5 Daerah Terkaya di Indonesia Justru Jadi Wilayah Super Miskin

Tidak mengungguli-unggulkan bangsa sendiri, tapi soal ekspresi jika Indonesia adalah sepotong surga yang jatuh ke bumi, itu adalah hal yang benar. Apa sih tidak kita miliki di tanah yang kaya ini? SEMUA yang kita miliki! Emas, uranium, sampai hewan paling langka ada di sini. Tapi Indonesia seperti semut akan lapar di tengah gula. Sangat kaya tetapi banyak penduduk miskin.

Berdasarkan data yang dilansir CBS tahun lalu jumlah orang miskin di Indonesia meningkat menjadi 28.590.000 setelah sebelumnya berada di nomor 27720000. Bukan kesalahan siapa pun, itu adalah buah dari ketidakmampuan kita mengurangi kemiskinan. Namun, hal yang membuat angka ini berubah sangat menyedihkan adalah fakta bahwa jutaan orang miskin ternyata tinggal di daerah yang kaya.

Seolah-olah meninggalkan tanda tanya besar pula, tapi itu fakta yang terjadi sekarang. Berikut adalah daftar daerah kaya tapi miskin dilansir Laporan Sosial Ekonomi Januari 2016 BPS. Mari simak ulasan dari 5 daerah kaya yang ternyata berpenduduk miskin.

Papua, Sangat Kaya Tapi Jadi yang Termiskin

lensaterkini.web.id - Dibandingkan dengan semua provinsi di Indonesia, Papua bisa dibilang terkaya. Alasannya jelas karena di negeri ini ada jumlah emas-emas nomor karuan berkualitas tinggi. Bahkan jika semua orang dibagi menjadi Indonesia, setiap jiwa akan mendapatkan sekitar 5 kilogram. Tapi, sayangnya, apa yang terjadi adalah sebaliknya. Papua kaya, tapi begitu adalah wilayah paling miskin di Indonesia.

Pada awal tahun ini jumlah orang miskin di sini mencapai 28,40 persen dari total penduduk 2,8 juta orang. Persentase ini merupakan yang terbesar di Indonesia. Sebenarnya, apa yang membuat Papua daerah begitu miskin, tetapi sangat kaya? Ya, saya pikir kami sudah sama-sama tahu mengapa. Papua memang memiliki tambang emas gila, sayangnya, semua hasil tambang ini hanya tidak lari ke Papua sendiri tapi di luar negeri. Merasa sedih melihat nasib senegara Anda seperti itu.

Papua Barat, Daerah Nomor Dua Paling Miskin

Tidak jauh berbeda dari Papua super-kaya tapi banyak penduduk miskin, tetangga mereka, Papua Barat juga mengalami nasib yang tak kalah mirisnya. Provinsi ini adalah termiskin nomor dua dengan sekitar 25,73 persen penduduk tidak mampu. Jumlah ini sangat banyak mengingat populasi Papua Barat hanya 760 ribu jiwa.

Papua Barat sebenarnya tidak miskin, meskipun tidak dihuni oleh emas, tanah mengandung banyak kekayaan yang berharga. Mulai dari LNG, karet, kelapa up. Jangan lupa juga di sini ada Raja Ampat sehingga harta yang paling berharga dari Indonesia Timur. Aku ingin tahu apa alasan latar belakang mengapa daerah ini menjadi miskin, tetapi mereka memiliki banyak hal.

Nusa Tenggara Timur, Kaya Melimpah Tapi Miskin

lensaterkini.web.id - Stigma yang melekat pada daerah yang sudah miskin lama Nusa Tenggara Timur. Malnutrisi, sekolah dasar, tingkat pengangguran yang tinggi adalah pemandangan umum di sini. Sedih tentu saja, tapi Nusa Tenggara Timur tidak bercanda kaya.

Pertama mereka punya keanekaragaman hayati yang melimpah termasuk Pulau Komodo adalah satu-satunya di dunia, belum lagi tambang hasil yang lumayan mulai dari bijih besi, dan berbagai jenis batuan, dan yang tidak boleh dilewatkan perkebunan, peternakan, dan perikanan yang berlimpah, Sayangnya, tingkat kemiskinan di sini mencapai 22,58 persen.

Maluku, Surga Rempah yang Miskin

Portugis menggeleng, mengetahui bagaimana kaya akan Maluku rempah-rempah. Akibatnya, daerah ini menjadi buah bibir. Belum lagi laut dan alam yang sangat memanjakan mata, yang lebih lengkap kesan Maluku kaya dan indah. Sayangnya, sekarang berbalik 180 derajat.

Maluku kaya itu berubah menjadi salah satu daerah termiskin di Indonesia dengan persentase hingga 19,36 persen. Ada banyak alasan mengapa Maluku yang sekarang menjadi miskin, salah satunya mungkin karena banyak konflik yang terjadi di sini lama. Ya, seperti ini tentu mempengaruhi tingkat ekonomi mereka.

Gorontalo juga Jadi Daerah Termiskin

lensaterkini.web.id - Jarang terdengar, Gorontalo berubah menjadi jajaran daerah termiskin di Indonesia. 18, 16 persen dari jumlah penduduk miskin yang ada di sana. Sebenarnya ini adalah hal yang aneh mengingat potensi Gorontalo alam yang sangat besar.

Ya, daerah ini dikenal untuk menggila pertanian, jagung satu. Potensi jagung di sini adalah gila, sekali panen bisa mencapai penciptaan ribuan ton. Belum lagi potensi kelautan mereka yang juga sangat handal sebenarnya.

Ya sedih ketika keluar barisan daerah ini termasuk daerah termiskin di Indonesia. Potensi kekayaan alam yang luar biasa. Papua termasuk orang yang sangat kaya. Bagaimana bisa kekayaan alam daerah ini gila bisa menjadi miskin? Pertanyaan besar tampaknya telah sama-sama kita tahu jawabannya.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola