5 Mata Uang Dengan Nilai Paling Tinggi Bikin Rupiah Gak Ada Harganya

Kembali ke masa-masa Orde Baru, Rupiah pernah menjadi mata uang yang paling diperhitungkan di dunia. Percaya atau tidak, di tahun 1970an, $1 pernah dihargai Rp 250 saja. Angka yang sangat fantastis tentu saja. Seandainya bisa dipertahankan hingga hari ini, Indonesia bakal makmur luar biasa. Negara-negara barat mungkin bisa kita libas.

Namun, masa kejayaan Rupiah yang pernah menjadi primadona mata uang dunia akhirnya mulai surut seiring bertambahnya tahun. Bahkan di tahun 1998, kenaikannya menggila, terutama di bulan Maret di mana $1 dihargai sampai Rp 16 ribu. Kini Rupiah bisa dibilang lebih baik, meskipun kalau dibandingkan dengan dulu amatlah memperihatinkan.

Ketika mengomparasikan Dolar dan Rupiah rasanya memang ngenes sekali, seakan-akan mata uang kita benar-benar nggak ada harganya. Namun, sepertinya kita harus bersyukur karena hanya fokus melihat perbandingan Rupiah dengan Dolar saja. Pasalnya, masih banyak mata uang lainnya yang lebih tinggi, dan kalau dibandingkan dengan Rupiah, mata uang kebanggaan ini berasa lebih hina lagi. Mari simak ulasan dari 5 mata uang asing yang miliki nilati paling tinggi di dunia.

Dinar Kuwait

Memiliki sejuta saja uang dinar Kuwait, kita akan mampu membeli apa pun. Rumah, mobil, selusin iPhone 6 Plus dan lain sebagainya. Dinar Kuwait adalah mata uang paling tinggi nilainya di dunia. Untuk 1 dinar Kuwait, nilainya setara dengan $3,28. Benar-benar gila, kan?

Penasaran berapa Rupiah sejuta dinar Kuwait? Nilainya sekitar Rp 45 miliar! Bayangkan bagaimana kayanya orang-orang Kuwait yang punya simpanan di bank sampai miliaran dinar itu. Nilai tinggi ini sudah ditetapkan sejak dulu di tahun 60an. Pengaruh tingginya mata uang Kuwait erat kaitannya dengan produksi minyak mereka.

Dinar Bahrain

Dinar Bahrain adalah mata uang paling mahal nomor dua di dunia. Satu dinar Bahrain setara dengan $2,65. Kalau dikomparasikan dengan Rupiah, nilainya sekitar Rp 35 ribuan. Biar makin kaget, nilai Rp 1 juta itu hanya sekitar 27 dinar saja. Sungguh fantastis!

Lagi-lagi, pengaruh tingginya mata uang Bahrain ini lantaran minyak mereka. Memang minyak memegang pengaruh penting dalam fluktuasi mata uang dunia. Rata-rata, negara penghasil minyak selalu memiliki mata uang yang stabil terhadap dolar.

Rial Oman

Satu lagi negara Timur Tengah yang mata uangnya gila, Oman. Negara kecil ini terletak di ujung sebelah selatan Saudi Arabia dan juga jadi tetangganya Uni Emirat Arab. Meskipun tergolong negara kecil, tapi tendangannya luar biasa, maksudnya dalam hal currency atau mata uang.

1 rial Oman dihargai $2,6, hampir-hampir sama dengan dinar-nya Bahrain. Kalau dibandingkan dengan Rupiah, 1 Rial Oman ini seharga Rp 35 ribuan juga. Sebagai komparasi, Arab Saudi yang notabene juga salah satu negara penghasil minyak terbesar, mata uangnya tidak terlalu bagus. Bahkan punya mereka di bawah dolar. Tercatat 1 Rial Arab Saudi bernilai $0.27 saja.

Poundsterling

Sudah sejak lama Pounsterling nilainya selalu berada di atas Dolar. Hari ini pun sama, meskipun tentu saja mengalami fluktuasi layaknya mata uang lainnya. 1 pound sendiri nilainya hampir $1,42. Sedangkan kalau dibandingkan dengan Rupiah, nilainya mencapai Rp 19 ribuan.

Meskipun punya mata uang dengan nilai yang tinggi, faktanya Inggris bukanlah negara yang makmur. Terutama kalau dibandingkan dengan negara lain yang notabene tidak memiliki mata uang dengan nilai tinggi. Dari data yang dilansir IMF tahun lalu, Inggris menempati peringkat ke 23 negara paling kaya. Sebagai perbandingan Singapura yang memiliki mata uang yang beda-beda tipis dengan AS bercokol di peringkat 3 dunia.

Dolar Singapura

Miris rasanya melihat mata uang ini masuk dalam daftar membanggakan, lalu berkaca pada diri sendiri. Tapi, fakta memang berkata demikian. Percaya tidak percaya, 1 dolar Singapura nilainya lebih tinggi daripada AS yakni sekitar $0,70. Prestasi yang membanggakan tentu saja, apalagi untuk negara sekecil itu.

Setelah merdeka, Singapura seolah melesat tanpa bisa dihalang-halangi. Hal ini kemudian berimbas pada ekonomi terutama mata uang mereka. Sebenarnya mata uang Singapura ini juga naik turun selama 20 tahun terakhir. Tapi, entah kenapa mereka selalu bisa membuat mata uangnya sendiri selalu lebih tinggi dari AS. Sebagai bahan refleksi, Singapura sebenarnya tidak ada apa-apanya dengan kita soal kekayaan alam. Maka logisnya, kita punya chance alias kesempatan untuk bisa membekuk dolar lebih rendah dari sekarang.

Inilah deretan mata uang dengan nilai paling tinggi di dunia. Bikin ngiri! Entah tahun berapa Rupiah bisa masuk dalam daftar ini. Hal tersebut bukanlah bualan, Rupiah pernah kok melesat di tahun 70an, maka pasti hal tersebut bisa diwujudkan lagi. Terlepas dari nilai Rupiah yang kadang bikin nangis ini, sebenarnya kita patut pula untuk bersyukur lantaran tidak mengalami kejatuhan nilai seperti yang dialami banyak negara. Salah satunya adalah Zimbabwe di mana $1 bisa bernilai sampai triliunan.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola