5 Hal Menarik Planet Nine Yang Bakal Jadi Pengganti Pluto


Setelah berpuluh-puluh tahun menyandang gelar planet terkecil dan terjauh, Pluto akhirnya dikeluarkan karena dianggap tak sesuai dengan aturan. Akhirnya kita hanya mengenal “mevebu mayusa unep” atau gampangnya dari Merkurius sampai Neptunus. Pluto saat ini dianggap sebagai dwarf planet atau benda langit yang bukan planet dan juga satelit.

Setelah Pluto ditendang dari jajaran planet tata surya, ilmuwan kembali menemukan planet baru yang digadang-gadang sebagai pengganti dari Pluto. Dan inilah lima fakta dari (calon) planet ke-9 di tata surya kita saat ini. Mari kita bahas satu per satu di 5 fakta tentang Planet nine yang konon jadi penganti pluto.


Ditemukan Oleh Pembunuh Pluto

Orang yang membuat Pluto dikeluarkan dari tata surya adalah Mike Brown. Pada tahun 2005, ia menemukan sesuatu yang aneh pada orbit Pluto. Dari sini, perdebatan mulai terjadi dan akhirnya status Pluto dikeluarkan. Planet ini dicopot dari tata surya karena dianggap melanggar aturan kesepakatan yang telah dibuat.

Setelah menendang Pluto, Mike Brown melakukan pencarian lagi, akhirnya ia menemukan planet baru yang dinamai Nine. Planet ini 10 kali lebih besar dari bumi dan dianggap mampu menggantikan Pluto. Meski demikian, ilmuwan masih menelitinya lebih lanjut agar tidak sampai salah melakukan analisis.

Planet Es Raksasa

Data-data Planet Nine masih sangat sedikit. Bahkan bisa dibilang sangat jarang ada. Itulah mengapa berita simpang siur masih saja terjadi. Menurut Mike Brown, planet ini sangat besar dan seluruh permukaan dipenuhi oleh batuan. Selain itu planet ini juga di keliling oleh gas di sekitar atmosfernya.

Mengenai komponen terbesar yang menjadi pembentuk planet masih jadi perdebatan. Namun hipotesis yang telah dikeluarkan ada planet ini dikelilingi oleh es. Planet ini adalah raksasa es yang sepertinya tidak akan ada kehidupan di dalamnya. Layaknya Pluto yang dikenal memiliki iklim yang sangat ekstrem.

Planet yang Bakalan Susah Dicapai

Planet Nine memiliki jarak yang sangat jauh dari bumi dan matahari. Jaraknya adalah 56 miliar mil atau 20 kali jarak matahari ke Neptunus. Untuk pembanding lagi, New Horizon yang dimiliki oleh NASA menempuh jarak 9 tahun dari bumi untuk sampai ke Pluto. Sedangkan untuk menuju Planet Nine dibutuhkan waktu 54 tahun atau 6 kali lebih panjang. Jarak ini adalah jarak terdekat, saat Planet Nine berada di orbit terjauhnya dari matahari, pesawat membutuhkan waktu sekitar 350 tahun.

Skenario jarak tempuh ini sedikit banyak membuat ilmuwan jadi pesimis. Mereka hanya bisa mengamati Planet Nine dari kejauhan. Kalau pun nekat akan mengirim pesawat, mereka harus menunggu puluhan hingga ratusan tahun untuk sampai ke sana. Butuh lebih dari 8 generasi untuk menelitinya lebih jauh.

Memiliki Waktu Orbit yang Sangat Lama

Bumi memiliki waktu orbit terhadap matahari kurang lebih 365 hari 6jam, atau gampangnya 1 tahun. Planet Nine memiliki waktu orbit yang jauh lebih panjang. Bayangkan saja, satu kali putaran terhadap matahari diperlukan waktu kurang lebih 10.000 tahun. Ini hanyalah perkiraan saja, bisa jadi orbit planet ini mencapai 20.000 tahun.

Mengetahui fakta ini sepertinya penelitian terhadap Planet Nine adalah hal yang sangat gila. Meski demikian masih banyak ilmuwan penasaran dan ingin mengamati planet unik ini. Kita hanya berharap jika di masa depan akan ada banyak teknologi baru hingga planet ini akan lebih mudah diamati lebih dalam.

Akan Ada Perjalanan Antar Bintang ke Planet Nine

Planet ini sangat jauh dari Bumi, fakta ini tak bisa dibantah lagi. Namun NASA dan beberapa ilmuwan masih meyakini jika mereka bisa sampai ke sana. Dengan beberapa rancangan teknologi mereka yakin di masa depan pergi ke Planet Nine adalah hal yang “masuk akal”. Perjalanan antara bintang bisa terjadi seperti yang pernah ada di film sains fiksi.

Mereka menggunakan pendekatan gravitasi dari planet. Jadi pesawat luar angkasa tak hanya menggunakan bahan bakar yang berada di dalamnya. Pesawat ini juga memanfaatkan gaya tarik dari planet hingga membuatnya meluncur tanpa perlu menggunakan bahan bakar. Konsep ini masih dikembangkan dengan baik oleh NASA hingga mungkin beberapa tahun ke depan akan jadi kenyataan.

Inilah lima fakta dari calon planet pengganti Pluto. Sampai saat ini planet ini masih diteliti oleh ilmuwan hingga mungkin dalam beberapa tahun ke depan akan muncul beberapa fakta baru lagi. Anyway, di tahun-tahun yang akan datang, kira-kira muncul planet baru lagi enggak ya?

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Tag : Fakta
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola