itu sendiri.

Konflik besar antara Mesir dan Romawi akhirnya tak bisa dibendung lagi. Konspirasi-konspirasi menyebar dan membuat Mesir kuno saat itu sangatlah kacau. Cleopatra akhirnya memilih untuk meninggal dunia dengan digigit ular Cobra. Ia membuat ular Cobra mendekat dan menancapkan gigi beracun tepat di dadanya.

Nefertiti

Nafertiti awalnya adalah seorang istri dari Firaun bernama Akhenaten. Namun setelah suaminya meninggal dunia, Nefertiti memegang kekuasaan itu sementara waktu sebelum ada Firaun baru bernama Tutankhamun naik tahta dan memerintah Mesir kuno dengan sangat hebat.

Nefertiti dan suaminya adalah orang yang memberikan reformasi besar pada Mesir. Mereka adalah orang yang sangat relijius hingga banyak sekali menyebarkan konsep ketuhanan kepada rakyatnya. Saat mereka berkuasa, hanya satu Tuhan saja yang disembah yaitu Aten. Nefertiti meninggal dunia setelah melahirkan 6 anak untuk Akhenaten di masa Tutankhamun berkuasa.

Hatshepsut

Hatshepsut adalah Firaun kelima yang memimpin di dinasti ke-8 dari Mesir kuno. Hatshepsut adalah anak dari Thutmose I dan Ahmes. Hatshepsut menikah dengan saudara laki-lakinya sendiri bernama Thutmose II dan memerintah bersama Mesir dengan sangat hebat. bahkan namanya disejajarkan dengan Raja Tut dan Nefertiti.

Hatshepsut memerintah Mesir kuno selama 22 tahun dengan hebat. Ia memerintah Mesir dengan berpakaian seperti pria. Menggunakan baju pria hingga memakai jenggot dan kumis palsu. Hatshepsut adalah orang yang membangun kuil Karnak yang sangat terkenal hingga sekarang.

Sobekneferu

Sobekneferu adalah salah satu Firaun wanita terhebat yang ditemukan oleh arkeolog. Ia adalah anak dari Amenemhat III yang memerintah di dinasti ke-12 Mesir kuno. Sobekneferu memerintah Mesir sekitar empat tahun sebelum akhirnya digantikan oleh Firaun pria lain yang masih memiliki darah dari Amenemhat III.

Sobekneferu memerintah Mesir menggunakan pakaian kombinasi pria dan wanita. Di masa itu seorang Firaun diharuskan memiliki wujud pria meski tak harus pria. Sobekneferu membangun sebuah struktur besar bernama Herakleopolis Magna yang sangat terkenal itu.

Khentkaus I

Kentkaus I adalah salah satu Firaun yang memberikan sumbangsih besar bagi perkembangan peradaban Mesir kuno. Ia memerintah di dinasti ke-4 sebagai istri dari Shepsekaf. Kentkaus I mewarisi darah biru dari ayahnya merupakan Firaun dengan nama Menkaure. Setelah Menkaure tiada Kentkaus I memerintah Mesir ditemani suami dan juga beberapa anaknya.

Kentkaus I memiliki julukan sebagai “Mother of Dual Kings”. Dan memang benar, dua anaknya menjadi Firauan yang meneruskan tahta yang ditinggalkan kakek mereka. Sisa-sisa Kentkaus I ditemukan di Primada Giza. Kuburannya dikenal oleh arkeolog dengan kode LG 100 dan juga G 8400.

Ahhptep I

Ahhptep I adalah Firaun wanita yang memerintah di akhir dinasti ketujuh Mesir kuno. Ia adalah istri sekaligus saudara perempuan dari Firaun bernama Seqenere Tao. Ahhptep I naik tahta setelah suaminya meninggal dan meninggal banyak sekali anak yang belum siap mewarisi tahta menjadi Firaun.

Dalam pemerintahannya, Ahhptep I dikenal sangat hebat dan memiliki strategi yang unik dalam perang. Sayangnya hal itu tak diwarisi oleh anak-anaknya. Mereka justru membuat mesir kehilangan banyak sekali daerah kekuasaan. Peti mati dari Ahhptep I sampai saat ini belum ditemukan, namun arkeolog meyakini jika peti itu dikubur di area TT320 Deir el Bahari.

Twosret

Twosret adalah Firaun wanita yang memerintah di dinasti ke-19 dari Mesir kuno. Ia dikenal juga dengan nama Site Meryamun atau yang memiliki arti “Anak dari Re yang disayangi Amun (dewa Mesir)”. Tworset memerintah mesir di tahun 9 masehi di mana saat itu banyak sekali pertempuran hebat yang salah perang memperebutkan kawasan Troy.

Makam dari Tworset di temukan di daerah di daerah lembah yang sangat dalam. Bahkan isi peti matinya telah digunakan kembali untuk mengubur Amenherkhepeshef. Meski demikian patung dari Twosret ditemukan di daerah Heliopolis dan juga Thebes.

Inilah 7 Firaun wanita paling cantik dan juga hebat yang pernah memerintah Mesir kuno di masa lalu. Di tangan mereka, peradaban Mesir terus berkembang hingga akhirnya runtuh dan bertransformasi menjadi Mesir di era Modern. Dari tujuh Firaun di atas mana yang menurut sobat Boombastis paling hebat?

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola