5 Negara Luar Yang Pernah Memata-Matai Negara Indonesia

Indonesia dipandang sebagai "gangguan" oleh beberapa negara di dunia. Meskipun tidak begitu kuat dalam kekuatan militer dan ekonomi, Indonesia cukup unggul dalam beberapa sumber daya alam. Akhirnya, banyak negara memata-matai negara ini untuk mengetahui apa yang terjadi. Jika perlu mereka menyusup dan campur tangan langsung untuk mengarahkan negara sesuai dengan keinginan.

Dan berikut adalah lima negara yang memata-matai Indonesia sampai saat ini. Mereka melakukan segala cara untuk mengetahui segala sesuatu yang ada di Indonesia, termasuk isu-isu penting yang tidak boleh diketahui publik. Mari simak ulasan dari 5 negara asing ini pernah memata-matai negara indonesia.

Australia

lensaterkini.web.id - Hubungan antara Indonesia dan Australia bisa dibilang naik turun. Kasus-kasus yang membuat Indonesia dan Australia seperti kucing dengan anjing adalah kasus hukuman mati dan kasus mata-mata gembong narkoba Bali Nine yang dibuat oleh Australia ke Indonesia. Kasus ini terbuka pada tahun 2013 oleh seorang mantan mata-mata bernama Edward Snowden.

Pria itu mengatakan jika Australia memata-matai ponsel milik Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono, Boediono, Jusuf Kalla sampai Menteri penting dalam era itu. Mengetahui hal ini, Indonesia sangat marah, bahkan memanggil pulang duta besarnya untuk Indonesia. kasus mata-mata yang dibuat oleh Australia ini merupakan masalah dunia dan membuat Australia kehilangan muka. Namun, Perdana Menteri Abbott memilih untuk tidak meminta maaf kepada Indonesia.

Amerika

Amerika adalah negara yang mengambil bagian dalam memata-matai Indonesia. kasus mata-mata yang pertama kali mengungkapkan adalah ketika Indonesia akan menempatkan senjata nuklir di era Soekarno. Pada saat itu banyak mata-mata Amerika disewa untuk melihat Indonesia dekat dan juga untuk apa yang akan menjadi potensi niat Amerika pengganggu di masa depan.

Selain itu, Amerika juga sering bekerja sama dengan Australia. Kedua negara sama-sama memata-matai Indonesia erat. Bahkan jika AS juga dilaporkan untuk membangun pangkalan militer di pulau Cocos. Pulau ini terletak 3.000 km sebelah selatan dari Indonesia. Dengan mendirikan basis di sini, orang Amerika bisa dengan mudah memata-matai Indonesia, bahkan Asia Tenggara.

Selandia Baru

lensaterkini.web.id - Selain Australia, Edward Snowden juga membuka kedok Selandia Baru di memata-matai Indonesia. Dalam dokumen itu melepaskan, kata Snowden jika Selandia Baru memata-matai Indonesia dengan menekan jaringan telepon dan pesan singkat. Semua data yang dikumpulkan akan disetorkan ke negara-negara yang menjadi sekutu terdekatnya, dalam hal ini Amerika Serikat dan Australia.

Selain memata-matai jaringan telepon dan pesan singkat. Selandia Baru juga memata-matai pulau di sekitar mereka. Negara ini ingin tahu banyak hal yang berhubungan dengan Indonesia dan Asia Tenggara dalam rangka menyusun strategi kerja sama bilateral.

Inggris

Inggris telah lama memata-matai Indonesia. Bahkan, mereka sengaja memakai agennya berada di Singapura karena sangat dekat dengan Indonesia. Agen ini akan memberikan semua kontrol info yang dibutuhkan ekonomi, keuangan, perbankan, perdagangan, dan sumber daya alam. Apa data dimasukkan dapat digunakan untuk analisis untuk menemukan kekurangan yang ada di Indonesia.

Apa Inggris telah pasti membuat pemerintah marah. Tetapi mereka juga tidak bisa membantu mengingat jaringan intelijen mereka adalah luar biasa. Selain itu, dalam dunia politik luar negeri, tidak ada hal seperti teman. Semua negara memiliki peluang yang sama untuk melakukan tindakan yang mengerikan termasuk spionase seperti ini.

Malaysia

lensaterkini.web.id - Tetangga kita negara-Malaysia-ternyata banyak pengintaian udara. Biasanya mereka melakukan patroli dan ke NKRI. Pesawat ini sengaja datang dan ingin mengintip apa yang ada di negara ini. Dengan demikian, Malaysia akan mampu membuat strategi pertahanan jika sewaktu-waktu ada konflik di perbatasan.

Apa yang dilakukan oleh Malaysia ini membuat Indonesia begitu marah. Sudah berkali-kali negara ini melarang Malaysia melecehkan perbatasan. Sayangnya, apa yang Indonesia tidak pernah diperhatikan. Bahkan sebagai pelanggaran ini terus diulang sampai hubungan kedua negara selalu dipanaskan.

Berikut adalah lima negara yang memiliki atau bahkan masih memata-matai Indonesia. Mereka terus memantau karena menganggap Indonesia sebagai negara yang memiliki potensi besar di masa depan.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola