5 Alat Kecantikan Orang Dulu Yang Tampak Konyol Jika Dipakai

Yang namanya wanita, pasti selalu ingin tampil cantik dan sedap dipandang. Oleh sebab itu, berbagai usaha pun dilakoni, mulai dari pemakaian kosmetik, diet untuk menjaga kelangsingan tubuh dan juga kunjungan rutin ke salon yang bisa dipastikan akan sangat menguras kantong si empunya.

Fenomena ini adalah sesuatu yang sangat wajar, karena faktanya, banyak sekali tips kecantikan yang beredar luas dan diyakini berasal dari resep turun-temurun di masa lalu. Salah satu contohnya adalah, di abad ke 17 dan 18, agar dianggap memenuhi syarat untuk hadir di pesta kerajaan, para wanita bangsawan muda sudah mulai mempersiapkan diri secara fisik setidaknya 12 bulan sebelum acara!

Dari zaman ke zaman, trend dan prosedur kecantikan pun mengalami perubahan secara berangsur-angsur. Dengan lahirnya era teknologi dan modernisasi, banyak penemuan alat-alat kecantikan yang diciptakan untuk mendukung penampilan para wanita secara maksimal. Yang paling menonjol adalah saat periode Golden Era di Hollywood.

Tingginya permintaan pasar dan tuntutan kebutuhan para aktris yang harus selalu terlihat apik di depan kamera membuat peralatan kecantikan berikut ini hadir ke dunia. Tapi, alih-alih membuat pemakainya tampak menawan, benda-benda ini justru terlihat aneh dan konyol, bahkan ada juga yang berkesan seram. Mari simak ulasan dari 5 peralatan kecantikan zaman dulu yang paling konyol.

Mesin Pengeriting Rambut Kuno

[lensaterkini.web.id] - Bosan dengan rambut lurus dan ingin berganti gaya dengan rambut keriting? Tidak perlu repot, karena anda bisa melangkah ke salon terdekat, atau bahkan melakukannya sendiri di rumah jika memang punya alat yang tepat. Prosesnya juga biasanya tidak sampai memakan waktu yang lama. Tapi, jika anda terlahir sebagai kaum hawa di era 1930-an, hanya mesin ini pilihan satu-satunya bagi anda untuk mendapatkan rambut keriting yang diidamkan.

Mesin ini diciptakan oleh Francois Marcel, seorang penata rambut berkebangsaan Perancis. Terdiri dari penjepit-penjepit berbahan plat besi dalam berbagai ukuran yang dipanaskan, dan hanya boleh dilakukan oleh operator yang sudah ahli. Mengapa? Karena mesin yang belum dilengkapi dengan pengukur suhu yang tepat ini dapat membakar rambut pelanggan jika dinyalakan dalam kondisi yang terlalu panas! Duh, kok seram ya? Selain terdengar berbahaya, tampilan kabel-kabel rol penggulung yang bergelantungan itu juga membuat para wanita itu seolah berada dalam suatu eksperimen gila.

Helm Wajah ‘Beauty Calibrator’

Disebut juga sebagai Beauty Micrometer, helm ini berguna untuk menunjukkan rasio yang paling pas antara kontur wajah dan kepala seseorang. Sehingga pemakainya dapat memoles riasan yang paling sesuai untuk menonjolkan kesan proporsional di wajahnya, seperti yang tertulis pada foto di bawah ini. Wajah seorang wanita dianggap ideal jika panjang hidung sama dengan tinggi permukaan dahi, dan jarak kedua mata hanya terpisah sebesar ukuran satu buah kelopak mata.

Penciptanya, seorang ahli kosmetik bernama Max Factor, memperkenalkan temuannya pada 1933. Ia berharap agar semua salon di seluruh dunia dapat memanfaatkan alat tersebut, tapi rencananya itu tidak pernah terwujud. Meskipun katanya alat ini tidak menyakitkan saat dipakai, tetap saja seram rasanya saat melihat gambar di atas, karena helm tersebut mirip dengan alat penyiksaan yang ada di zaman perang.

Alat Pembuat Lesung Pipi (Dimple Machine)

[lensaterkini.web.id] - Harus diakui, lesung pipi memang menjadi salah satu faktor yang membuat wajah seseorang tampak lebih menarik. Bahkan Supermodel sekelas Miranda Kerr juga menjadi populer berkat lesung pipi yang menjadi ciri khasnya itu. Sayangnya, tidak semua orang memiliki fitur tersebut di wajah mereka. Untuk mengatasi masalah tersebut, seorang wanita bernama Isabella Gilbert dari New York pun menciptakan alat pembuat lesung pipi di tahun 1936.

Alat ini memiliki mekanisme sederhana, bentuknya hanya berupa kawat besi yang disesuaikan dengan bentuk wajah pemakainya. Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan dua kenop kecil yang menekan kedua pipi supaya nantinya lesung pipi akan terbentuk sendiri. Cara penggunaannya memang tidak terdengar berbahaya, tapi hasil studi dari Asosiasi Medis Amerika malah menunjukkan bahwa alat ini sama sekali tidak berfungsi. Malahan jika dipakai dalam jangka waktu lama justru dapat memicu kanker. Masih berani untuk memakai alat ini hanya demi sepasang lesung pipi saja?

Jubah Anti Matahari (Freckleproof Cape)

Berjemur di pantai memang menyenangkan, tapi sengatan sinar ultra violet yang berlebih bukanlah sesuatu yang baik untuk kesehatan kulit kaum wanita. Solusi untuk mengantisipasi hal tersebut yang jelas bukanlah lotion anti matahari. Karena pada masa perang dunia, perkembangan kosmetik masih belum terlalu mutakhir. Lalu apa dong? Lihat saja gambar di bawah ini untuk mengetahui jawabannya.

Freckleproof Cape, atau jubah anti matahari, diciptakan supaya para wanita dapat menikmati berjemur di bawah sinar matahari tanpa rasa takut. Kulit orang-orang Kaukasia pada umumnya memang lebih sensitif jika tersengat matahari. Hal itu dapat menimbulkan reaksi munculnya freckles yang membuat kulit mereka jadi kurang mulus karenanya.

Jubah ini terbuat dari bahan bermotif bintik-bintik dengan tudung yang juga dilengkapi dengan kacamata hitam di dalamnya. Usahanya boleh juga sih, tapi kalau kakinya juga tidak ikut ditutup, sepertinya pemakaiannya jadi sia-sia saja. Belum lagi bentuk jubah ini membuat pemakainya terlihat seperti hantu yang biasanya muncul dalam perayaan Halloween.

Masker ‘Hangover Heaven’

[lensaterkini.web.id] - Sebagai ahli kosmetik yang inovatif di zamannya, Max Factor selalu hadir dengan penemuan-penemuan unik yang berfungsi untuk mendukung proses kecantikan. Seperti halnya dengan Beauty Calibrator, alat ciptaannya ini juga memiliki visualisasi yang tidak biasa dan sanggup membuat siapa pun jadi menganga saat melihatnya.

Benda ini adalah masker dengan balok-balok es yang terbuat dari plastik dan dapat diisi dengan air. Jika ingin dipakai, masker ini harus didinginkan di lemari es terlebih dahulu. Meskipun wujudnya aneh, ternyata banyak bintang film Hollywood di tahun 1940-an yang suka memakai masker ini. Alasannya karena, sesuai dengan nama masker ini yang berarti ‘Surga Hangover’. Benda ini membuat pemakainya merasa lebih segar ketika digunakan keesokan harinya, setelah di malam sebelumnya mereka terlalu banyak minum hingga pusing. Hmm, pantas saja ya. Benda ini memang cocok untuk para pesohor Hollywood yang terkenal suka berpesta pora.

Untuk menjadi cantik, memang butuh proses yang tidak instan. Oleh karena itu sebagai generasi modern kita wajib mensyukuri perkembangan teknologi yang lebih memudahkan kita dalam mencapai penampilan ideal. Tapi jangan lupa, kecantikan fisik juga harus diimbangi dengan sifat yang baik pula. Karena karakter seseorang jauh lebih penting dan tidak hanya terbatas pada rupanya saja.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola