7 Penemuan Luarbiasa Yang Ditemukan Saat Perang Dunia Sedang Berlangsung

Perang menuntut suatu kelompok masyarakat untuk terus bertahan hidup apa pun yang terjadi. Akhirnya, di tengah tekanan yang tiada akhirnya banyak penemuan baru ditemukan untuk memudahkan hidup kelompok tersebut. Percaya atau tidak, penemuan-penemuan yang terjadi saat perang dunia ke-I hingga ke-II sangat hebat. Bahkan terus digunakan dan dikembangkan hingga sekarang.

Inilah 7 penemuan terhebat yang terjadi saat perang dunia berkecamuk. Penemuan-penemuan ini menjadi bukti jika manusia bisa melakukan hal hebat jika berada dalam situasi yang sangat berat, dalam hal ini perang dunia. Mari simak ulasan dari tujuh Penemuan Yang Ditemukan Saat Perang Dunia Sedang Berkecamuk.

Tank

Tank adalah kendaraan perang dengan armor yang sangat kuat. Tank mampu digunakan untuk menembus medan pertempuran tanpa harus melukai orang-orang di dalamnya. Selain itu banyak tank yang kebal terhadap ranjau darat hingga bisa mendistribusikan pasukan ke daerah-daerah yang diinginkan.

Tank pertama kali diciptakan oleh militer Inggris pada tahun 1915. Tank pertama ini memiliki nama British Mark I dan baru digunakan pada tahun 1916. Setelah Inggris menciptakan tank untuk perang, negara seperti Prancis dan Jerman juga memulai proyek pembuatan kendaraan tempur yang masih digunakan dan dikembangkan sampai sekarang, bahkan di Indonesia.

Penisilin

Penisilin adalah antibiotik yang dikenal banyak sekali menyembuhkan penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Penisilin akan menghambat pembentukan dinding sel pada bakteri hingga lambat laun bakteri akan mati. Penisilin pertama kali ditemukan pada tahun 1929 oleh seorang ilmuwan Skotlandia bernama Alexander Fleming. Selanjutnya antibiotik ini terus dikembangkan dan digunakan secara besar-besaran saat perang dunia ke-II terjadi.

Penisilin diproduksi secara massal untuk mengobati banyak tentara yang terluka parah. Mereka yang mengalami patah anggota tubuh biasanya rawan terinfeksi bakteri. Akhirnya dengan suntikan penisilin banyak dari tentara yang selamat. Setidaknya penisilin telah menekan angka kematian akibat infeksi sebesar 15% dari para tentara yang terluka.

Radar

Radar diciptakan saat perang dunia ke-II terjadi. Saat itu banyak negara menginginkan alat berupa sinar yang mampu membunuh target dari jauh. Sayangnya hal ini tak bisa dilakukan hingga akhirnya diciptakan sebuah alat yang mampu mendeteksi objek dari kejauhan hanya menggunakan sebuah gelombang radio. Akhirnya radar dikembangkan dan terus ada hingga sekarang.

Alat ini diciptakan oleh Wilkin yang merupakan asisten dari Robert Watson Watt. Ia mampu membuat alat yang mampu mendeteksi pesawat dari kejauhan dan memantaunya dari sebuah layar. Dengan penemuan radar ini suatu kelompok negara akan mampu bersiap-siapa jika ada serangan atau bersiap menyerang saat pesawat musuh mendekat.

Mesin Jet

Orang pertama yang menciptakan mesin jet adalah Sir Frank Whittle pada tahun 1937. Namun Pemerintah Inggris tidak memberikan perhatian besar hingga proyek ini tak bisa dijalankan. Akhirnya Jerman lah yang mulai mengembangkan mesin jet untuk beberapa jenis pesawat tempur terbarunya.

Messerschmitt Me 262 adalah pesawat jet tempur pertama Jerman yang mampu membuat Inggris ketar-ketir. Pesawat ini diklaim mampu menang melawan pesawat sekutu dengan rasio 1:5 artinya satu pesawat Jerman mampu menjatuhkan 5 pesawat sekutu.

Perang benar-benar menekan Jerman terus mengembangkan pesawat jet mereka. Akhirnya terciptalah Arado Ar 234 yang merupakan jet pengebom pertama Jerman yang mampu terbang dan menyerang daratan Inggris. Pengembangan mesin jet ini terus dilakukan oleh Jerman, bahkan setelah Hitler kalah dan perang dunia ke-II selesai.

Tenaga Nuklir

Sebelum perang dunia ke-II terjadi semua ilmuwan sudah tahu jika ada kekuatan besar yang bisa dihasilkan dari suatu atom. Akhirnya Amerika mengembangkan sebuah proyek yang mengembangkan tenaga itu sebagai senjata perang. Akhirnya terciptalah sebuah bom nuklir yang mampu menghancurkan suatu wilayah dengan sempurna tanpa butuh banyak waktu lagi.

Jepang menjadi negara pertama yang harus merasakan kengerian dari bom nuklir yang diciptakan oleh Amerika. Hiroshima dan Nagasaki hancur berkeping-keping hingga korban berjatuhan mencapai 224.000 orang. Akhirnya Jepang menyerah pada sekutu dan perang dunia ke-II diakhiri dengan cepat.

Saat ini nuklir telah menjadi salah satu isu dunia. Banyak lembaga mengatur penggunaan nuklir terutama untuk masalah senjata. Meski demikian, negara-negara seperti Amerika, Korea Utara, Rusia, hingga Iran terus mengembangkan senjata ini untuk pertahanan negeri mereka. (Atau menyerang negara lain.)

Pembalut

Pembalut adalah salah satu penemuan paling hebat yang terjadi saat perang dunia ke-I terjadi. Saat itu banyak sekali perawat yang kebingungan mencari bahan yang bisa digunakan sebagai pelapis celana mereka saat menstruasi. Akhirnya mereka menyadari jika perban yang digunakan untuk mengobati luka bisa digunakan ditambah dengan beberapa bahan lembut yang mampu menyerap cairan.

Akhirnya, penemuan ini membuat pabrik bernama Kimberly Clarke Corporation membuat pembalut untuk pertama kali. Perusahaan ini mendistribusikan produknya ini agar bisa digunakan oleh para perawat atau wanita siapa pun yang saat itu sedang ada di dalam medan perang.

Jeriken

Jeriken adalah alat yang bisa digunakan untuk mengangkut sesuatu yang berwujud cair seperti bahan bakar, oli, hingga air. Jeriken pertama kali diciptakan oleh orang Jerman pada tahun 1930-an. Saat itu para tentara menginginkan suatu wadah yang bisa digunakan untuk mengisi bahan bakar kendaraan tempur. Mereka tidak selalu bisa pergi ke markas hingga saat berada di medan perang, jeriken ini bisa diandalkan.

Jeriken ini didesain oleh Jerman agar mudah dibawa oleh siapa saja. Selain itu pegangan pada bagian atas juga dibuat lebih lebar dan terdapat dua lubang. Hal ini dimaksudkan agar jeriken mudah dibawa oleh dua orang dengan cepat. Amerika awalnya tak menghiraukan penemuan ini, namun pada akhirnya mereka juga menggunakan jeriken yang telah didesain ulang.

Nah, itulah tujuh penemuan hebat yang justru terjadi saat perang dunia terjadi. Dan terbukti dari tujuh penemuan di atas, tak ada yang tak berguna. Bahkan sampai sekarang masih digunakan dan terus dikembangkan.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Tag : Gadget
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola