8 Badan Intelijen Dunia Yang Tak Kalah Hebatnya Dari CIA

Badan agen intelijen berfungsi untuk membantu keamanan negara dari serangan atau infiltrasi negara lain pihak lain atau orang-orang dari dalam negara itu sendiri. Cara mereka bekerja rapi dan sangat rahasia bahwa keterlibatan mereka dalam sebuah acara tidak pernah benar-benar melihat.

CIA, misalnya, adalah salah satu lembaga intelijen cukup sering mendengar namanya. Beberapa orang bahkan berpikir bahwa penggulingan Soekarno sebagai presiden Indonesia juga intervensi dari CIA. Hal ini menunjukkan seberapa luas jangkauan mereka. Meski begitu, masih ada terlalu sedikit entitas badan-badan intelijen lain yang tidak kurang dari CIA. Mari simak ulasan dari 8 badan intelijen terbaik dunia yang tak kalah dengan cia.

Mossad - Israel

badan intelijen Mossad adalah yang paling aktif di Israel dalam urusan mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan perang melawan terorisme dan operasi rahasia lainnya. Termasuk anjing mata-mata agen Mossad karena mereka sangat terampil dan tersebar di berbagai wilayah di dunia.

Tim yang paling terkenal Mossad adalah unit dari "Divisi Operasi Khusus" atau Metsada terlibat dalam pembunuhan dan operasi rahasia di dunia. Beberapa kasus yang sering dikaitkan dengan Mossad, antara lain, penculikan salah satu pemimpin Nazi Adolf Eichmann, yaitu, pembunuhan dalang pembunuhan atlet Israel, serta pembunuhan salah seorang pejabat Hamas.

MSS - Cina

Departemen Keamanan Negara atau MSS didirikan pada tahun 1937 dan sejak tahun 1947 digunakan oleh partai komunis China untuk mengumpulkan informasi tentang perang saudara di Cina. MSS bekerja di bidang yang terkait dengan industri, analisis data, dan keamanan luar negeri. Kabarnya mereka spionase target adalah Amerika Serikat di bidang teknologi militer dan industri.

Uniknya, MSS menggali sepotong informasi demi sepotong dari target mereka. Dari potongan-potongan kecil informasi yang kemudian dikumpulkan menjadi satu kesatuan. Dengan cara seperti ini, banyak sumber yang tidak menyadari bahwa informasi rahasia mereka telah terkuras oleh MSS. Tidak hanya itu, jumlah diplomat Cina dan orang-orang bisnis yang datang ke negara-negara barat membuat menjaga anggota track MSS adalah hal yang sulit.

MI6 - Inggris

MI6 sudah berdiri sejak sebelum Perang Dunia I. pembentukan awal dari tujuannya adalah untuk memata-matai kegiatan yang mungkin dari pemerintahan kerajaan Jerman. Pada saat itu, rekrutmen dilakukan secara rahasia dan hanya mengambil lulusan terbaik dari Oxford atau Cambridge yang memiliki potensi untuk bekerja sebagai agen intelijen.

Sejak peristiwa 9/11 di Amerika Serikat, MI6 mulai merekrut flashdisk untuk meningkatkan jumlah agen untuk memerangi terorisme. Menurut media Inggris, MI6 juga bekerja sama dengan CIA dalam memburu teroris dan berusaha mempengaruhi kekuasaan politik Rusia. Namun demikian, badan-badan intelijen telah dilaporkan juga telah tidak sebagus pertama.

DGSE - Perancis

DGSE merupakan singkatan dari Direktorat Jenderal Keamanan Eksternal. Mengganti badan intelijen DGSE yang telah ditetapkan sebelumnya pada 1982 yang SDECE. Meskipun badan intelijen yang relatif baru dibentuk ternyata untuk mengumpulkan dan memecahkan berbagai informasi rahasia yang sensitif untuk Perancis.

DGSE tidak sangat terdengar gema bila dibandingkan dengan badan-badan intelijen lainnya. Namun, DGSE mencatat bahwa ia telah berhasil mencegah 15 serangan teror di Perancis.

ISI - Pakistan

Inter-Services Intelligence (Inter-Services Intelligence) adalah badan intelijen pertama Pakistan yang dimiliki dan didirikan pada tahun 1948. Tugas utama dari intelijen adalah untuk mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan kegiatan keamanan dan intelijen nasional atau misi untuk Pemerintah Pakistan.

Amerika Crime News mengatakan bahwa ISI adalah yang terbaik dan paling kuat badan intelijen. ISI adalah yang paling terkenal di antara 3 instansi lain di Pakistan yang Biro Intelijen (IB) dan Intelijen Militer (MI). ISI juga dikenal memiliki kekuatan besar dalam pemerintahan Pakistan dan otak organisasi penting di negeri ini.

FSB - Rusia

FSB adalah intelijen dan badan keamanan di Federasi Rusia dan merupakan penerus dari agen intelijen KGB milik bekas Uni Soviet. badan intelijen dibentuk pada tahun 1995 dan fungsinya adalah untuk mencari informasi, terorisme, dan untuk memperkuat pertahanan dan keamanan nasional.

Badan intelijen memiliki setidaknya 250 ribu personel termasuk agen yang menyamar, pegawai rahasia dan mata-mata di luar negeri. Tugas mereka adalah untuk memerangi praktek umumnya kejahatan, perdagangan obat terlarang, dan kekerasan internal lainnya.

RAW - India

Badan intelijen RAW didirikan pada tahun 1968 di India. Kepala lembaga ini hanya melaporkan kepada Perdana Menteri India dan tidak akan menjawab atau melaporkan kepada Parlemen India. Berbeda dengan kebanyakan instansi lain di Eropa.

Namun, tujuan utama pembentukan RAW adalah untuk mengumpulkan informasi tentang kegiatan teroris di India. Pasalnya negara ini mengalami serangan teror dalam beberapa tahun terakhir. Fokus RAW adalah melakukan beberapa operasi untuk mengumpulkan rahasia melawan Pakistan.

BND - Jerman

Bundesnachrichtendienst atau BND adalah badan intelijen federal Jerman yang didirikan sebelum Perang Dunia II. Tujuan awalnya adalah untuk memata-matai strategi musuh dan rencana.

BND menghabiskan miliaran dan menggunakan teknologi terbaru untuk memata-matai musuh untuk tujuan keamanan nasional. BND badan intelijen juga dianggap sebagai yang terbaik dan paling efisien di dunia.

Selama ini, film tentang agen rahasia atau mata-mata yang lebih sering menceritakan tentang CIA atau MI6. Namun pada kenyataannya, banyak negara lain juga memiliki badan-badan intelijen lainnya sebenarnya tidak kurang kuat dan efektif dari kedua organisasi.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola