5 Negara Boneka Ciptaan Jepang Yang Ada di Masa Lalu

Saat perang dunia ke-I dan ke-II, Jepang banyak sekali mendirikan negara-negara boneka yang diusahakan untuk merdeka. Negara-negara itu berada di wilayah yang mereka serang dengan harapan mendapatkan wilayah kekuasaan tanpa harus mengorbankan banyak pasukan dan persenjataan. Dengan membuat negara menjadi merdeka, secara tidak langsung negara itu akan berterima kasih dan memberikan loyalitasnya kepada Jepang.

Negara-negara boneka ini berhasil dibuat Jepang dengan kekuatannya. Mereka dijanjikan akan diberi kebebasan meski sebenarnya hanya kebohongan. Negara ini hanyalah wilayah jajahan yang disuruh melakukan fungsinya tapi masih melalui pengawasan yang sangat ketat. Ke depannya wilayah negara boneka ini akan jadi basis Jepang dalam menguasai wilayah negara lain di Asia. Boombastis telah merangkum lima negara boneka bentukan Jepang yang akhirnya hancur setelah Jepang runtuh. Mari simak bersama-sama di 5 negara boneka buatan negara jepang di zaman dulu.

Manchuria

Manchuria adalah wilayah Tiongkok yang dikuasai oleh Jepang pada tahun 1932. Jepang membuat sebuah negara boneka pertamanya dan diakui oleh 23 negara pada saat ini. Di tempat ini Jepang memiliki banyak sekali akses menuju Tiongkok dan juga Eropa dalam usahanya dalam memperluas wilayah kekuasaan.

Setelah perang dunia ke-II berakhir dan Jepang kalah, Manchuria dikuasai oleh Uni Soviet. Negeri ini menginginkan wilayah itu karena mengincar pelabuhan yang selalu cair. Pasalnya saat musim dingin banyak sekali wilayah di Uni Soviet yang beku. Akibatnya banyak sekali kapal yang tak bisa mendarat dengan baik. Akhirnya setelah beberapa tahun Manchuria dikembalikan lagi oleh Soviet kepada Tiongkok.

State of Burma

Sebelum diinvasi oleh Jepang di tahun 1943, Burma (Myanmar) merupakan negara yang dijajah oleh Inggris. Namun mereka dilepas dan diberikan kepada Jepang karena Inggris mengalami kekalahan perang. Akhirnya Jepang membuat sebuah negara boneka baru dan berjanji akan membuat mereka benar-benar merdeka dari cengkeraman bangsa Eropa.

Sebenarnya alasan Jepang membuat negara ini adalah untuk mengeruk banyak sekali hasil bumi yang ada. Mereka mengambil ladang minyak di Yenangyaung dan beberapa mineral penting lainnya. Mereka membuat negara ini juga karena ingin mendapatkan jalan masuk baru menuju Tiongkok dan membantai mereka diam-diam. Pada tahun 1945 setelah Jepang runtuh, negara boneka ini runtuh dan akhirnya dikuasai para militan.

Second Philippine Republic

Second Philippine Republic atau Republik Filipina adalah negara yang didirikan oleh Jepang di Filipina pasca diinvasi. Pada tahun 1942, Jepang berhasil masuk ke wilayah ini dan membubarkan republik yang dibentuk oleh Inggris. Presiden pertama dan terakhir yang menjabat di negara ini adalah Jose P Laurel yang pada kenyataan berada di bawah tekanan Jepang.

Di negeri ini hanya boleh memiliki satu partai politik saja. Hal ini dimaksudkan agar Jepang mudah mengontrol kondisi dalam negara. Partai berkuasa saat itu bernama KALIBAPI yang diketuai oleh Jose P. Laurel. Negara beneka ini akhirnya bubar setelah nyaris tiga tahun membuat Filipina menjadi ladang yang bisa dipanen setiap saat.

Empire of Vietnam

Empire of Vietnam adalah salah satu negara boneka yang dibuat Jepang. Negara ini berdiri setelah Jepang menjanjikan akan memberikan kemerdekaan pada mereka. Orang yang memerintah Kerajaan ini bernama Bao Dai. Ia juga mendirikan sebuah partai pro-Jepang yang memberikan dukungan penuh kepada Jepang yang saat itu sangat kuat.

Empire of Vietnam pertama kali dibuat pada 11 Maret 1945. Sayangnya saat Jepang gugur kerajaan besar ini juga ikut gugur hingga pada 23 Agustus 1945 kerajaan ini dibubarkan. Jepang membuat negara di kawasan ini karena ingin melebarkan semua sayapnya ke negara-negara di penjuru Asia Tenggara.

Provisional Government of Free India

Provinsional Government of Free India adalah sebuah negara boneka yang didirikan oleh Jepang di luar India. Mereka ingin membuat gerakan pembebasan India yang berpusat di Singapura. Saat itu, India masih dikuasai oleh Inggris hingga Jepang ingin membuat sebuah janji yang menggiurkan: “membuat India jadi merdeka dan bebas dari Inggris”

India adalah sumber banyak sekali sumber daya yang tak ada habisnya. Tujuan Jepang menjanjikan kemerdekaan kepada India adalah untuk membuat negeri ini jadi lumbung. Sayangnya negara ini hanya bertahan selama 3 tahun hingga 1945. Setelah Jepang kalah, Inggris kembali menguasai India dengan penuh.

Inilah lima negara boneka yang diciptakan oleh Jepang di masa lalu. Negeri yang akan dimanfaatkan oleh Jepang sebagai basis militer dan sumber daya ini hancur begitu Jepang kalah dengan sekutu yang digawangi oleh Amerika.

Jika saja Jepang masih bertahan di perang dunia ke-II. Mereka akan menjadikan Indonesia menjadi negara boneka selanjutnya. Indonesia adalah sumber daya yang tak ada habisnya hingga membuat Jepang jadi “kebelet” untuk menjadikan negeri ini masuk wilayah kekuasaannya. Menurut sobat Boombastis, apa yang akan terjadi jika Indonesia jadi negara boneka Jepang?

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola