5 Negara yang Miliki Hutang Pada Luar Negeri Paling Banyak Gak Karuan

1998 dapat dianggap sebagai tahun terburuk dalam sejarah perekonomian Indonesia. Ya, seperti yang Anda tahu, negara kita pada waktu itu menderita dari krisis keuangan yang menyebabkan pemerintah untuk meminjam uang begitu banyak sehingga pemerintah Indonesia dapat terus berjalan dan ekonomi rakyat juga bisa diselamatkan. Karena jumlah besar utang yang ada, jika dibagi rata untuk seluruh rakyat Indonesia, masing-masing akan Kebebasan beberapa juta. Sedih!

Namun, Indonesia tidak bersedia runtuh dengan utang, kemudian melakukan banyak manuver. Banyak upaya pengurangan utang lakukan. Sampai akhir hari ini jumlah ekstrem utang beberapa tahun yang lalu itu berkurang cukup drastis. Meskipun demikian, angka sendiri masih cukup banyak.

Jika Indonesia telah semakin mengurangi utang, itu tidak dialami oleh negara-negara tersebut. Ya, mereka telah mencatat utang selangit jumlah tersebut tidak diketahui. Seandainya utang mereka dikenakan pada Indonesia, mungkin setiap jiwa akan memiliki utang ratusan juta. Ngeri, kan? Nah, di mana saya terdaftar negara memiliki utang terbesar? Simak ulasannya di bawah ini di 5 negara dengan hutang terhadap luar negeri terbanyak di dunia.

Amerika Serikat, Negara Besar dengan Hutang Terbesar

lensaterkini.web.id - Peringkat negara pertama dengan pemilik utang besar adalah Amerika Serikat. Angka-angka saja tak tanggung-tanggung yaitu sekitar $ 18700000000000. Sejumlah sangat, sangat gila saja, bahkan jika dikonversi ke Rupiah yang rusak kalkulator untuk menghitung. Lalu, mengapa negara besar Amerika dapat memiliki seperti utang yang besar?

Amerika adalah negara besar, maka negara sebesar ini masih bisa menjalankan hal-hal, AS membutuhkan modal yang besar pula. Akibatnya, negerilah utang eksternal yang menjadi solusi. Faktor lain, mungkin ada pengeluaran pemerintah pusat berat berat untuk meningkatkan stabilitas negara. Mungkin untuk membiayai peralatan pertahanan dan sebagainya. Meskipun banyak utang, Amerika masih tampil sangat jumawa. Meskipun ini harus membuat mereka klenger.

Perancis, Diam-Diam Banyak Hutang

Prancis selesai pemilik utang negara kedua di dunia. Angka-angka saja $ 5700000000000. Alokasi penggunaan hutang yang besar juga sama dengan banyak negara lain. Misalnya, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di negara itu, akan dibelanjakan untuk kebutuhan mendesak negara.

Sendir utang ini berjumlah hampir 222 persen dari PDB Perancis. Ini berarti bahwa Perancis mungkin butuh waktu lama untuk melunasinya beberapa kali jumlah kekayaan negara mereka. Uniknya, Indonesia sendiri memiliki utang sekitar Rp 24 triliun ke negara Menara Eiffel.

Jerman, Negara Dengan Hutang Terbanyak Ketiga di Dunia

lensaterkini.web.id - Siapa sangka di balik nya catchy dan kuat Jerman, negara ternyata memiliki utang luar negeri yang bisa dibilang banyak. Jumlah itu sendiri hampir sama dengan utang luar negeri Perancis sekitar $ 5500000000000.

Total utang hampir satu setengah kali lebih besar dari PDB Jerman. Akibatnya, negara ini juga bisa dibilang tidak benar-benar aman. Meskipun demikian, Jerman adalah negara pemberi pinjaman aktif. Salah satunya adalah Indonesia dikatakan masih memiliki utang ke Jerman sebesar hampir Rp 20 triliun, atau sekitar 2,7 persen dari total utang luar negeri Indonesia.

Jepang, Negara Dengan Hutang Terbanyak di Asia

negara-negara Asia dengan utang terbesar, mungkin beberapa orang akan menyebutnya Cina. Ya, tidak ada yang benar-benar, karena negeri tirai bambu telah mencatat utang sekitar $ 1,6 triliun. Meskipun jumlah mereka segila itu, tetapi sebenarnya bukan Cina dari negara-negara Asia dengan utang terbesar. Negara sebenarnya Jepang.

Ya, negara matahari terbit ini memiliki utang hampir $ 2,8 triliun. Penggunaannya, konon untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara, serta penting keuangan-pembiayaan lainnya. Jumlah ini sebenarnya sudah berkurang cukup jauh dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu. Meskipun banyak utang, tetapi jika dikomparasikan dari PDB, nilai utang hanya sekitar 60 persen.

Belanda, Negara Bekas Penjajah yang Tak Lagi Makmur

lensaterkini.web.id - Dari semua negara di daftar ini, yang mungkin menarik bagi rakyat Indonesia adalah mantan penjajah negara. Ya, mereka telah begitu jumawa di dunia terutama ketika dikomparasikan negara kita. Namun, siapa sangka saat ini jika mereka benar-benar memiliki utang luar negeri yang jauh lebih banyak dari kami.

Ya, Belanda kini harus mengotak karena mereka terbelit utang sebesar $ 2,4 triliun. Jumlah ini banyak kali lebih banyak dari jumlah GDP mereka. Jika kecenderungan ini terus berlanjut, mungkin Belanda bisa mengalami hal-hal buruk. Misalnya, seperti Yunani bangkrut karena sudah tidak mampu membayar utangnya lagi.

Secara statistik, Indonesia menduduki peringkat 28 negara sebagian besar utang luar negeri. Angka-angka saja hampir $ 298.000.000.000. Meskipun demikian, jumlah utang ini praktis aman karena hanya ada sekitar 32 persen dari PDB kita. Meskipun kasus itu, upaya penyelesaian harus dilanjutkan. Jika utang kita hanya akan meninggalkan sedikit, maka sudah makmur negara ini.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola