8 Pembalap Indonesia yang Harumkan Nama Bangsa Dalam Kancah Balap International

Selain orang-orang pintar yang memiliki prestasi gemilang sampai dengan produknya dilirik banyak negara di dunia, Indonesia juga mempunyai anak-anak bangsa yang mengharumkan nama negara melalui keberhasilannya dalam dunia olahraga.

Mungkin selama ini Indonesia hanya dikenal sebagai negara yang memiliki ‘jagoan’ dalam hal bulutangkis saja, namun dalam bidang lain, ternyata ada beberapa anak bangsa yang juga torehkan prestasi dalam dunia otomotif. Berikut ini beberapa anak bangsa yang berprestasi dalam dunia balap. Mari simak ulasan dari 8 pembalap tanah air yang harumkan nama bangsa indonesia.

Muchlis Adis Setiawan

Muchlis Adis Setiawan adalah salah satu deretan pebalap motor dengan medan ekstrem. Pria muda satu ini memiliki pengalaman dalam berbagai kejuaraan internasional dan pernah menduduki peringkat 6 dalam suatu pertandingan motor cross yang dihelat di Korea Selatan beberapa waktu lalu.

Hingga kini, banyak target yang ingin dicapainya untuk terus berkiprah dalam dunia balap dan terus mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Alexandra Asmasoebrata

Di dunia balap gokart, ada salah satu pebalap nasional wanita yang memiliki jam terbang tinggi dan sudah menembus persaingan dunia balap gokart internasional, bernama Alexandra Asmasoebrata. Bahkan kepiawaiannya di belakang kemudi ini mendapatkan penghargaan sebagai pebalap perempuan pertama Indonesia oleh MURI.

Prestasi yang pernah dia raih antara lain juara satu di National Kart Championship 2002, juara satu di National Kart Championship 2005, peringkat 13 di World Championship Junior 2005 dan juara satu di China Formula Campus Asian Division.

Perdana Putra Minang

Masih di dunia balap gokart, satu lagi putra bangsa yang pernah menjajal kerasnya persaingan di lingkup internasional, yaitu Perdana Putra Minang. Pria ini banyak memiliki prestasi dalam dunia balap gokart, baik untuk tingkat nasional sampai internasional.

Beberapa prestasi yang diraih oleh Perdana Putra Minang, antara lain juara III AKOC 2011 di Macau, Hong Kong, juara II Copa Trofeo Griffone di Napoli, Italia sampai dengan juara II Rotax Invitational Race 2012 di Malaysia.

Rifat Sungkar

Mungkin dapat dikatakan bahwa Rifat Sungkar adalah salah satu pebalap legendaris di Indonesia. Karena beberapa kali ia berhasil membawa nama Indonesia di pentas dunia dengan menunjukkan kepiawaiannya mengemudikan kendaraan balap.

Pereli yang terkenal sejak menjuarai Kejurnas Reli di tahun 2005 itu terus berkiprah dan menorehkan prestasi di berbagai ajang kejuaraan. Bahkan dia juga mendapatkan medali Satya Lencana Prima Krida Pratama sebagai atlet Indonesia terbaik untuk cabang reli dari mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono.

Rio Haryanto

Di usianya yang masih tergolong muda, Rio Haryanto berhasil membawa harum nama Indonesia di kancah internasional karena keberhasilannya menjuarai berbagai macam kejuaraan balap mobil di berbagai negara.

Bahkan kabarnya, kini Rio Haryanto sudah mencapai kesepakatan untuk bergabung dengan salah satu tim Formula One dari luar negeri. Tanpa disangka, bermula dari pebalap gokart, akhirnya keinginan Rio untuk berada di belakang kemudi mobil Formula One dapat tercapai.

Muhamad Sean Ricardo Galael

Tidak hanya Rio Haryanto saja yang berkiprah dalam dunia balap jet darat, ada juga satu pebalap lain dari Indonesia yang turut mengharumkan nama bangsa di kancah internasional, yaitu Muhamad Sean Ricardo Galael atau Seal Galael.

Torehan paling baru yang didapatkan Sean adalah berhasil menjuarai kejuaraan Asian Le Mans Series putaran ketiga. Diharapkan kiprahnya dalam dunia balap ditambah dengan usianya yang masih sangat muda dapat terus menorehkan berbagai prestasi sampai dengan mencapai tingkatan yang lebih tinggi di dunia balap.

Ahmad Yudhistira

Siapa sangka pebalap asal Kalimantan Selatan, Ahmad Yudhistira, ini berhasil menjadi menduduki 3 besar di ajang Kejuaraan Balap Motor Asia (AARC) 2015. Untuk kelas supersport 600 cc. Pebalap muda yang berada di bawah bendera Kawasaki Manual Tech ini, kabarnya juga dilirik oleh tim besar lainnya, yaitu Astra Honda Racing Team. Sayangnya berita mengenai hal ini masih simpang siur.

Selain prestasi berupa finish di urutan atas, banyak yang memuji aksinya waktu ikut kejuaraan di Chang International Circuit, Buriram, Thailand, karena mendorong motornya hingga garis akhir. Impian terbesarnya adalah tampil di ajang MotoGp yang kabarnya akan digelar di Indonesia pada tahun 2017 nanti.

Dimas Ekky Pratama

Salah satu pebalap motor sport yang diprediksi akan terus bersinar namanya adalah Dimas Ekky Pratama dari tim AHM atau PT Astra Honda Motor Indonesia. Kepiawaiannya dalam mengendarai motor sport membuat pihak AHM semakin percaya dan selalu mendukungnya untuk terus berkiprah di kancah nasional dan juga internasional.

Bahkan Dimas juga mendapatkan kesempatan untuk tampil di salah satu ajang balap internasional paling bergengsi, yaitu CEV Spania atau Campeonato de Espana de Velocidad yang merupakan ajang awal para jagoan balap dunia, seperti Casey Stoner sampai dengan Marc Marquez.

Sayangnya, tidak banyak dari para pebalap yang memiliki prestasi gemilang di kancah internasional ini yang mendapatkan dukungan langsung dari pemerintah. Akan tetapi, bagi mereka mendapatkan dukungan atau tidak, 2 hal yang paling penting dalam pikiran mereka, yaitu mendapatkan prestasi dan pengalaman di dunia balap internasional serta dapat mengharumkan nama bangsa di luar negeri.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola