5 Penemuan Luarbiasa Yang Diambil Dari Ide jenius Leonardo Da Vinci

Tak banyak yang tahu jika Leonardo Da Vinci bukanlah murni seorang pekerja seni. Ya, memang karyanya banyak yang berupa lukisan dan pahatan, namun pria Italia ini ternyata juga seorang visioner dan penemu ulung. Bill Gates, pernah membeli sebuah perkamen Da Vinci seharga $30 juta yang isinya adalah sebagian kecil dari ide-ide sang seniman.

Kemajuan peradaban biasanya dilakukan oleh para revolusioner teknologi kekinian. Tapi, untuk beberapa hal, Da Vinci menyumbangkan idenya untuk kehidupan masyarakat sekarang. Ya, dulu, ketika idenya dicetuskan, banyak orang yang beranggapan jika pemikiran sang maestro ini konyol, mustahil dan hanya imajinasi orang gila. Kemudian waktu berlalu, dan semua orang sepakat jika pemikiran jenius satu ini memang sangat menginspirasi banyak hal.

Lalu, hal-hal apa saja yang sudah disumbangkan Da Vinci untuk masyarakat kekinian? Mari simak ulasan dari 5 penemuan hebat yang diilhami dari ide leonardo da vinci.

Mesin Terbang

Salah satu pemikiran Da Vinci yang paling dihujat orang semasanya adalah mesin terbang ini. Pasalnya, orang-orang dulu yang pemikirannya masih belum terbuka, menganggap terbang adalah hal yang mustahil. Maka ketika Da Vinci tampil dan membeberkan sketsa mesin terbang ini, ia pun diremehkan.

Mesin terbang ini sendiri punya mekanisnya yang sederhana, meskipun bisa dibilang sangat revolusioner. Alat ini digambarkan Da Vinci mirip dengan burung, ada sayap dan juga ekor belakang. Cara terbangnya sendiri dengan menggunakan sistem pedal. Penggunanya nanti juga bisa mengontrol laju dan arah terbangnya. Sangat unik ide dari alat ini, dan mungkin saja dari sini kemudian tercipta kendaraan-kendaraan terbang seperti sekarang.

Parasut

Penemu parasut memang bukan Da Vinci, melainkan pria bernama Sebastien Lenormand. Namun, ide orisinil dari alat satu ini adalah milik sang pelukis Monalisa. Lebih tepatnya sekitar 3 abad sebelum Lenormand menemukan parasut konvensional.

Ide Da Vinci adalah membuat semacam bidang piramid yang masing-masing sisi kecuali bagian bawah, ditutup dengan semacam kain. Kemudian rusuk dari piramidnya sendiri memakai kayu-kayu. Lalu yang tak kalah penting, masing-masing sudut bagian bawah piramidnya ditarik sebuah tali yang dikaitkan ke badan pengguna.

Robot Prajurit

Salah satu karya Da Vinci yang paling mencengangkan adalah yang satu ini. Lagi-lagi, ide ini dihujat gara-gara pemikiran orang-orang di masa sang artist yang belum sepenuhnya menerima hal-hal futuristik seperti ini. Robot prajurit ini digambarkan dengan sangar. Pasalnya, dari luar ia terlihat seperti manusia berbaju zirah, tapi dalamnya hanyalah berisi gir, ulir dan semacamnya.

Da Vinci menerangkan jika robot ini bisa bergerak dengan mekanisme bagian dalamnya. Penemuan ini belum pernah direalisasikan. Namun, pada tahun 2002, seorang ahli mesin NASA mencoba mewujudkannya dengan hanya berbekal sketsa usang Da Vinci.

Kendaraan Berperisai

Untuk karyanya yang satu ini, Da Vinci pernah mengatakan kalau dirinya malas ingin mengembangkannya. Ia takut kalau suatu saat ide ini bakal jadi bencana besar dan menciptakan peperangan. Sayangnya, apa yang ditakutkan Da Vinci benar-benar terjadi. Alat ini konon menginspirasi kendaraan tempur berperisai yang dipakai untuk militer.

Konsep kendaraan berperisai ini sebenarnya sederhana namun ada kompleksitas tinggi di sana. Jika kendaraan tempur biasanya memakai baja, Da Vinci awalnya memakai kayu yang disusun. Alat ini juga punya mekanisme gerak yang unik sehingga bisa bermanuver dengan keren. Sayangnya, Da Vinci tidak ingin mengembangkan yang satu ini. Padahal mungkin dari coretan liarnya, akan muncul kendaraan super canggih yang lebih keren lagi.

Pakaian Selam

Satu lagi peralatan fundamental yang diilhami dari karya Da Vinci. Ya, ini adalah pakaian selam. Da Vinci menggambarkan alat ini dengan bentuk pakaian biasa yang dilengkapi dengan topeng yang memiliki selang di bagian atasnya. Ditambah lagi, bagian menggelembung di torso yang diisyaratkan sebagai tempat untuk menampung oksigen.

Alat ini sukses menginspirasi pakaian renang modern saat ini, tentu saja dengan berbagai perbaikan dari sisi desain maupun fungsi. Penggunaan pakaian selam di era kekinian sendiri banyak, mulai dari misi-misi militer sampai tugas menjaga lingkungan kelautan. Bahkan, mungkin ini juga jadi inspirasi bagi para ilmuwan untuk membuat pakaian astronot. Jika ditarik benang merah, semua alat keren itu bisa eksis lantan sebuah sketsa Da Vinci yang remeh namun jenius.

Tanpa Da Vinci, mungkin butuh waktu bertahun-tahun bahkan berabad-abad untuk bisa menciptakan deretan hal tersebut. Semuanya berangkat dari imajinasi liar tanpa batas seorang jenius. Makanya kita bisa bilang pemikiran Da Vinci adalah ratusan tahun lebih maju daripada manusia di zamannya.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola