5 Percobaan Pembunuhan Adoft Hitler Yang Tak Menuai Hasil

Semua orang di dunia ini sepertinya tahu siapa itu Adolf Hitler. Ia adalah pemimpin Nazi dan seorang diktator Jerman. Sebagai seorang kanselir Jerman saat itu, ia adalah tokoh sentral Perang Dunia II dan sosok di balik terjadinya Holocaust.

Adolf Hitler bisa dibilang sebagai seorang pria paling dibenci di bumi yang meneror jutaan orang. Dengan reputasinya yang begitu buruk, tidak heran jika ada lebih dari 40 dokumen yang menceritakan tentang usaha pembunuhan dirinya. Mari simak ulasan dari 5 eksperimen pembunuhan adoft hitler yang gagal total.

Maurice Bavaud

Bavaud melakukan percobaan pembunuhan terhadap Hitler pada 9 November 1938. Saat itu, Hitler dan pemimpin Nazi lainnya melakukan parade melewati Munich. Bavaud duduk di kursi penonton di sepanjang rute parade dan menunggu sampai Hitler lewat.

Maurice Bavaud menyimpan pistolnya di saku, tapi sebelum ia berhasil meraih pistol dan membidik sasarannya, kerumunan penonton yang lain mengangkat tangan memberi hormat dan melambaikan swastika sehingga pandangannya terhalang. Bavaud terpaksa membatalkan niatnya, namun ia ditangkap saat berusaha kabur dengan naik kereta keluar dari Jerman.

1939, George Elser

George Elser adalah seorang tukang kayu dan komunis yang dengan tegas melawan Nazi. Mengetahui bahwa ia akan berpidato di Burgerbraukeller, Elser selama beberapa bulan merancang sebuah bom dengan pengatur waktu 144 jam. Ia mengatur waktunya agar meledak pada 8 November 1939 puku 09.20 malam, kira-kira saat Hitler masih berpidato.

Tapi ternyata Perang Dunia II telah dimulai beberapa bulan sebelumnya sehingga Hitler memajukan jam pidatonya menjadi pukul 8 malam agar ia bisa kembali ke Berlin secepat mungkin. Pukul 09:07 Hitler telah menutup pidatonya dan pada pukul 09:12 ia telah meninggalkan gedung. 8 menit kemudian, bom tersebut meledak menghancurkan pilar dan meruntuhkan atap ke podium.

1935, Heinrich Grunow

Heinrich Grunow adalah salah seorang bodyguard Hitler. Diperkirakan ia berusaha membalas dendam atas operasi eksekusi yang diperintahkan olehnya. Ia tahu Hitler sedang dalam perjalanan kembali ke Berchtesgarten dan bersembunyi di titik tempat mobil yang ditumpangi diktator tersebut harus melambat.

Ketika mobil Hitler melambat, Grunow melepaskan tembakan ke arah mobil dan mengenai pria yang duduk di kursi belakang. Ia kemudian menembak dirinya sendiri. Namun pembunuhan tersebut ternyata gagal. Pasalnya yang duduk di kursi belakan adalah sopir dan Hitler saat itu justru menyetir mobil tersebut.

1944, Operasi Valkyrie

Setelah penyerangan di musim panas 1944 ke Prusia, sekelompok pasukan Jerman yang kesal melakukan kampanye untuk membunuh Hitler di markas “Wolf’s Lair” di Prusia. Pemimpin rencana tersebut adalah Claus von Stauffenberg. Rencana tersebut ia jalankan pada 20 Juli 1944 setelah ia dan beberapa petinggi Nazi lainnya dipanggil untuk konferensi dengan Hitler di Wolf’s Lair.

Claus datang dan membawa sebuah koper berisi bahan peledak. Setelah meletakkan tas tersebut sedekat mungkin dengan Hitler, ia meninggalkan ruangan. Bomnya meledak beberapa menit kemudian dan menghancurkan ruanggan konferensi. 4 orang meninggal dunia, tapi Hitler selamat dan hanya menderita luka kecil. Ternyata seseorang memindahkan koper Claus beberapa detik sebelum bom tersebut meledak.

1921, Bar Munich

Percobaan pertama pembunuhan Hitler terhadi kurang lebih 20 tahun sebelum terjadinya Perang Dunia II. Pada November 1921, Adolf Hitler yang saat itu masih muda dan belum dikenal memberikan pidato radikal di sebuah bar bernama Hofbrauhaus di Munich.

Di bar tersebut berkumpul anggota partai Nazi yang baru terbentuk, serta puluhan partai sosial demokrat, komunis, dan lawan politik yang lain. Pidato Hitler dengan segera membangkitkan kerusuhan dan perkelahian pun terjadi. Sekelompok orang mengambil pistol dan melepaskan beberapa tembakan ke arah Hitler. Namun Hitler tidak terluka sama sekali dan malah terus berpidato selama 20 menit sampai polisi datang.

Itu tadi hanya sebagian usaha pembunuhan terhadap Hitler, namun semuanya gagal. Pada akhirnya, Hitler tewas dengan cara bunuh diri ketika kekalahan Nazi semakin dekat. Ia menembak kepalanya di bunker tempat persembunyiannya sendiri.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola