5 Fakta Unik Bangsa Eskimo Yang Tinggal di Kutub Utara

Bangsa Eskimo atau Inuit adalah bangsa yang dikenal paling kuat di dunia ini. Mereka adalah satu-satunya bangsa di seluruh dunia yang mampu hidup di lingkungan yang ekstrem. Bahkan lingkungan super dingin dengan suhu di bawah nol pun mereka bisa hidup dengan sangat aman dan nyaman. Jika saja kita pindah ke sana, dalam hitungan jam saja flu dan kedinginan akan mendera kita dengan sangat cepat.

Oh ya, inilah 5 fakta unik dari Bangsa Eskimo yang dikenal sangat hebat ini. Boombastis telah merangkumnya secara lengkap untuk anda semua. Mari simak satu per satu dan bersiaplah untuk ingin pergi mengunjungi kutub utara yang sangat beku. Mari simak ulasan dari 5 fakta menarik tentang bangsa eskimo di kutub utara.

Igloo

Orang Eskimo tak bisa dipisahkan dari Igloo. Bangunan yang terbuat dari bongkahan es dan juga salju ini menjadi tempat mereka tinggal dan menyimpan banyak hal. Orang Eskimo membuat desain yang unik hingga bagian dalam dari Igloo menjadi sangat nyaman untuk dihuni setiap hari.

Bagi orang awam yang belum pernah berada di dalam Igloo mungkin akan merasakan dingin. Namun orang Eskimo telah terbiasa dan beradaptasi selama bertahun-tahun, bahkan sejak mereka lahir sudah berada di lingkungan yang sangat dingin. Oh ya biasanya besar kecilnya dome atau kubah rumah disesuaikan untuk tujuan tertentu. Biasanya sebuah keluarga memiliki lebih dari satu Igloo.

Armor

Bangsa Eskimo ternyata sangat pandai dalam membuat armor. Mereka adalah orang yang pandai membuat peralatan dari logam meski berada di daerah yang sangat dingin. Di setiap kampung Eskimo biasanya ada orang yang sangat ahli dalam membuat armor terutama untuk armor tradisional seperti yang banyak dipakai oleh orang Eskimo atau Inuit.

Armor ini biasanya digunakan untuk bertahan hidup dan berburu. Dengan memiliki armor ini mereka akan bisa bertahan dalam lingkungan yang ekstrem. Selain itu mereka juga akan bertahan jika bertemu dengan hewan buas semacam beruang kutub yang kadang bisa melukai mereka.

Senjata

Secara tradisional orang Eskimo tidak menggunakan senjata modern seperti senapan dan juga pisau. Mereka menggunakan bahan yang berasal dari hewan buruan. Misal tulang hewan atau kayu yang berasal dari hutan. Dari benda-benda itu mereka membuat sebuah senjata untuk keperluan sehari-hari atau pun untuk berperang jika ada musuh.

Biasanya senjata yang dimiliki oleh wanita bernama ulu. Senjata ini berbentuk pisau besar dan agak melengkung. Kaum wanita biasanya menggunakannya untuk memotong daging yang sudah beku. Sementara itu kaum pria biasanya menggunakan kakivak, sebuah tombak yang biasanya digunakan untuk memburu ikan di lautan. Selai itu modifikasi dari alat ini juga bisa digunakan dalam pertempuran.

Memiliki Banyak Kata Untuk Salju

Eskimo berada di daratan yang penuh dengan salju. Bahkan sepanjang mata memandang hanya ada hamparan putih yang tak ada habisnya. Bagi kita salju tetaplah salju dan tak ada bedanya. Namun bagi mereka, salju memiliki fungsi tertentu hingga diperkirakan ada lebih dari 50 nama salju sesuai dengan fungsinya.

Perbedaan nama ini dikemukakan oleh seorang antropolog bernama Franz Boaz. Ia mengatakan jika segala hal yang berhubungan dengan salju ada namanya. Misal salju yang baik untuk berseluncur dinamai dengan piegnatoq. Alu salju yang sangat lembek hingga mudah longsor dinamai dengan Aqilokoq. Nama dari setiap salju ini dianggap penting bagi orang Eskimo karena salju adalah alam mereka.

Memiliki Monster Es Bernama Qallupilluk

Setiap budaya memiliki mitologi berupa monster-monster yang sangat mengerikan. Biasanya monster ini digunakan untuk menakuti anak-anak agar mereka tidak main terlalu jauh dari rumah. Hal semacam ini juga terjadi pada orang Eskimo. Orang-orang di wilayah ini memiliki sebuah makhluk yang digunakan untuk menakuti anak-anak mereka agar tidak main terlalu jauh dari rumah.

Nama makhluk itu adalah Qallupilluk. Makhluk ini semacam humanoid yang sangat mengerikan. Diceritakan jika makhluk ini berada di bawah air dan siap menunggu siapa saja. Legenda ini akhirnya diturunkan dari generasi ke generasi sampai sekarang. Oh ya, di kutub utara, masuk ke dalam air sama halnya mati. Terlebih jika airnya sangat dingin dan tubuh manusia akan segera membeku di dalamnya. Itulah mengapa Qallupilluk selalu digambarkan berada di bawah air.

Inilah lima fakta unik dari Bangsa Eskimo yang dikenal sangat tahan dengan dingin. Mereka bertahan hidup di kutub utara dan tetap mempertahankan tradisi yang diwariskan dari generasi ke generasi. Jika saja mereka tidak peduli budaya, saat ini pasti sudah hijrah ke daerah yang lebih hangat dan tidak terpencil. Oh ya, jika ada kesempatan sobat Boombastis mau tidak datang ke kutub utara?

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola