4 Seniman Hebat Indonesia Yang Karyanya Diakui Dunia

Sebagai orang Indonesia, kita benar bangga negara ini. Oleh karena itu, Indonesia telah dianugerahi dengan banyak berkat Tuhan. Mulai dari sumber daya alam yang melimpah, hingga jumlah jenius dan orang-orang berbakat yang lahir di Bumi Pertiwi.

Berbicara tentang seni, Indonesia juga bisa dianggap sebagai gudang seniman berbakat. Dan banyak dari mereka yang bekerja sering menyebar ke seluruh dunia atau bahkan di negara yang berbeda. Ingin tahu? Nah, di sini adalah empat seniman Indonesia yang karyanya di seluruh dunia.

Affandi

lensaterkini.web.id - Pria yang memiliki nama lengkap dikenal sebagai salah satu master seni lukis di Indonesia Koesoema Affandi. Bahkan, banyak panggilan sebagai pelukis Indonesia yang paling terkenal di dunia. Hal ini karena Affandi dianggap membawa gaya baru dalam abstrak ekspresionisme atau. Tapi sebelum akhirnya menjadi pelukis besar Affandi, dia melakukan segala macam pekerjaan yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan seni.

Pelukis yang meninggal pada tahun 1990 telah bekerja sebagai tukang sobek tiket, bioskop pembuat gambar reklame, dan juga guru. Tapi semua pekerjaan yang lama mereka lakukan, karena Affandi menyadari bahwa lukisan itu panggilannya. Karena itu, ia kemudian bergabung dengan sebuah lukisan kelompok.

Sepanjang hidupnya, Affandi tercatat telah menghasilkan lebih dari 2.000 lukisan. Dan semua karya telah dipamerkan di seluruh dunia. Menariknya, meski dikenal sebagai pelukis Affandi yang sangat berbakat, dia mengaku tidak suka membaca teori-teori belajar jauh lebih sedikit lukisan rumit. Bahkan, ayah dari dua anak ini sering disebut dirinya sebagai kerbau pelukis. Ya, Affandi sering merasa bahwa ia adalah seorang pelukis bodoh, sehingga julukan kerbau dianggap cocok untuk menggambarkan kepribadiannya.

I Nyoman Nuarta

Tidak pernah bermain dengan patung Garuda Wisnu Kencana di Bali? Nah, inilah sosok penting di balik kemegahan patung. I Nyoman Nuarta dikenal sebagai salah satu pematung terkenal di Indonesia. Selama karirnya, ia telah menghasilkan lebih dari seratus karya patung.

I Nyoman Nuarta juga sering mengikuti berbagai pameran internasional untuk menampilkan karya-karyanya. Minatnya pada patung mulai tumbuh ketika ia dididik oleh pamannya, Ketut Susila Dharma. Paman saat itu seorang guru seni.

Untuk lebih mengasah bakatnya, I Nyoman Nuarta memutuskan untuk menghadiri ITB dan mengambil jurusan seni rupa. Namun, karena ia merasa gairah tidak di dalamnya, pria kelahiran tahun 1951 itu kemudian memilih untuk pindah ke jurusan patung. Namanya mulai naik ketika memenangkan Sculpture Contest memproklamasikan Republik Indonesia.

Gregorius Sidharta

lensaterkini.web.id - Pria yang memiliki nama lengkap Gregorius Sidharta Soegijo ini adalah salah satu pematung terkenal dari Indonesia. Namanya mulai dikenal ketika karya patung berjudul Menangis Dewi Dewi menarik perhatian publik. Sekarang pekerjaan telah menjadi koleksi museum di Jepang.

Tak jarang, Sidharta juga menggunakan media konvensional dalam menciptakan patung. Hal ini juga menjadi salah satu daya tarik dari karyanya. Tidak heran pematung yang meninggal pada tahun 2006, sering diundang untuk membuka pameran di berbagai negara. Menjelang kematian, Siddhartha telah merilis karya terbarunya dalam bentuk salib. Pekerjaan itu berjudul Salib 2006.

Basuki Abdullah

Serta Affandi, Basuki Abdullah, juga dikenal sebagai maestro seni lukis Indonesia. Namun, aliran yang dianut oleh pria kelahiran 1915 yang realis dan naturalis. Sementara dikenal sebagai pelukis Affandi yang menganut aliran atau abstrak ekspresionisme. Seperti kata pepatah, buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Bakat melukis yang dimiliki oleh Basuki diwarisi dari ayahnya, Abdullah Suriosubroto, yang juga dikenal sebagai pelukis dan penari.

Ketika ia berusia 4 tahun, Basuki bahkan pernah menyukai menggambar. Dia biasanya menarik tokoh seperti Mahatma Gandhi, Rabindranath Tagore, dan banyak lagi. Bakatnya terasah ketika ia mendapat kesempatan untuk belajar seni lukis di Den Haag, Belanda. Namanya kemudian meroket setelah ia memenangkan kontes lukisan yang dibuat oleh Ratu Juliana. Pada saat itu, pria yang meninggal pada tahun 1993 itu berhasil mengalahkan 87 pelukis Eropa.

Prestasi kerja begitu banyak, karena Basuki sering terlibat dalam berbagai pameran di luar negeri, pada tahun 1974 ia diangkat sebagai pelukis di Istana Kepresidenan. Karya-karyanya masih dapat ditemukan di istana negara.

Mereka semua seniman besar yang lahir di Indonesia. Dan berkat kerja mereka, nama ibu pertiwi menjadi harum internasional. Jadi, bagi Anda yang memiliki gairah dalam seni, jangan menyerah ya. Yuk, mengasah bakatnya agar seperti maestro di atas.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola