5 Fakta Pendekar Betawi Si Pitung Yang Meresahkan Penjajah Belanda

Nama Pitung mungkin tidak tercatat sebagai besar penjajah sosok lawan seperti Tuanku Imam Bonjol atau Pangeran Diponegoro. Namun, bagi kebanyakan orang, terutama orang-orang Betawi, sosok yang satu ini juga memberikan sumbangsih besar terhadap perjuangan bangsa Indonesia. Dia adalah simbol dari lawan ketidakadilan yang sangat dikagumi pekerjaan mereka. Bahkan banyak referensi menyebutnya Robin Hood yang merampok orang kaya yang pelit dan kemudian berbagi dengan orang miskin.

Pitung diyakini bukan karakter fiksi, tapi benar-benar ada dan berhasil membuat Kumpeni kewalahan dengan tindakannya yang dingin. Gambar yang satu ini dikenal sangat ahli dalam seni bela diri, bahkan banyak cerita katanya juga anti peluru. Karena sangat merepotkan, Pitung menjadi buronan Belanda paling dicari. Pitung pernah tertangkap, tapi ia berhasil melarikan diri.

Lalu apa angka terjang neraka yang banyak diceritakan melalui pertunjukan dan drama? Simak ulasannya di bawah ini di 5 fakta sangar si pitung bagi belanda dimasa penjajahan.

Siapakah Pitung dan di Mana Ia Dibesarkan?

lensaterkini.web.id - Diceritakan dalam banyak buku, Pitung dikatakan berasal dari desa Rawabelong, Jakarta Barat. Ayah dan ibunya Bang Piung Mpok Inah. Pitung kecil menghabiskan waktunya seperti anak laki-laki lainnya. Dia juga menerima pendidikan melalui nyantri ke bernama Kyai Haji Naipin sering disebutkan sebagai penjual kambing.

Pitung tidak benar-benar nama, tapi nama panggilan. Pitung nama asli Salihun atau dalam versi lain sering disebut Salihoen. Nah, atas nama Pitung, diduga berasal dari Pemasangan bahasa Sunda yang berarti bantuan atau penolong. Tidak ada penjelasan rinci mengapa Salihun bisa mendapatkan nama ini. Namun, dilihat dari signifikansi tampaknya ia memang seorang penolong sejati. Sampai akhirnya tersematkanlah nama Pitung.

Kehebatan Pitung yang Bikin Serdadu Belanda Menyerah

Pitung adalah seorang ahli seni bela diri. Dikatakan, selain belajar ilmu agama untuk Haji Naipin, guru juga memberikan keterampilan seni bela diri mereka. Akibatnya, ada Pitung seperti yang kita tahu. Tidak hanya itu, Pitung juga dikatakan tokoh mandraguna kuat. Salah satu kemampuan tidak mati. Dikatakan bahwa mukjizat ini disebut Rawa Rontek.

Sihir dan ahli seni bela diri, eksistensi praktis membuat masalah Pitung Belanda. Selain itu Pitung tegas dikatakan melawan Belanda sampai kematian. Sudah berkali-kali ia mengalami kesulitan dengan tindakannya pemerintah Belanda. tentara Belanda sebagian besar akan frustrasi dan ketakutan bahwa mendapatkan perintah untuk menangkap atau menundukkan Pitung. Karena tokoh-tokoh besar yang satu ini.

Pitung Ternyata Memiliki Kelemahan

lensaterkini.web.id - Dikatakan dalam banyak sejarah, Pitung adalah tokoh kuat, tetapi juga memiliki banyak kelemahan. Ada berbagai versi tentang kelemahan pahlawan Betawi ini. Pertama, dia tidak kebal terhadap peluru dari emas. Ya, Pitung adalah orang yang tidak mati dengan mudah, bahkan ketika peluru menembus tubuhnya, ia berulang kali akan naik. Namun, ketika peluru yang digunakan terbuat dari emas, Pitung akan segera runtuh.

Versi lain mengatakan bahwa itu adalah kelemahan Pitung rambut. Ya, ketika rambutnya dipotong dengan paksa, akan kehilangan kekuasaannya Pitung. Selain versi kedua ini, dalam literatur lain disebutkan bahwa Pitung memiliki semacam jimat keris di mana ketika ini diambil itu akan langsung lemas.

Kematian Si Pitung Karena Pengkhianatan Teman

Pitung dikatakan telah ditangkap oleh Belanda. Namun, karena kekuasaannya, ia berhasil melarikan diri. Beberapa mengatakan Pitung kabur dengan menggunakan kekuasaan, tetapi beberapa orang mengatakan jika ia telah dibantu oleh seseorang. Setelah dari penjara ini, kehilangan Pitung bak menelan Bumi. Tapi aksinya masih bisa dibilang membuat helm Belanda.

Pitung diketahui bersembunyi di tempat yang tidak diketahui oleh siapa pun. Namun, sayangnya Belanda perlahan-lahan mulai mengendus keberadaan pahlawan. Dalam babak ini, maka kita diberitahu bahwa salah satu temannya Pitung, membelot untuk mengatakan di mana tempat persembunyiannya. Hingga akhirnya, Pitung dikejar dan ditembak mati kelemahan peluru emas.

Pitung Sudah Mati Namun Belanda Masih Takut

lensaterkini.web.id - Setelah kematian Pitung, Belanda belum benar-benar merasa aman. pengaruh yang besar membuat mereka takut bahwa akan menyebabkan reaksi keras dari banyak orang. Sampai akhirnya Belanda menyembunyikan di mana pahlawan dimakamkan.

Ada yang mengatakan bahwa tubuh Pitung dibelah dua dan kemudian tubuhnya dimakamkan di tempat yang berbeda. Tahu kenapa? Ya, jangan lupa ketika Swamp Rontek Pitung memiliki pengetahuan yang bisa membuatnya hidup kembali bahkan setelah dikubur sekalipun. Terlepas dari semua ini, itu jelas ketika Indonesia kehilangan seorang tokoh penting dalam perjuangan melawan kolonialisme Belanda.

Ini adalah kisah Pitung sosok legenda yang membuat Indonesia pekerjaan mereka, terutama Betawi Bangga. Cerita Pitung ini memiliki beberapa kali cerita menginspirasi banyak sineas Indonesia. Tercatat ada lima bertema karya film Pitung. Salah satunya adalah Pitung dibuat pada 1970-an.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Tag : Fakta
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola