7 Negara Dengan Penduduk Kelaparan Terbanyak di Dunia

Bencana paling mengerikan yang di dunia ini bukanlah topan, gempa bumi, atau mungkin banjir dan tsunami. Bencana paling mengerikan di dunia ini adalah kelaparan. Ya, anda tidak salah dengar. Kelaparan adalah bencana paling mengerikan karena akan membunuh manusia dengan sangat cepat. Selain itu, efek domino yang ditimbulkan juga sangat mengerikan.

Faktanya, bencana kelaparan yang terjadi di bumi ini telah merenggut setidaknya 100 juta orang lebih meninggal dunia. Jumlah ini nyaris sebanding dengan bencana akibat perang dunia. Jadi, terbukti kan jika bencana paling mengerikan adalah kelaparan parah yang membuat bumi ini menjadi tempat paling kelam di masa lalu.

Sialnya, kelaparan yang terjadi di masa lalu itu masih terulang di era modern seperti sekarang,. Dan inilah ulasan dari 7 negara yang penduduknya kelaparan paling banyak di dunia.

Burundi

Burundi adalah negara landlock atau negara yang tidak memiliki wilayah laut. Negeri ini ada di antara negara lain hingga untuk masalah eskpor dan impor barang akan mengalami gangguan. Akibatnya harga kebutuhan pokok di Burundi jadi naik signifikan tanpa bisa dihindari lagi.

Harga-harga yang terus naik membuat Burundi memiliki nyaris 10 juta orang hidup di bawah garis kemiskinan. Selanjutnya 35% penduduknya adalah seorang pengangguran hingga kian membuat mereka susah untuk makan. Oh ya sekitar 73% persen penduduk Burundi mengalami kekurangan makanan setiap hari.

Komoro

Komoro adalah sebuah negara kecil yang hanya terdiri dari 3 pulau. Negara ini memiliki 800.000 orang dan separuh di antaranya berada di bawah garis kemiskinan. Sejak awal berdiri menjadi negara Komoro memang sudah mengalami masalah pada pangan akibat sedikitnya lahan subur untuk pertanian.

Akibatnya 70% penduduk negeri ini mengalami kekurangan makan setiap hari. Bahkan negeri ini selalu menunggu bantuan negeri lain untuk mengatasi bencana kelaparan dan juga membantu pendidikan serta kesehatan.

Eritrea

Setidaknya 65% penduduk Eritrea mengalami kekurangan makanan hingga kelaparan setiap hari. Negara yang terletak di Afrika ini belum mampu mencukupi kebutuhan pangan dalam negeri yang terus meningkat. Padahal produk pertanian negeri ini sangat sedikit, bahkan bisa dibilang tak akan bisa menyangga kebutuhan pangan sampai kapan pun.

Eritrea saat ini mulai mengembangkan sektor pertaniannya. Namun hal ini terhambat oleh minimnya biaya untuk membeli alat modern. Selain itu perang dengan Ethiopia juga sedikit banyak merusak lahan yang bisa memberikan suplai makanan kepada penduduk.

Zambia

Zambia adalah salah satu negara di Afrika yang saat ini banyak sekali mengalami masalah. Mulai dai kemiskinan, malnutrisi, kesehatan pangan, HIV/AIDS, dan Malaria. Sejak tahun 1991 hingga 2010 Zambia sebenarnya sudah mampu menurunkan kadar kemiskinan di negaranya dari 58% ke 43%. Sayangnya jumlah ini masih sangat banyak hingga negara terus kesusahan.

Zambia saat ini memiliki 47% penduduk yang mengalami kekurangan makan setiap hari. Jumlah ini kemungkinan akan meningkat meningat masalah di negeri ini tak ada habisnya. Ditambah lagi produksi pangan di negeri ini sangat sedikit. Kelaparan akan terus ada hingga masalah produksi pangan ini bisa dipecahkan.

Ethiopia

Sejarah kelaparan di Ethiopia sebenarnya sudah terjadi sejak abad ke-9 masehi. Selanjutnya kelaparan terus menginvasi Ethiopia dan terparah terjadi di tahun 1983-1985. Setelah kelaparan terparah terjadi, Ethiopia mulai memperbaiki sistem pertanian di negaranya meski tak sepenuhnya membantu negeri ini mengatas kelaparan.

Setidaknya 40% orang mengalami kekurangan makan setiap hari. Harga makanan di sini semakin mahal akibat perang yang masih kerap terjadi. Setidaknya 4 juta orang di negeri ini butuh pendampingan dalam hal makan agar malnutrisi tidak terus terjadi dan menjadi bencana yang sangat mengerikan.

Timor Leste

Timor Leste yang dahulu ikut dengan Indonesia akhirnya harus bertahan untuk mampu mencukupi kebutuhan pangan penduduknya. Setelah berpisah dengan Indonesia, lambat laun Timor Leste mulai kesusahan dalam hal pangan hingga 38% penduduknya selalu mengalami kekurangan makanan setiap hari.

Infrastruktur di Timor Leste saat ini masihlah buruk. Persawahan yang ada di negeri ini juga sangat sedikit hingga sudah jelas tak akan mampu mencukupi semua kebutuhan warganya. Oh ya, setiap November hingga Maret biasanya penduduk di Timor Leste mengalami bencana kekurangan pangan yang cukup parah.

Madagaskar

Madagaskar beberapa kali harus bertahan dari bencana alam mengerikan seperti tornado, banjir hingga kekeringan. Akibatnya gagal panen sering sekali terjadi di negeri ini. Belum lagi bencana serangan hama wereng dan belalang kerap terjadi dan semakin memperburuk keadaan.

Madagaskar mulai kehilangan 85% hutan hujan tropisnya akibat penebangan liar. Akhirnya banjir bandang sering terjadi dan mengakibatkan banyak masalah kesehatan. Dalam sehari setidaknya 34% penduduk Madagaskar mengalami kekurangan makanan. Hal parah ini bisa meningkat jika sudah memasuki bulan november hingga maret saat Madagaskar mulai dihantam banyak sekali badai tropis.

Inilah tujuh negara yang memiliki banyak sekali penduduk yang kelaparan. Melihat hal ini, kita seharusnya merasa bersyukur karena setiap hari masih bisa makan dengan baik. Bahkan meski itu cuma nasi dengan lauk tahu tempe atau kerupuk.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola