5 Penyakit Mengerikan yang Pernah Menggoyang Indonesia

Selain isu-isu sosial dan politik yang penuh dengan kontroversi. Indonesia juga mengalami masalah serius di bidang kesehatan dalam bentuk pandemi. Indonesia telah diserang oleh beberapa virus berbahaya dan membuat banyak warga yang terinfeksi, bahkan meninggal dengan cepat.

Wabah ini membuat Indonesia benar-benar runtuh di masa lalu. Mereka terus mencoba untuk mendapatkan penyakit mengerikan ini hilang dengan cepat. Tapi pergerakan virus jauh lebih cepat daripada gerakan pemerintah dalam membuat warga bisa pulih dan menghindari risiko kematian.

Berikut adalah lima penyakit mematikan yang membuat Indonesia jadi pontang-panting itu. Mari simak ulasan dari 5 wabah penyakit paling berbahaya yang pernah bikin indonesia jatuh bangun.

Kolera

lensaterkini.web.id - Indonesia telah dilanda wabah kolera setidaknya dua kali. Pertama kali perang dunia kedua tepatnya pada tahun 1926. Saat itu Indonesia masih di bawah penjajahan Belanda. Selanjutnya pada tahun 1961, epidemi menyebar sangat cepat di wilayah Sulawesi Selatan dan menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. pemerintah mengambil setidaknya 10 tahun untuk pengobatan kolera yang mematikan ini.

Penyakit ini mudah menular. Hanya memukul air yang keluar dari tubuh pasien hanya orang bisa terkena kolera. Kolera pasien biasanya akan mengalami mual berlebihan. Mereka akan muntah berkali-kali dan juga diare berat. pasien kolera tidak segera diberi pengobatan akan kehilangan cairan tubuh lebih. Dan ini bisa menyebabkan kematian instan.

Campak

Campak adalah kutukan banyak sering mempengaruhi Indonesia sampai saat ini. wabah ini sering mempengaruhi anak-anak karena memiliki kekebalan sangat rendah. Tapi tidak menuntut seseorang kemungkinan bahwa orang dewasa juga mengalami campak. Jika seseorang memiliki campak sekali, maka kehidupan dia akan kebal terhadap penyakit yang disebabkan oleh virus ini.

Campak menyebar dengan sangat mudah. Melalui sentuhan, percikan cairan tubuh seperti air liur dapat membawa virus untuk menyebar. Individu yang memiliki campak akan mengalami demam biasanya tinggi pada tubuh. Selanjutnya akan muncul benjolan kecil pada tubuh yang pada akhirnya akan membekas seperti luka. Untuk mengatasi pemerintah campak ini selalu membutuhkan anak-anak untuk divaksinasi campak begitu-anal tubuh orang dewasa bisa menjadi kebal terhadap penyakit yang dapat mematikan.

Difteri

lensaterkini.web.id - Difteri adalah penyakit yang endemik sangat pesat di Indonesia. Setidaknya setiap tahun selalu ada wabah difteri di berbagai provinsi di Indonesia. Wabah ini sangat mematikan karena bisa membuat korbannya meninggal sangat cepat. Terutama mereka yang masih anak-anak dan tidak segera mendapatkan perawatan yang sangat baik. Pada awal tahun 2016, di beberapa daerah Jawa Timur mulai difteri darurat cuku parah. Pemerintah setempat telah mulai melakukan vaksinasi agar tidak muncul tidak ada korban.

Difteri biasanya ditandai dengan sakit tenggorokan, demam, kesulitan bernapas dan menelan. Mulut dan hidung selalu mengeluarkan lendir. Pasien biasanya selalu mengalami kelelahan yang berlebihan dan membuatnya selalu lemas. pasien difteri harus segera mendapatkan perawatan sehingga jumlah korban tewas tidak mendapatkan banyak.

Polio

Polio adalah penyakit yang selanjutnya sangat berbahaya di Indonesia. Penyakit ini menyebabkan seseorang mengalami kelumpuhan pada beberapa organ tubuh, biasanya kaki. Orang yang terkena polio sejak kecil akan mengalami penurunan gerak organ untuk membuat sulit untuk berjalan dengan baik. Dalam beberapa kasus, polio dapat menyebabkan gangguan fungsi otot-otot pernapasan dan menyebabkan penderitanya meninggal.

Polio sebenarnya epidemi global, WHO bahkan dinyatakan sebagai polio darurat di seluruh dunia. Semua orang, terutama anak-anak akan divaksinasi agar kebal terhadap virus berbahaya ini. Di Asia Tenggara, khususnya Indonesia baru-baru ini polio bebas pada tahun 2014 lalu. WHO mengatakan bahwa polio suntik pada bayi tidak lagi diperlukan.

Flu Spanyol

lensaterkini.web.id - Flu Spanyol adalah flu yang menyebar dari Spanyol ke seluruh dunia pada tahun 1916. Ketika Perang Dunia I berlangsung, harus bertahan hidup dunia bahwa flu adalah jenis influenza A subtipe H1N1. Virus ini menyebar dengan cepat dan membunuh setidaknya 50 juta orang di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Ketika Belanda masih menguasai Indonesia, wabah flu mematikan ini telah membunuh banyak orang. Sebuah catatan medis mengatakan jika di daerah Tana Toraja tidak pernah menjadi wabah yang mematikan. Dalam beberapa hari banyak orang telah meninggal dengan cepat. Bahkan, menurut saksi mata, ketika situasi sangat tegang Tana Toraja. Tidak banyak orang berani meninggalkan rumah karena takut terkena virus mematikan ini.

Berikut adalah lima wabah penyakit mematikan yang pernah melanda Indonesia. Selain lima penyakit atas sebenarnya ada dengue dan chikungunya tidak kurang mematikan. Mudah-mudahan di tahun-tahun mendatang, Indonesia bisa lepas dari wabah pandemi yang mematikan atau apapun semacam itu.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Tag : Kesehatan
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola