7 Daerah Paling Rawan Gempa Bumi Yang Ada di Indonesia

Untuk kesekian kalinya, Mentawai diserang bencana gempa bumi, Rabu (2016/03/03). Kekuatannya cukup tinggi, mencapai 7,8 SR. Dilaporkan berpotensi tsunami, BMKG akhirnya mencabut peringatan sekitar satu jam setelah kejadian. Untungnya, saat ini masyarakat cukup reaktif sehingga tidak ada korban jiwa dan kerusakan material yang signifikan.

Bahkan, Mentawai bukan satu-satunya wilayah di Indonesia yang rawan gempa bumi menyerang. Terletak di jantung cincin api (pertemuan lempeng tektonik dunia) yang menyebabkan negara kita selalu diintai oleh bahaya gempa karena pergeseran lempeng. Di Indonesia sendiri ada setidaknya 28 lokasi rawan gempa, termasuk Mentawai. Tapi ada 10 daerah posisi yang paling terancam gempa bumi.

Aceh

lensaterkini.web.id - Masih ingat tragedi gempa di Aceh pada 26 Desember 2004? Bencana terjadi rentetan mulai gempa tsunami memporak-porandakan wilayah tersebut. Tidak mengherankan, posisi Aceh sangat terancam, tidak hanya oleh gempa, namun juga tsunami, letusan gunung berapi, dan tanah longsor.

Wilayah ini rentan terhadap gempa bumi adalah seluruh pantai barat dan selatan Aceh. Gempa berpusat di laut sehingga memiliki potensi untuk menimbulkan tsunami.

Sumatera Utara

Salah satu wilayah juga sangat rentan terhadap gempa bumi karena aktivitas vulkanik tinggi di sana. Ada beberapa potensi daerah yang sangat tinggi seperti Pulau Nias, Toba, Tapanuli, ke Andaman-Nicobar.

Selain aktivitas vulkanik tinggi dan tektonik lempeng pergeseran, di Danau Toba juga dikenal sebagai Supervolcano gunung bersemayamnya bawah laut. Gunung Toba diyakini memiliki kekuatan yang luar biasa dari letusan di masa lalu, dan mungkin akan bangun lagi di kemudian hari.

Sumatera Barat

lensaterkini.web.id - Sumatera Barat diguncang oleh gempa bumi pada tahun 2009. Saat itu, gempa berkekuatan 7,6 SR di 17:10 pm kabupaten hancur kota dan mungkin menyebabkan kerusakan, dan ribuan lainnya luka-luka. daerah rawan gempa wilayah di Sumatera Barat yang meliputi seperti Padang, Bukittinggi, dan pulau-pulau Mentawai.

Wilayah ini memiliki tingkat yang sangat tinggi dari kerentanan, karena daerah ini masih baris paralel berdekatan dengan gunung berapi melewati Aceh dan Sumatera Utara. Karena titik gempa di laut, potensi tsunami mengancam kehidupan warganya.

Bengkulu dan Lampung

Setelah Aceh, Sumatera Utara dan Sumatera Barat, deretan gunung berapi aktif juga melewati daerah Bengkulu dan Lampung. Tidak mengherankan, daerah ini juga dipengaruhi oleh Mentawai gempa beberapa waktu lalu.

Bengkulu sendiri diguncang gempa cukup besar pada tahun 2007, yang kemudian menyebar ke daerah lain, termasuk Malaysia dan Singapura. Gempa itu didahului dengan kekuatan 8,6 SR, yang kemudian diikuti oleh beberapa gempa susulan yang cukup mengganggu.

Jawa Tengah dan DIY

lensaterkini.web.id - Seperti daerah yang paling rawan gempa, Jawa Tengah dan Yogyakarta juga terletak di kawasan cincin api. Selain itu, daerah dekat gunung berapi Merapi yang kegiatan telah cukup tinggi. Gempa bumi di wilayah tersebut mungkin tidak begitu besar seperti di Sumatera, namun dengan jumlah penduduk yang sangat padat, jumlah korban bisa jauh lebih tinggi.

Salah satu gempa bumi dahsyat yang melanda Yogyakarta adalah 2.006 lalu yang terasa ke Jawa Timur ke Jakarta. Gempa berkekuatan 5,9 magnitude, tapi tidak menimbulkan korban jiwa dan kerusakan parah, sejauh situs arkeologi seperti Prambanan harus ditutupp.

Nusa Tenggara

Bagian timur Indonesia sudah beberapa kali menyaksikan kekuatan alam. Seperti Sumatera dan Jawa, garis gunung berapi juga melalui wilayah tersebut. Akibatnya, gempa besar melanda kawasan itu sering. Selain itu, potensi letusan gunung berapi juga sangat tinggi di wilayah Nusa Tenggara.

Catatan gempa yang dialami oleh Nusa Tenggara juga tidak kecil. Salah satunya adalah 6,6 magnitudo gempa berpusat di Sumba, tetapi dapat dirasakan Lombok.

Maluku

lensaterkini.web.id - Halmahera dan Ternate terletak di wilayah wilayah pegunungan sangat aktif. Pergeseran lempeng begitu sering bahwa intensitas gempa jauh lebih tinggi dibandingkan daerah lain. Bahkan, saat gempa 2015 Halmahera lalu, wilayah ini diserang lebih dari 800 gempa bumi berturut-turut.

Daerah ini memang terletak di daerah yang cukup dekat dengan cincin api. Tak heran jika aktivitas lempeng tektonik pergeseran begitu tinggi bahwa gempa bumi memicu. Beberapa potensi daerah tsunami, tetapi ada juga yang tidak. Kami merekomendasikan bahwa orang yang tinggal di daerah selalu siaga.

Indonesia terletak di daerah rawan bencana geografis. Sebut saja gempa kemungkinan dan tsunami yang cukup tinggi di beberapa daerah. Tentu saja, pemerintah bekerja sama dengan beberapa pihak juga memperkuat sistem manajemen bencana. Dan itu baik, sebagai warga negara kita juga belajar hal-hal penting bencana terkait penanggulangan tersebut, cara untuk melarikan diri atau nomor darurat dan penting untuk diinformasikan ketika bencana datang.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola