6 Fakta Menakjubkan Seputar Penduduk Bangsa Indonesia

Sebagai penduduk Indonesia, kita hidup di daerah yang terdiri dari banyak pulau. Jumlah pulau ini membuat masyarakat Indonesia memiliki beragam budaya dan adat istiadat yang berbeda di setiap daerah. Bahasa, kebiasaan, dan lanskap yang berbeda menjadi warisan tak ternilai yang dimiliki negara kita.

Bahkan, meskipun tinggal di banyak perbedaan, penduduk Indonesia masih memiliki nilai khusus di mata dunia. Alasannya adalah banyak keunikan Indonesia yang tidak dimiliki oleh bangsa lain. hal mengagumkan apa yang Anda miliki warga negara ini? Mari simak ulasan dari 6 fakta mengagumkan seputar penduduk indonesia.

Pulau Terpadat di Dunia

lensaterkini.web.id - Luas total Indonesia mencapai 1.904.569 km2, dengan lebih dari 17 ribu pulau di dalamnya. perairan Indonesia mencapai lima persen dari total area. Namun uniknya, meskipun terdiri dari ribuan pulau, kebanyakan orang Indonesia yang memilih untuk tinggal di pulau Jawa.

Berdasarkan data dari Biro Statistik Nasional, penduduk pulau Jawa mencapai 60 persen dari total penduduk Indonesia. Bahkan, Java itu sendiri hanya mencakup sekitar 7 persen dari total luas. Pulau Jawa menjadi padat di dunia. Sampai saat ini, diperkirakan 130 juta orang tinggal di pulau ini.

Hal ini tidak aneh jika warga memilih untuk tinggal di pulau Jawa. Keberadaan Jakarta sebagai ibukota negara membuat pulau ini sebagai wilayah yang paling berkembang di Indonesia. Infrastruktur, teknologi, pendidikan, dan berbagai aspek di dalamnya dianggap lebih maju dari daerah lain.

Suku Terbanyak di Dunia

Daerah terdiri dari banyak pulau yang membawa dampak yang luar biasa bagi Indonesia. Salah satu yang bisa kita rasakan adalah berbagai suku mereka yang mendiami wilayah Indonesia. Ada sekitar 740 suku yang tinggal di Indonesia, seperti Jawa, Sunda, Betawi, Batak, Asmat, Dani, dan banyak lagi. Jumlah tersebut dianggap suku terbesar di pulau Papua, yang berjumlah 270 suku. Jika dilihat dari populasi, orang Jawa memiliki jumlah terbesar, mencapai 41 persen dari penduduk Indonesia.

Inilah yang menciptakan keragaman dalam kehidupan bangsa Indonesia. Dengan begitu banyak suku yang tinggal di Indonesia, begitu banyak bahasa yang menggunakan populasi. Tercatat, ada 583 bahasa dan dialek, dengan 67 bahasa utama. Plus, masing-masing suku memiliki kebiasaan dan adat istiadat masing-masing yang berbeda. Oleh karena itu, untuk menyatukan berbagai perbedaan di Indonesia ditetapkan sebagai bahasa nasional.

Muslim Terbanyak di Dunia

lensaterkini.web.id - Indonesia tidak hanya demokratis, tetapi juga agama. Saat ini, ada lima agama yang diakui di dalam negeri, yakni Islam, Protestan, Katolik, Budha, dan Hindu. Namun, ada juga berbagai agama lain yang hidup di negara kita.

Bahkan, Islam adalah agama mayoritas di Indonesia, yang sebesar 88% dari populasi. Namun yang mengejutkan, ternyata catatan jumlah mayoritas Muslim yang diselenggarakan oleh negara kita. Jumlah Muslim yang mencapai lebih dari 200 juta orang bahkan mungkin terbukti lebih dari negara lain di dunia. Tidak mengherankan, selama musim haji, jumlah terbesar dari jamaah yang datang dari Indonesia.

Jumlah Penduduk Terbanyak Dunia

Salah satu fenomena yang terjadi di Indonesia adalah sejumlah besar orang. Kutipan dari Wikipedia, penduduk Indonesia pada tahun 2015 mencapai 255 461 700 jiwa. Jika dihitung, kepadatan penduduk rata-rata mencapai 124,66 / km2. Dari waktu ke waktu, jumlah itu terus meningkat sehingga membuat Indonesia sebagai salah satu negara yang paling padat penduduknya di dunia.

Dengan populasi sebesar itu, Indonesia mencapai peringkat empat negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia, diikuti China, India, dan Amerika Serikat. Jika dihitung, jumlah penduduk Indonesia mencapai 3,5% dari populasi dunia. Bahkan, menurut data BPS tahun 2010, jumlah penduduk perempuan di Jawa Tengah saja setara dengan seluruh penduduk Belanda.

Pemuda Terbanyak di Dunia

lensaterkini.web.id - Lebih dari 255 juta orang yang tinggal di Indonesia, ternyata sebagian besar remaja mereka. Menurut data dari proyeksi penduduk pada tahun 2014, seperti yang dilaporkan di situs resmi Investigasi Kriminal, jumlah remaja di Indonesia mencapai 65 juta orang, atau sekitar 25 persen dari total populasi.

Secara total, sekitar 165 juta orang di usia produktif, tepatnya di bawah usia 30 tahun. Hanya sekitar 8% dari penduduk berusia 60 tahun ke atas. Dengan jumlah pemuda yang banyak, Indonesia harus menjadi negara yang sangat produktif, bukan?

Paling Aktif di Media Sosial

Satu lagi fakta menarik tentang Indonesia adalah partisipasi yang tinggi di dunia maya. Menurut data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, pada tahun 2012 ada 43.060.000 orang yang menggunakan Facebook. Dengan demikian, negara kita menempati posisi ketiga di dunia pengguna Facebook.

Media sosial lainnya yang cukup populer adalah Twitter dan Instagram. Pada tahun 2012, Indonesia peringkat pengguna Twitter kelima di seluruh dunia, dengan jumlah pengguna mencapai 19,5 juta. Tidak mengherankan, media sosial telah menjadi makanan wajib bagi anak-anak muda kita.

Mereka adalah beberapa fakta mengejutkan dari penduduk Indonesia. Bahkan, masih ada banyak potensi yang belum kita gali total bangsa kita. Setelah mempelajari fakta-fakta ini, mungkin kita lebih mencintai Indonesia, sehingga dipindahkan ke berjalan menuju arah yang lebih baik.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Tag : Fakta
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola