10 Gunung Merapi Aktif di Dasar Laut Berbagai Belahan Dunia

Mauna Kea di Hawaii atau Gunung Putih merupakan gunung tertinggi di dunia di bawah laut dengan ketinggian hingga 16.400 meter dari dasar laut ke atas. Rantai terpanjang gunung berapi di dunia, dengan panjang 2.400 km, juga ada di pulau-pulau.

Saat ini ada sekitar 5.000 Gubug dikenal gunung berapi aktif di bawah laut di seluruh dunia, dan keberadaannya sangat mengangumkan. Namun di antara gunung-gunung, berikut 10 Gunung merapi dibawah laut yang ada di seluruh dunia.

Molokini Crater, Hawaii

lensaterkini.web.id - Hal ini membuat ketinggian gunung setengah puncak membengkak di permukaan laut dan membentuk bulan sabit. Daerah di sekitar gunung sangat populer di kalangan penyelam dan habitat yang kaya bagi burung laut.

Morro Rock, California

Gunung ini adalah salah satu dari rangkaian gunung berapi yang dikenal sebagai Sembilan suster dan terbentuk sekitar 20 juta tahun yang lalu.

Surtsey, Islandia

lensaterkini.web.id - Kadang-kadang letusan gunung berapi bawah laut membentuk pulau-pulau baru di atasnya. Itulah yang terjadi pada Surtsey. Pada tahun 1963, gunung meletus dan pulau-pulau baru terbentuk di atasnya.

Eldfell Volcano, Islandia

Islandia adalah negara yang kaya akan gunung berapi bawah laut, dan mayoritas gunung-gunung di negara ini tergolong aktif. Kebanyakan letusan besar terjadi pada tahun 1973, ketika gunung lava ditutupi Pelabuhan Helmaey.

Iwo Jima, Jepang

lensaterkini.web.id - Gunung ini terletak di dekat Pulai Iwo Jima, di laut Pasifik. Gunung ini telah meletus pada tahun 2005.

Brother Volcano, Selandia Baru

Darui diagram tiga dimensi gunung adalah bagian dari gunung berapi aktif Karmadec Arc. Ini adalah 1.850 meter di bawah permukaan laut. Ada kawah besar dengan kedalaman 300-500 meter.

Healy Volcano, Kermadec Ridge

lensaterkini.web.id - Ini adalah gunung berapi besar lainnya di Kermadec Ridge, yang terletak sekitar 400 km dari Selandia Baru.

NW-Rota 1, Jepang

Pada tanggal 29 April 2006, gunung meletus dan lava merah meletus dari kawah NW-Rota Pit di kedalaman 560 meter di bawah laut. Foto ini diambil dari kapal selam Jason II.

Kick 'Em Jenny, Grenada

lensaterkini.web.id - Gunung ini terletak dekitar 8 km dari Grenada dan termasuk gunung berapi aktif di Laut Karibia. Gunung berapi ini pertama meletus pada tahun 1939 dan terakhir pada tahun 2001.

Bransfield Strait, Antartika

Meskipun selalu tertutup salju, toko rantai Antartika dari gunung berapi di dasar laut dan sebagian besar masih aktif. Salah satunya adalah Selat Bransfield yang puncak menyembul di permukaan laut.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola