5 Cara Aman Rekam Gerhana Matahari Lewat SmartPhone Dengan Bagus

Pada artikel sebelumnya telah dibahas rekor bahaya dan melihat gerhana matahari melalui smartphone. Tapi jangan khawatir, Anda mungkin tidak dapat merekam, tapi urusan memotret hal yang berbeda.

Berbeda dengan catatan yang menuntut untuk terus rana terbuka, menembak hanya perlu shutter 'blink' sehingga cahaya yang kuat dari gerhana matahari tidak terlalu berbahaya bagi kamera.

Namun perlu diingat sekali lagi, gerhana matahari ini merupakan fenomena langka, berbahaya, dan cukup sulit untuk difoto apalagi menggunakan smartphone. Jadi ada beberapa tips yang perlu dilakukan untuk mendapatkan gambar terbaik dari gerhana matahari yang langka tanpa khawatir mata. Mari simak ulasan dari 5 tips yang aman foto gerhana matahari.

Lindungi Mata

lensaterkini.web.id - Ingat, jangan biarkan Demy beberapa foto untuk membuat mata menjadi rusak. Jadi sebelum menyiapkan kamera smartphone pertama yang harus menyiapkan kacamata khusus untuk melihat gerhana matahari.

Anda juga dapat mengatur teleskop khusus yang dilengkapi dengan filter untuk membantu mengarahkan kamera smartphone untuk sudut terbaik. Sekali lagi, meskipun harus memakai kacamata khusus, disarankan untuk tidak menatap langsung ke matahari untuk waktu yang lama.

Kenali kamera smartphone dan lokasi strategis

Smartphone berbeda dari kamera DSLR dengan lensa 'tele', jadi jangan berharap untuk memotret gerhana matahari Anda akan sangat jelas, dan matahari tampak hebat.

Oleh karena itu, Anda dapat mengakalinya dengan termasuk objek lain atau landscape dalam penembakan. Sehingga hasilnya menarik, bukan hanya lingkaran foto hitam kecil dengan cincin terang.

Ini adalah trik sederhana namun sering dilupakan. Meskipun suasana di sekitar selama gerhana matahari adalah obyek shooting yang tak kalah menarik. Spesifikasi kamera smartphone direkomendasikan saja yang memiliki zoom besar, dan yang terbaik adalah 12x kekuatan 5MP dan di atas. Jangan lupa untuk menambahkan filter gelap untuk melindungi sensor kamera dan mengurangi paparan cahaya untuk hasil kualitas gambar.

Jangan lupakan setingan kamera dan fitur foto menarik lain

lensaterkini.web.id - Untuk foto-foto terbaik, Anda perlu mengubah pengaturan ke mode manual dan mengurangi cahaya yang memasuki lensa dengan menaikkan ISO. ISO dapat diatur untuk 400 atau lebih untuk mendapatkan pencahayaan yang memadai.

Anda juga perlu mematikan flash fitur alias flash. Selain itu, mengatur zoom ke tingkat yang jauh tapi masih menghadiri benda di sekitarnya (juga untuk mencegah terlalu banyak kebisingan).

Berbicara tentang fitur kamera smartphone terbaru, Anda dapat mengambil keuntungan dari fitur time-lapse. Time-lapse fotografi adalah fitur yang memungkinkan satu set foto yang diambil dalam periode tertentu ke dalam sebuah video singkat. Fitur ini banyak digunakan untuk membuat video pendek termasuk sunrise sunset yang banyak diupload di Instagram

Sekarang, dengan fitur time-lapse, Anda dapat memungkinkan smartphone untuk menangkap proses gerhana untuk kemudian melihat. Mengingat fitur ini mengharuskan Anda meninggalkan smartphone menatap gerhana matahari dalam waktu yang lama, sebaiknya smartphone sudah di filter lensa untuk sensor kamera tidak rusak.

Siapkan perlengkapan tambahan dan waktu pemotretan

Dalam rangka untuk mendapatkan gambar terbaik dari gerhana, Anda harus menggunakan tripod. Dengan begitu gambar bisa lebih fokus dan anti-blur. Ketika kamera tidak dilengkapi dengan filter, tripod bisa berfungsi mengatur kamera pada sudut tertentu agar tidak menatap langsung ke matahari.

Setelah kamera smartphone selesai disetel dan lokasi telah ditentukan, saat pengambilan gambar juga diperlukan perhatian. Sedikit informasi, parsial gerhana matahari besok (GMS) mulai pukul 06:20 WIB, 07:25 WIB, dan 08:35 WIT. Adapun gerhana matahari total (RUPS) mulai satu jam kemudian (sama di tiga wilayah waktu Indonesia).

Terbaik surya Foto gerhana diambil ketika matahari adalah 85 persen tertutup. Sehingga Anda dapat mulai mengambil foto dimulai 20 menit setelah RUPS.

Informasi tambahan, gerhana matahari total hanya dapat dilihat di beberapa kota besar, seperti Palembang, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, dan Ternate. Adapun wilayah Sumatera Utara, Jawa, Bali, dan Papua, hanya bisa menonton parsial gerhana matahari.

Bagaimana soal selfie

lensaterkini.web.id - Nama yang difoto dengan smartphone, tentu tidak bisa lepas dari nama selfie. Nah, jika Anda harus Selfie selfie ingat ketika kita kembali ke matahari. Otomatis, fotografi tindakan ini bisa dibilang paling aman dilakukan selama gerhana matahari.

Karena kamera depan juga mengancam selama gerhana, Anda tidak harus mengambil terlalu banyak tindakan selfie. Atau untuk lebih aman, Anda juga harus menambahkan filter tambahan atau lensa dengan filter pada kamera selfie. Yang penting, tak lama setelah selfie tidak harus melihat kembali.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola