5 Hal Aneh Dalam Komunitas Suku Dayak Indramayu

Anda pernah mendengar tentang orang Dayak? Jika pernah, itu harus apa yang datang ke pikiran adalah Dayak yang terletak di pedalaman Kalimantan umumnya dikenal masyarakat. Tapi tiba-tiba, di pulau Jawa ada sebuah komunitas Dayak yang tidak ada hubungan sama sekali dengan suku Dayak yang berada di pedalaman Kalimantan. Jika dikatakan di pedalaman Kalimantan Dayak agak membatasi interaksi dengan masyarakat, jika masyarakat Dayak di Indramayu yang benar-benar suka berbaur dengan masyarakat sekitar.

Masyarakat Dayak di Indramayu yang biasa disebut Dayak Dayak Hindu Losarang atau Earth Segandu Indramayu. Diprakarsai dan dipimpin oleh Paheran Takmad Diningrat Alam Gusti, komunitas ini memiliki cara hidup yang cukup unik dan tidak biasa. Meski begitu, kehidupan sehari-hari mereka bisa selaras dengan masyarakat umum di sekitarnya. Nah, di sini sehari-hari yang tidak biasa dari Komunitas Dayak Indramayu. Mari simak ulasan dari 5 hal tak wajar di komunitas suku dayak indramayu.

Tidak Mau Terikat Aturan

lensaterkini.web.id - Memiliki aturan sendiri dalam komunitas mereka, anggota Dayak Indramayu menolak terikat dengan aturan di luar masyarakat. Apakah itu adalah sesuatu yang diatur oleh ketentuan agama maupu yang berkaitan dengan hak dan kewajiban sebagai bagian dari bangsa Indonesia. kepercayaan diri mereka dalam menjalani hidup sehari-hari adalah bahwa manusia telah menghendaki itu sendiri.

Warga Indonesia biasanya memiliki bentuk kartu identitas (KTP). Kartu ini berfungsi sebagai syarat untuk mengurus banyak hal yang berkaitan dengan hak dan kewajiban warga negara. Nah, sebaliknya Dayak Indramayu tidak bersedia untuk memiliki identitas mereka. Oleh karena itu, mereka biasanya tidak dapat melakukan perjalanan seperti orang pada umumnya. Tidak hanya itu, komunitas ini telah menolak untuk berpartisipasi dalam pemilihan (golongan putih).

Sangat Mengagungkan Kaum Perempuan

Seperti putri diperlakukan dengan mengumbar seperti dalam dongeng, maka gambar perempuan dalam Komunitas Dayak Indramayu. Untuk pria, waktu komunitas ini, perempuan menempati posisi yang sangat tinggi. Sehingga lelakilah yang mengurus semua hal yang berhubungan dengan kebutuhan rumah tangga. Mulai dari mencari nafkah, melakukan pekerjaan rumah seperti menyapu, memasak, dan mandi anak-anak, semuanya laki-laki lakukan. Perempuan hanya tahu saja salah. Pada intinya, mereka menganggap bahwa laki-laki diwajibkan untuk mengabdikan seluruh hidupnya untuk berbakti kepada ibu, istri, dan anak-anak.

Anda bisa mengatakan, jika ada konsep "Allah" dalam komunitas ini, manifestasinya adalah seorang wanita yang disebut sebagai "Nyi Dewi Queen". Penguasa semangat bumi dan hukum kebenaran untuk disembah dan ditinggikan perilaku Lewa dan perbuatan. Nah, dalam kehidupan sehari-hari, hal ini diwujudkan dalam bentuk kesetiaan kepada istrinya. Karena mereka percaya bahwa perempuan adalah makhluk yang merupakan sumber dari kelahiran manusia, yang tidak bisa digantikan oleh siapapun.

Jarang sekali mandi

lensaterkini.web.id - Merasa panas tubuh, perasaan buruk lengket, berkeringat dan kotor dan lainnya akan timbul jika orang pada umumnya tidak mandi seharian saja. Nah, unik Komunitas Dayak Indramayu bahkan diklaim akrab dengannya. Mereka tidak terbiasa untuk mandi seminggu, sebulan, bahkan lebih. kebiasaan mandi yang berbeda dengan prosedur untuk mandi orang pada umumnya.

Disebut 'kumkum', ritual membenamkan diri dalam air. Ritual 'kumkum' dimulai dengan himne dilakukan sebelum tengah malam. Setelah itu, peserta ritual ke sungai terdekat untuk menenggelamkan diri selama hampir delapan jam sampai harinya.Dengan berikutnya bertelanjang dada dan hanya mengenakan celana, mereka menikmati Sungat air dingin dan perilaku hewan kecil di dalamnya. Nah, ritual yang tidak mudah juga.

Ritual Mepe

MEPE bahasa Jawa, yang berarti berjemur. Ritual ini tidak lain hanyalah kelanjutan dari acara prosesi kumkum yang telah dilakukan sebekumnya. Kemudian, peserta ritual akan menjemur dirinya di tanah sambil berbaring dalam lingkaran dan menghadap matahari.

Ritual yang dilakukan orang-orang ini dimaksudkan untuk kering, dan juga lebih dekat dengan alam dengan menghormati tanah yang menjadi dasar dan matahari bersinar. Nah, setelah ritual berakhir mepe dan kumkum, peserta ritual percaya bahwa ia lahir menjadi seseorang yang baru.

Tidak Memakan Daging

lensaterkini.web.id - Anggota masyarakat Dayak Indramayu tidak makan daging dan hewan hidup lainnya. Hal ini didasarkan pada mengajar mereka untuk menghormati sesama manusia yang hidup dan bergerak.

Jadi, jangan heran jika mereka adalah binatang membunuh anti, bahkan cacing dan nyamuk. Mereka makan lebih condong ke arah sayuran.

Gaya Berbusana

Cara mudah untuk mengidentifikasi Dayak Indramayu adalah untuk melihat gaya berpakaian. Anggota Dayak Indramayu asli, selalu berpakaian hitam dan putih celana bermotif. Kedua warna ini melambangkan alam yang membawa siang dan malam. Mereka juga selalu bertelanjang dada, dan tidak mengadopsi agama apapun. Sementara anggota biasa, orang-orang yang masih memeluk agama dan keyakinan masing-masing, dengan menggunakan pakaian hitam biasa.

Selain itu, komunitas ini percaya bahwa jika salah satu dari mereka sakit, itu dianggap berada di jalan yang salah dalam hidup. Dengan demikian, mereka akan menerungi diri dan diam sampai penyakitnya sembuh dengan sendirinya. Mereka tidak pernah mencoba untuk mengobati sendiri seperti pengobatan atau pergi ke rumah sakit.

Rute Menuju Kawasan Komunitas Dayak Indramayu

lensaterkini.web.id - Komunitas ini terletak di Kampung Segandu, kabupaten Village Krimun Losarang Indramayu, Provinsi Jawa Barat. Menuju lokasi ini dapat dicapai dengan mengambil kanan jalur jalan by pass dari Jakarta ke Cirebon. Tempat ini tidak jauh dari pantai Eretan Wetan. Memiliki markas yang disebut tenda, Anda bisa datang dan tidak perlu khawatir. Karena, anggota terkenal dari komunitas ini ramah, dan terbuka bahkan dengan orang asing.

Waw, tidak ada pikiran bukanlah masyarakat di tengah-tengah masyarakat modern yang masih terus hidup secara tradisional memilih? Lokasi tidak di tengah-tengah masyarakat modern, bukan interior. Jadi, Anda tertarik untuk melihat hidup?

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola