5 Fakta Koruptor Tergila Edi Tansil Yang Berhasil Lolos

Korupsi yang merajalela di Indonesia tidak hanya terjadi dalam beberapa tahun terakhir, tetapi memiliki untuk waktu yang lama. Presiden Soeharto misalnya. tokoh pengganti Bung Karno menurut Desas-desusnya korupsi seperti gila meskipun tidak pernah ada bukti dan dokumentasi. The Smiling General tidak pernah dituntut karena kasus ini.

Tidak hanya mantan Presiden Soeharto, tokoh masa lalu, juga dikenal sebagai tindakan gila-korupsi Edi Tansil. Nama legendaris meskipun yang terakhir sudah mulai dilupakan. Dia dituduh jumlah gila korupsi tidak bercanda banyak. Dipenjarakan sebentar, Edi berhasil melarikan diri dan sekarang hilang di bumi seperti kehadiran.

Beberapa waktu lalu, pemerintah ingin menaikkan penyelidikan kakap lanjut paling korup sepanjang masa di Indonesia. Sayangnya, sampai hari ini tidak ada lagi echo-gema kasus ini akan dibuka kembali. Dan di sini adalah fakta-fakta tentang korupsi Edi Tansil licin. Mari simak ulasan dari 5 fakta seputar edi tansil, koruptor paling gila yang berhasil lolos.

Siapakah Sebenarnya Edi Tansil?

lensaterkini.web.id - Kembali ke tahun 90-an, nama Edi Tansil dikenal sebagai pengusaha sukses dan dihormati. Dia adalah presiden dari Golden Key Group, sebuah perusahaan yang bergerak konsentrasi keuangan. Ia juga disebut-sebut sebagai salah satu pemimpin bank yang paling terkenal pada saat itu, yaitu Bapindo.

Bisnis Edi Tansil bisa dibilang cukup jumawa pada waktu itu. Sosoknya sendiri dianggap salah satu pengusaha atu paling kredibel di Indonesia. Salah satu bukti adalah kepercayaan Bapindo meminjamkan sangat, sangat besar kepada perusahaan. Sayangnya, ini justru ACC utang akhirnya membawa bencana bagi negara.

Korupsi Gila Edi Tansil Terbesar Dalam Sejarah

Bapindo memberikan kredit kepada Edi Tansil melalui Golden Key Grup sebanyak $ 565.000.000 atau setara dengan Rp 1,5 triliun. Jumlah ini sangat besar terutama dengan nilai tukar dolar saat ini relatif kecil bila dibandingkan dengan hari ini. Pada tahun 1996 dolar bernilai USD 2.200an.

Misalkan diubah menjadi nilai saat ini, maka utang bisa Edi sekitar Rp 10 triliun! Ini adalah rekor paling gila yang pernah membuat siapa pun dalam sejarah Indonesia kecuali orang Cina. Sayangnya, meskipun jumlahnya benar-benar fantastis, Edi tertangkap akan mendapatkan uang ini hanya dijerat hukuman 20 tahun penjara.

Edi Tansil Berhasil Lolos dari Cipinang

lensaterkini.web.id - Edi Tansil terbukti korup finansial dan pengadilan berhasil diadili. Keputusan akhir, Edi Tansil dikenakan 20 tahun penjara, denda Rp 30 juta, membayar ganti rugi sebesar Rp 500 miliar, serta mengganti kerugian negara sebesar Rp 1,3 triliun. Cipinang menjadi tahanan Edi kemudian.

Berhasil memenjarakan ikan besar yang korup adalah prestasi yang luar biasa. Sayangnya, ini tidak berlangsung lama. Karena, tak lama setelah Edi ditangkap, ia berhasil melarikan diri. dugaan kuat ada orang yang membantu penjara kelas korup lolos. Namun, beberapa tidak yakin jika Eddie telah melarikan diri karena kemampuannya sendiri. Melarikan diri dari penjara, Edi menghilang secara misterius. Kabar terakhir mengatakan dia tinggal di Cina dengan istri dan anaknya.

Nama Edi Tansil Mencuat Setelah Belasan Tahun

Pada tahun 2013 nama Edi Tansil reappraised. Menurut rencana, pemerintah akan membuka kembali penyelidikan kasus ini. Ini peregangan lagi ketika pemerintah mendapat kabar pasti tentang Edi Tansil yang positif di Cina.

Edi dikenal sebagai pengusaha sukses yang cukup bir. Bahkan dalam pikiran, pangsa pasar produk telah mencapai internasional. Edi dalam perburuan, pemerintah mengajukan permintaan ekstradisi kepada para pejabat China. Entah bagaimana, sampai hari ini tidak pernah ada tanggapan. Meskipun pemerintah berjanji alias mencari langkah lain.

Gagal Mengusut Edi Tansil Jadi Salah Satu Aib Terbesar Indonesia

lensaterkini.web.id - Berita pembelotan Edi Tansil telah menjadi headline besar pada saat itu. Bahkan media asing juga tidak ketinggalan untuk menyorot Indonesia. Ketika pemerintah mengatakan akan menyelidiki kasus ini secara menyeluruh. Namun, hingga bertahun-tahun kemudian itu tidak pernah jelas bagaimana kemajuan kasus.

1996 bisa dibilang pergolakan besar di Indonesia. Pada saat itu, siswa mulai berpidato membuat telinga pemerintah panas. Hal ini tampaknya juga mempengaruhi fokus pemerintah pada kasus Edi Tansil yang sama pentingnya. Puncaknya, pada tahun 1998, Indonesia mengalami krisis yang luar biasa. stabilitas nasional sangat terganggu pada saat itu, sebagai akibatnya, kasus Edi tenggelam.

Ini adalah sosok Edi Tansil, penjahat paling jahat dalam sejarah Indonesia. Sangar bukan hanya karena jumlah banyak korupsi yang luar biasa, tetapi juga cekatan Edi melarikan diri dari penjara dan melarikan diri di suatu tempat. Untungnya Indonesia kini memiliki Komisi yang tampaknya memiliki sangat baik-baik saja untuk mengatasi korupsi. Mudah-mudahan aksi gila ini tidak pernah ada lagi, biar negara tidak lagi menderita kerugian besar yang tidak berbuah apapun.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola