5 Penemuan Bangsa Romawi Kuno Bikin Keadaan Menggila di Zaman Dulu

Berangkat dari bangsa yang mungkin dipandang sebelah mata karena tidak terlalu besar wilayahnya, Romawi perlahan bertumbuh menjadi salah satu yang paling jumawa di dunia. Di masa jasanya, siapa yang bisa meragukan kavaleri Romawi yang mematikan itu? Bahkan dalam sejarah ditulis kalau bangsa ini sangat sukar untuk ditaklukkan.

Soal militer, Romawi bisa dibilang seperti Mongol. Mereka menempa para prajuritnya dengan keras dan disiplin, sehingga tercipta bangsa hebat seperti yang kita kenal. Militer memang selalu jadi hal yang sering dikaitkan dengan Romawi, padahal pencapaian bangsa ini tidak hanya itu. Tercatat, orang-orang Romawi juga menciptakan banyak hal penting yang dampaknya memengaruhi peradaban dunia secara keseluruhan.

Siapa sangka di balik keberingasan Romawi yang seperti itu, ternyata bangsa ini juga menyimpan orang-orang jenius yang hasil karyanya mendunia. Jadi, hal-hal hebat apa saja yang berhasil ditemukan oleh bangsa ini? Simak ulasannya berikut di 5 penemuan terpenting romawi kuno yang bikin bangsa menggila di masa lalu.

Aqueduct, Talang Air Kuno Sumber Air Romawi

[lensaterkini.web.id] - Bangsa kuno dulu memenuhi kebutuhan akan air mereka dengan tinggal di daerah pesisir sungai. Atau cara yang paling simple adalah dengan mengangkut air dari sungai untuk kemudian dibawa ke tempat tinggal. Romawi mungkin dulunya juga melakukan hal-hal seperti ini, hingga akhirnya mereka menciptakan sebuah bangunan bernama Aqueduct.

Bangunan ini semacam kanal kecil untuk menyalurkan air dari sumbernya menuju ke jantung-jantung kota. Konstruksinya berupa jalur panjang yang ditumpu oleh pilar-pilar besar. Orang Romawi membangun banyak sekali Aqueduct sehingga mereka sama sekali tak kesulitan air. Hingga hari ini masih ada beberapa Aqueduct yang masih berfungsi normal. Konstruksi sukses ini pun akhirnya menginspirasi banyak bangsa kuno untuk melakukan teknik pengairan yang sama.

Romawi Menemukan Teknik Pembuatan Beton Paling Berkualitas

Soal konstruksi, Romawi memang jenius. Hal ini dibuktikan oleh banyaknya bangunan-bangunan hebat yang didirikan oleh mereka. Mulai dari hebatnya Aqueduct tadi, sampai Colosseum yang terkenal itu. Satu hal yang jadi ciri khas bangunan ini adalah tingkat keawetannya yang luar biasa.

Setelah ditelusuri, ternyata hal ini disebabkan oleh teknik pengecoran orang Romawi yang sangat oke. Mereka menggunakan semacam semen khusus yang ternyata terbuat dari debu vulkanis yang dicampur dengan berbagai bahan khusus. Sangat lengket, namun kuat, dan ini terbukti pada deretan bangunan mereka yang masih awet hingga sekarang.

Romawi Ciptakan Koran Sebagai Sumber Informasi

[lensaterkini.web.id] - Zaman peradaban kuno dulu mungkin tabu hukumnya bagi rakyat untuk tahu tentang informasi-informasi penting, apalagi yang berhubungan dengan kerajaan atau para petinggi. Memang pada akhirnya informasi tetap tersebar, namun kebanyakan hanyalah lewat desas-desus saja. Jika kebanyakan bangsa seperti itu, ternyata Romawi tidak. Para petinggi di sini justru membeberkan banyak informasi lewat semacam koran.

Koran ini tentu bukan seperti yang ada sekarang, melainkan lempengan logam yang dipahat. Koran ini kemudian ditempelkan di tempat-tempat yang dilalui banyak orang. Isinya sendiri macam-macam, namun mayoritas adalah isu kekinian. Misalnya tentang perang, sampai urusan peradilan.

Manajemen Sosial yang Oke Punya

Salah satu keunggulan Romawi kuno yang bisa dibilang kemajuan pesat di bidang sosial adalah terciptanya sebuah dewan sosial. Seperti namanya, organisasi ini mengurus hal-hal yang berhubungan dengan masyarakat, namun lebih fokus kepada pemberian bantuan-bantuan.

Dewan ini memiliki banyak sekali program, misalnya Lex Frumentaria atau kebijakan gandum murah, sampai Alimenta yang mengatur pemberdayaan anak yatim piatu untuk diurusi semua kebutuhannya. Begitu keren, begitu tertata, padahal Romawi Kuno ini eksisnya adalah beberapa ratus tahun sebelum masehi.

Romawi Menciptakan Buku yang Dijilid

[lensaterkini.web.id] - Orang-orang dulu mungkin tidak berpikir akan membuat sebuah buku yang dikemas dengan cara dijilid-jilid seperti sekarang. Umumnya, mereka akan menggunakan lembaran-lembaran yang terpisah. Namun, lagi-lagi, Romawi tidak melakukan hal ini. Mereka ternyata sudah berpikir untuk mengemas sebuah buku dalam bentuk jilidan.

Akhirnya diciptakanlah teknik bound alias mengikat. Kemudian makin berkembang lagi sampai akhirnya tersusunlah buku-buku dengan kemasan yang lebih rapi. Teknik ini pun sepertinya dipakai oleh orang-orang seluruh dunia. Ketika orang-orang masih menulis di pelepah atau gulungan-gulungan, orang Romawi sudah menemukan teknik penjilidan buku yang lebih modern.

Lihat sendiri kan kalau Romawi tidak hanya tentang perang dan perang? Mereka ternyata juga menciptakan banyak hal sangar yang berguna bagi dunia. Sayangnya, masa kejayaan Romawi pada akhirnya harus usai. Kalau tidak, mungkin makin banyak lagi penemuan-penemuan hebat yang diciptakan bangsa ini.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola