5 Keunikan Dibalik Kemewahan Kantor Google Bikin Nyaman Bekerja

Kalau ditanya faktor apa yang paling memengaruhi produktivitas dan kualitas kerja, maka sebagian besar dari kita akan menjawab kalau kantor atau lingkungan kerja adalah faktor utamanya. Suasana kantor nyaman, bekerja pun jadi lebih tenang. Saat atmosfer kantor terkondisikan dengan baik, bekerja bisa lebih produktif. Seperti desain dan suasana dalam kantor Google. Kantor Google dikenal bisa membuat para karyawannya betah bekerja. Bahkan ruangannya didesain menarik dan seru, sehingga bisa menghindarkan para karyawannya dari stres atau merasa tertekan.

Sebenarnya apa saja sih alasan dan faktor yang membuat para karyawan betah bekerja di kantor Google? Dan kenapa juga banyak kantor yang sengaja meniru konsep desain ruangan kantor Google untuk para pegawai mereka? Sejumlah fakta ini akan sangat menarik untuk diikuti. Mari simak ulasan dari 5 hal unik di kantor google yang buat anda betah kerja.

Makanan yang Selalu Ada Setiap Saat

Kalau perut lapar, mana bisa fokus dan berkonsentrasi bekerja, iya kan? Maka dari itu, Google selalu memastikan kalau para pegawainya bisa selalu mendapat asupan makanan yang cukup. Ada sekitar 25 kafe berbeda yang tersebar di kantor Google di Mountain View. Setiap kafe pun menghidangkan menu istimewa dari para koki profesional. Dan para pegawai bisa mendapatkan sarapan, makan siang, hingga makan malam secara gratis. Mau menikmati kopi atau jus, tinggal pergi saja ke bar terdekat.

Google juga menjamin para pegawainya tak pernah lebih dari 150 kaki dari tempat yang menyediakan makanan. Dengan kata lain, para pegawai tak akan kesulitan untuk mencari makanan saat lapar. Mau mencoba memasak sendiri? Bisa juga. Ada sejumlah peralatan masak sederhana yang bisa dipakai jika ada pegawai yang ingin membuat sendiri masakan dan hidangannya.

Ada Program Pijat yang Disediakan untuk Para Pegawai

Pekerjaan menumpuk dan tenaga yang divorsir bisa membuat kita lelah dan tertekan. Kalau sudah begini, paling enak ya dipijat. Dan Google paham sekali akan hal ini. Maka, mereka pun menyediakan Google’s Subsidized Massage Program untuk para pegawainya. Dengan tarif terjangkau, para pegawai bisa memanjakan diri dan merileks-kan tubuhnya dari rasa penat dan jenuh bekerja. Para terapis-nya pun profesional dan berlisensi, lho. Jadi benar-benar terjamin deh.

Selain itu, para pegawai bisa saling memberi bonus pijat (massage credits) untuk setiap pekerjaan atau proyek yang bisa terselesaikan dengan baik. Dengan bonus tersebut, pegawai bisa mendapat pijatan selama satu jam gratis. Wah, sepertinya menyenangkan sekali, ya.

Diberlakukannya Aturan 80/20

Google sangat mengutamakan dan menghargai inovasi dari para pegawainya. Inovasi dan ide-ide baru dari para karyawan sangat dibutuhkan untuk perkembangan dan kemajuan perusahaan. Untuk memastikan para pegawai bisa selalu menjaga daya kreativitasnya dan tetap bisa dapat ide-ide baru, Google meminta para pegawai untuk menghabiskan 20 persen dari jam kerja mereka untuk mengerjakan proyek pribadi atau apapun yang mereka sukai. Jadi jam kerja tak semuanya dihabiskan untuk berkutat dengan pekerjaan yang dibebankan oleh perusahaan saja.

80 persen dihabiskan untuk melakukan pekerjaan utama. Sementara 20 persen sisanya dihabiskan untuk mengerjakan hal-hal yang lebih bersifat hobi. Dengan begini, para pegawai juga nggak akan gampang stres serta tetap bisa berinovasi dengan ide-ide baru berikutnya.

Boleh Bawa Hewan Peliharaan Kantor

Google merupakan kantor yang ramah pada hewan peliharaan. Jadi kalau nggak tega atau takut meninggalkan hewan peliharaan di rumah, pegawai bisa membawanya ke kantor. Aturan ini berlaku untuk para karyawan dengan jabatan atau posisi senior hingga staf bawah. Asalkan hewannya bisa diatur, seperti anjing atau kucing, maka tak masalah membawanya ke kantor.

Menariknya lagi, di kantor Google, ada 200 kambing yang dipelihara. Kambing-kambing sengaja dibiarkan di sekitar kantor Mountain View untuk membabat rumput liar di sana. Selain itu, cara ini dipercaya lebih ramah lingkungan dan ekonomis. Para pegawai sendiri merasa senang dengan keberadaan kambing-kambing tersebut karena memandanginya menjadi salah satu cara menghilangkan stres kerja setiap harinya.

Ada Ruang Game serta Berbagai Ruang Bersantai Lainnya

Siapa bilang nggak boleh main game di kantor? Di kantor Google, para pegawai bisa memanfaatkan ruang bermain game untuk menghilangkan stres. Ada juga ruang bermain tenis meja, main golf mini, dan kolam renang. Kolam renangnya juga seru. Kecepatan ombak airnya bisa disesuaikan dan juga ada petugas penyelamat yang selalu berjaga setiap saat demi keamanan.

Meja kerja para pegawai pun tak dibatasi oleh kubikel atau terkotak-kotak. Google meyakini kalau konsep ruang kerja terbuka lebih memudahkan dan membebaskan para pegawai. Para pegawai juga bebas memilih ruang kerja mereka. Ada banyak desain ruang kerja dan meja kerja menarik yang bisa dipilih. Mau bekerja sambil duduk di ayunan pun bisa. Seru banget, kan?

Satu lagi alasan kenapa para pegawai Google bisa betah bekerja adalah karena mereka juga diberi kesempatan untuk berlibur atau mengambil cuti sesuai dengan keinginan mereka. Mau ambil cuti untuk bergabung ke organisasi nirlaba, mengerjakan proyek sosial, atau bahkan ikut kampanye pun bisa. Tentunya ada syarat dan ketentuan yang berlaku.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola