7 Hal Luarbiasa Yang Dapat Dilakukan Bayi Tanpa Kita Sadari

Yang kita tahu bayi tidak bisa melakukan apa-apa selain menangis saat lapar, atau tertawa jika kita menggodanya. Selain itu bayi mungkin pandai tidur, suka mengompol dan mengamuk jika disuapi makanan. Well, mari sejenak melupakan hal biasa yang sering dilakukan oleh bayi itu. Sekarang coba perhatikan hal ajaib yang bisa dilakukan oleh bayi-bayi ini.

Ternyata mereka tak hanya mampu menangis jika lapar saja. Banyak hal yang secara tidak sadar bisa dilakukan oleh bayi tanpa diketahui oleh orang tuanya. Berikut ulasan selengkapnya di 7 hal ajaib ini bisa terjadi pada bayi kecil.

Luka Sembuh Tanpa Ada Bekasnya

Anda mungkin pernah melihat film yang isinya seorang makhluk yang bisa menyembuhkan diri dengan cepat. Mereka biasanya golongan vampir atau makhluk fantasi lain yang katanya memiliki keabadian. Oh ya, untuk masalah penyembuhan luka yang cepat, dan tanpa bekas bayi bisa melakukannya dengan sempurna. Bahkan banyak dokter kagum dengan kemampuan ini.

Seorang bayi yang masih kecil dan mengalami luka sayatan di kulit akan mengalami penyembuhan yang cepat. Tak hanya tulang saja, tulang pun juga begitu. Patah tulang bisa disembuhkan dengan cepat dan tanpa adanya cacat sedikit pun. Hebat sekali kan?

Memahami Teori Peluang

Untuk memahami risiko dari suatu hal, manusia harus mampu memprediksi seberapa besar peluang baik atau buruk yang terjadi. Misal dihadapkan pada pilihan pekerjaan kantoran dan pekerjaan sebagai wiraswasta. Sebelum memilih antara dua hal itu manusia harus bisa menimang mana saja yang memiliki kemungkinan baik besar dan bisa dipilih untuk menunjang masa depan.

Teori tentang peluang atau probability sederhana ternyata bisa dipahami oleh bayi berumur 8 bulan. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas British Columbia membuktikan jika bayi yang di depannya diberi beberapa kotak berisi bola pingpong. Saat bayi melihat bola diletakkan ia akan memilih kota secara presisi. Namun saat ia tak melihatnya ia jadi bingung dan sedikit berpikir di mana letak bola berada. Ia berpikir sebuah kemungkinan secara tidak langsung meski terlihat biasa.

Memahami Arti Sebuah Keadilan

Keadilan telah lama menjadi hal yang sangat langka di bumi ini. Banyak manusia berlaku tidak adil hanya untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Sebut saja dalam pengadilan di Indonesia. Ketidakadilan banyak sekali bermunculan di sini dan akhirnya membuat semuanya jadi kacau. Oh ya korupsi juga wujud dari ketidakadilan juga.

Bayi berumur di bawah satu tahun ternyata sudah mengetahui apa itu keadilan. Saat saudaranya diberi satu suapan makanan maka ia akan meminta satu. Namun saat saudaranya diberi dua suapan dan ia tetap satu suapan, maka bayi akan mengamuk dan minta diberi suapan lagi. Dari sini saja sudah membuktikan jika bayi tahu apa itu konsep keadilan meski sangat sederhana.

Gemar Melakukan Eksperimen

Sejak kecil sebenarnya manusia gemar sekali melakukan eksperimen. Mereka akan melakukan hal-hal sederhana dari hasil pengamatan. Dari eksperimen itu bayi akan memahami hal-hal yang sebelum tidak ia ketahui dan orangtua belum mengajari hal itu kepadanya.

Misal bayi melempar sebuah bola di lantai. Ia akan mengamati jika bola itu memantul dan menggelending. Selanjutnya ia akan melempar lagi dengan kekuatan yang lebih besar, dari sana bola memantul dengan lebih keras. Dari sini bayi bisa memahami jika bola bisa memantul jika dilempar dan jika menggunakan tenaga yang lebih bola akan memantul lebih tinggi.

Mengerti Interaksi Sosial

Interaksi sosial adalah hal yang sangat penting bagi semua manusia. Tak terkecuali bayi yang masih sangat kecil dan belum bisa melakukan apa-apa. Ternyata, bayi yang baru berumur beberapa hari sudah bisa melakukan interaksi sosial dengan orang-orang yang ada di sekitarnya.

Misal saat ayah atau ibu melakukan cilukba, bayi akan meresponsnya dengan tersenyum atau memberikan suara. Selain itu saat diajak bicara bayi juga akan berusaha menanggapi meski hanya dengan memegang tangan atau mengganti ekspresi wajahnya.

Belajar Bahasa Sejak Dalam Kandungan

Belajar bahasa dari dasar hingga mahir membutuhkan banyak sekali waktu. Tak hanya setahun dua tahun saja, bahkan seumur hidup. Namun, seorang bayi ternyata bisa belajar bahasa sejak ia berada di dalam kandungan. Saat ibunya berbicara ia mendengar dan memahami kata-kata meski tak paham artinya.

Dari sebuah penelitian yang dilakukan, seorang bayi yang baru lahir sekitar 30 jam ternyata mampu merespons kata-kata dari ibunya. Hal itu dipantau juga melalui komputer dan diketahui adanya perbuahan pada gelombang otaknya. Ternyata, sejak dalam kandungan ia telah belajar bahasa dan tahu jika orang-orang yang berbicara di sekitarnya adalah ibu atau ayahnya.

Mendengarkan Semua Frekuensi Suara Secara Bersamaan

Kita mungkin mengira jika panca indera pada bayi belum bekerja dengan sangat baik. Seiring berkembangnya waktu baru indera itu berkembang dengan baik termasuk indera pendengarnya. Namun, saat masih bayi sebenarnya manusia memiliki pendengaran yang super tajam. Bahkan mampu mendengar semua frekuensi bunyi yang ada.

Beberapa kelompok ilmu melakukan sebuah penelitian dan didapat fakta jika bayi memiliki range dengar yang tinggi. Sayangnya range itu lambat laun menipis seiring bertambahnya usia. Makin tua sense mendengar akan semakin anjlok.

Inilah tujuh hal ajaib yang bisa dilakukan oleh bayi namun orangtuanya tidak mengerti. Bayi bukanlah seorang yang hanya bisa menangis dan tertawa jika digoda. Ia hanya manusia kecil yang ingin belajar banyak hal. Bukan begitu?

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola