5 Peristiwa Dibulan Maret Paling Bersejarah Bagi Indonesia

Selamat Pada bulan Maret, Sayonara Februari. Membuka lembaran baru, setiap bulan memiliki catatan tersendiri. hari bersejarah akan tertanam abadi tanggal tersebut. Nah, yang membukanya dia pasti akan mendapatkan banyak harta pengalaman. Pepatah mengatakan, "Guru terbaik adalah pengalaman."

Karena kami hanya menginjakkan kaki Maret maka kita akan membahas hari bersejarah yang terjadi selama bulan ini. Ada serangan umum 1 Maret dan yang paling terkenal adalah Supersemar. Nah, bagaimana review lengkap? Berikut ini kami sajikan diskusi yang sangat sayang untuk dilewatkan! Mari simak ulasan dari 5 fakta tentang peristiwa di bulan maret dalam sejarah indonesia.

1 Maret, TNI Melakukan Serangan Umum

lensaterkini.web.id - Membuka edisi Maret, kita akan disampaikan pada peristiwa yang terjadi 67 tahun yang lalu, Serangan Umum 1 Maret 1949 ke Yogyakarta. Seperti diketahui, kedaulatan Indonesia yang baru lahir itu terganggu oleh Agresi Militer Belanda II sejauh jantung ibukota Indonesia pada saat itu, Yogyakarta, mereka berhasil menempati. pemimpin negara juga telah ditangkap dan ditahan, termasuk Presiden dan Wakil Presiden Moh. Hatta.

Tapi untungnya, kita memiliki Besar Jenderal Sudirman. Sebagai seorang pemimpin militer, ia tidak kenal kata menyerah. Dia memimpin pasukan perlawanan gerilya ke militer Belanda. Klimaks pada tanggal 1 Maret 1949 TNI menyerang dengan besar Yogyakarta. Sejarah mencatat, serangan ini sangat menguntungkan Indonesia. Serangan ini mampu mengangkat posisi tawar Republik Indonesia di mata dunia serta mempermalukan Belanda mengklaim jatuhnya pemerintah Indonesia.

11 Maret, Lahirnya Supersemar yang Kontroversial

Hingga Maret 11, kita akan dibawa ke sejarah kontroversi, yaitu pelepasan 11 Maret 1966 Waran atau lebih dikenal dengan Supersemar. Banyak yang percaya Supersemar yang merupakan awal dari kejatuhan Soekarno. Disebutkan Presiden mengeluarkan surat untuk mengatasi gerakan 'pasukan tak dikenal' bergerak menuju Istana Bogor. Mengetahui kondisi dalam bahaya, Presiden memberikan mandat kepada Kepala Angkatan Darat pada saat, Suharto, untuk mengambil semua langkah yang dianggap perlu untuk mengatasi situasi keamanan yang memburuk.

Namun, sekali lagi Supersemar masih sejarah gelap. keaslian terkait sejarah masih ada yang bisa menjamin untuk arsip asli Supersemar tidak ditemukan. Sampai saat ini saksi masih hidup terakhir, mantan presiden Soeharto, dia tidak mengungkapkan bagaimana sejarah asli kelahiran Supersemar. Saat ini ada tiga versi yang masih tersimpan Supersemar, versi Tentara Pusat Informasi, Yayasan Akademi Nasional, dan versi Sekretariat Negara.

14 Maret, Bung Hatta Wafat

lensaterkini.web.id - Indonesia kehilangan salah satu proklamatornya pada tanggal 14 Maret 1980. Saat itu, Bung Hatta meninggal setelah sebelas hari di rawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Sepanjang hidupnya, ia memiliki peran penting untuk kemerdekaan Indonesia. Pada tanggal 17 Agustus 1945 ia memproklamasikan kemerdekaan Bung Karno.

Setelah itu ia menjabat sebagai wakil presiden pertama Indonesia, dan tidak pernah menerima mandat sebagai perdana menteri di era Hatta Kabinet Pertama, Hatta II, dan RIS. Ia mengundurkan diri sebagai wakil presiden pada tahun 1956 karena perselisihan dengan Presiden Soekarno. Bung Hatta juga dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia.

Dipimpin oleh Wakil Presiden saat itu, Adam Malik, Bung Hatta dimakamkan hari setelah kematiannya di TPU Tanah Kusir Jakarta pada tanggal 15 Maret 1980. Selama pelayanan-Nya sebagai pemberita bangsa, ia ditetapkan sebagai Pahlawan Proklamator bersama-sama Bung Karno pada 23 Oktober 1986. pada tanggal 7 November 2012 ia juga ditunjuk sebagai pahlawan nasional pada keputusan resmi bahwa presiden saat ini, Susilo Bambang Yudhoyono.

24 Maret , Terjadinya Bandung Lautan Api

Pindah ke tanggal 24 Maret 1946, kita akan diajak untuk sejarah perjuangan Tentara Republik Indonesia (TRI, sebutan maka TNI) dan orang-orang dari Bandung untuk mempertahankan wilayahnya. Pada tanggal tersebut, asap naik tinggi menunjukkan terjadinya kebakaran hebat di wilayah ini. Peristiwa yang kemudian disebut sebagai Api Bandung Lautan.

Pembumi-hangus Bandung sengaja dibuat oleh TRI dan rakyat kota itu yang juga dikenal sebagai Kota Bunga tidak digunakan sebagai markas oleh sekutu. Sebanyak 200.000 orang pindah dari kota Bandung dan api hanya tersisa dan asap mengepul ke langit. Untuk memperingati peristiwa ini, lagu Halo-halo Bandung diciptakan sebagai bentuk memori emosional perjuangan TRI dan orang-orang sedang menunggu untuk kembali ke pangkuan kota tercinta yang telah menjadi lautan api.

25 Maret, Terjadinya Perjanjian Linggarjati

lensaterkini.web.id - Berjalan dengan tanggal 25 Maret, 1947, kita akan disajikan putaran diplomasi kedaulatan Indonesia. Banyak orang yang menganggap Linggajati adalah bentuk lemah dari pemerintah pada saat itu. Dimana Sumatera harus dimasukkan dalam NKRI, tapi negosiasi dengan Belanda hanya mengakui bahwa wilayah Indonesia adalah de facto hanya akan terdiri dari Jawa dan Madura. Selain itu, perjanjian ini juga berhasil mengubah bentuk negara dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ke dalam Republik Indonesia Serikat (RIS).

Collectie / Spaarnestad Archief Beschrijving Ondertekening basisovereenkomst Linggarjati. Batavia 25 Maart 1947 25 Maart 1947 locatie Datum Batavia Fotograaf Fotograaf onbekend Pelaksanaan hasil Linggajati tidak berjalan lancar. Bahkan Belanda bukan mengkhianati perjanjian ini dengan melakukan Agresi Militer pertama pada 21 Juli 1947. Seharusnya, menurut perjanjian, mereka akan menarik diri dari bumi Indonesia 1 Januari 1949. Dengan agresi ini dianggap batal dan membatalkan persetujuan kedua.

Nah, itulah peristiwa sejarah yang terjadi sepanjang bulan Maret. pemberitahuan Bung Karno, Jasmerah, Jangan melupakan sejarah. bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Dan tentu saja masyarakat dapat mengenang jasa pahlawan dengan membuka halaman sejarah sebelumnya. Jadi mari kita melawan lupa. Karena dalam sejarah banyak toko saham pengalaman yang akan berguna bagi masa depan bangsa.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Tag : Fakta
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola