5 Parasit Yang Membuat Serangga Jadi Zombie Yang Mengontrol Pikirannya

Barangkali kita mengenal zombie adalah makhluk yang sebenarnya sudah mati tapi bisa hidup kembali karena virus tertentu. Hal itu dijelaskan di beberapa cerita dan film sains fiksi yang memenuhi pasaran. Di dunia hewan terutama serangga, zombie adalah sesuatu yang nyata. Banyak sekali serangga yang tubuhnya disusupi parasit hingga akhirnya kehilangan kesadaran total dan digerakkan oleh parasit. Mereka membuat tubuh seolah-olah tubuh serangga adalah kendaraan.

Dan inilah parasit dan serangga yang di-take over tubuhnya secara penuh. Boombastis telah merangkum dan menuliskannya kembali untuk anda. Mari kita simak bersama-sama serangga yang telah menjadi zombie ini. Mari simak ulasan dari 5 parasit paling mematikan yang bikin serangga jadi zombie.

Dinocampus coccinellae

Dinocampus coccinellae adalah sejenis hewan penyengat kecil yang suka sekali memperalat ladybug atau kumbang dengan warna oranye dan totol hitam. Hewan penyengat itu biasanya menyuntikkan sebuah telur ke dalam perut dari ladybug dan membuat ini jadi host. Setelah lima hari telur akan menetas dan menjadi larva. Di dalam perut ladybug, larva Dinocampus coccinellae memakan apa saja yang ada termasuk menyerap nutrisi dari ladybug tanpa membuatnya mati.

Saat sudah mulai dewasa, larva akan memotong perut ladybug dan membuat kepompong di perutnya. Saat ini ladybug masih hidup dan bisa bergerak untuk mencari makan meski geraknya tak bisa sempurna. Saat Dinocampus coccinellae mulai dewasa ia akan keluar kepompong dan tak mengontrol kehidupan dari ladybug. Ia akan pergi dan mulai mencari mangsa untuk di makan.

Hz-2v Virus

Hz-2V adalah sebuah virus yang menyebar dan masuk ke ulat yang biasanya memakan jagung. Jika anda pernah ke sawah dan membuka jagung dari pohon, ulat ini suka berada di bagian atas. Virus yang masuk ke dalam larva ngengat ini dan bertahan di sana hingga larva menjadi ngengat.

Saat sudah menjadi ngengat, virus ini akan menyuruh ngengat melakukan perkawinan secara terus-menerus. Ngengat tak bisa mengendalikan dirinya sendiri hingga ia akan terus menjadi betina untuk dikawini (atau sebaliknya betina mencari jantan). Saat dua individu ini melakukan kontak, virus akan menyebar dengan cepat. Transmisi ini akan membuat virus terus mengekor di ngengat.

Ophiocordyceps unilateralis

Ophiocordyceps unilateralis adalah sebuah jamur yang mampu hidup di tubuh seekor Semut Carpenter lalu mengambil hidupnya. Spora dari jamur ini akan menempel di bagian kepada semut lalu tumbuh besar di dana. Saat jamur telah matang, semut akan dikontrol untuk berjalan menuju puncak-puncak pohon lalu mati di sana. Spora yang ada di daun akan terkena angin dan jatuh di tanah hutan.

Semut dijadikan sebagai inang dan juga tempat untuk menyebarkan spora. Beberapa spesies dari Semut Carpenter biasa tahu semut mana saja yang jadi zombie karena terinfeksi. Mereka akan menjauhinya dan membiarkan mereka berkumpul di suatu tempat untuk mati. Ilmuwan di Thailand mengamati jika Semut Carpenter terinfeksi memiliki kuburan sendiri dan tak akan dilewati oleh semut yang sehat.

Acanthocephala

Acanthocephala adalah sebuah cacing kecil yang suka sekali masuk ke tubuh pill bugs yang berwarna hitam. Di sana, cacing ini akan menginfeksi dan membuat serangga ini sekarat dan mudah digerakkan sesuai dengan kemampuan. Selain itu, tubuh dari pill bugs yang awalnya hitam akan mendadak lebih terang hingga mudah dilihat oleh burung sejenis Europian Staling.

Saat serangga dimakan oleh burung, cacing akan mulai keluar dan menginfeksi si burung. Ia menggunakan pill bugs hanya untuk perantara agar bisa masuk ke host asli (Burung Starling). Di dalam tubuh burung cacing akan berkembang biak dan telurnya akan jatuh bersamaan dengan kotoran burung. Dari sana siklus akan berlanjut.

Myrmeconema neotropicum

Myrmeconema neotropicum adalah sejenis cacing yang biasanya hidup di Semut Giant Gliding yang banyak sekali ditemukan di hutan hujan tropis Amerika Tengah. Semut Giant Gliding biasanya hidup di ketinggian 40 meter dari tanah dan memiliki warna hitam pekat. Saat dikuasai oleh Myrmeconema neotropicum, mereka akan mengalami perubahan warna pada bagian perut.

Warna yang ditampilkan adalah merah seperti warna ceri. Semut yang terinfeksi akan mengandung banyak sekali telur dan digerakkan untuk menuju tempat terang. Akhirnya beberapa burung yang menganggap perut semut ini ceri akan memakannya dengan lahap. Telur dari cacing akan masuk dan segera menginfeksi tubuh murung malang itu.

Inilah lima parasit mematikan yang mampu membuat serangga berubah jadi zombie. Mereka menguasai tubuh serangga hingga kadang serangga harus mati dengan mengenaskan. Sekarang coba kita bayangkan jika parasit itu mampu menginfeksi manusia. Apa yang akan terjadi ya sobat Boombastis?

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola