7 Bahaya Konsumsi Makanan Sisa Semalam Bagi Kesehatan Anda

Memasak merupakan kegiatan yang sehat serta mudah untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebab dengan memasak Anda bisa mengawasi makanan yang akan Anda konsumsi mulai dari pemilihan bahan hingga cara memasaknya.

Namun seringkali makanan yang Anda masak kemarin atau semalam sisa. Dan daripada sayang untuk dibuang, Anda pasti memilih untuk menyimpannya dalam lemari es untuk dikonsumsi keesokan harinya. Sepintas, kebiasaan ini memang terlihat tidak membahayakan. Namun jika diteliti lebih jauh, ada beberapa bahaya yang mengintai di balik kebiasaan tersebut seperti di bawah ini. Mari simak ulasan dari 7 bahaya yang mengintai jika mengkonsumsi makanan sisa semalam.

Keracunan makanan

Kasus akan keracunan makanan biasanya Anda dengar atau Anda jumpai dari konsumsi makanan yang tidak terjamin kebersihannya. Selain itu, kandungan racun dan jamur tertentu dalam suatu makanan juga bisa menjadi penyebab keracunan.

Namun tahukah Anda bahwa suhu tertentu dalam makanan juga bisa menjadi penyebab bakteri tumbuh. Dan hal inilah yang bisa membuat Anda keracunan jika Anda mengonsumsi makanan sisa tersebut.

Gangguan pencernaan

Selain menyebabkan keracunan, pertumbuhan bakteri tertentu dalam suatu makanan juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Bakteri ini biasanya tumbuh di dalam makanan sisa yang lupa untuk dimasukkan dalam kulkas. Jadi, jangan pernah mengonsumsi makanan yang sudah basi atau kecut demi kesehatan tubuh Anda.

Naiknya asam lambung

Naiknya asam lambung biasanya diketahui karena lambung yang kosong akibat telat makan. Namun naiknya asam lambung juga menjadi keluhan umum bagi orang yang mengonsumsi makanan sisa. Awalnya mungkin Anda tidak merasa bahwa hal ini bisa mengganggu kesehatan tubuh. Namun lama-kelamaan kesehatan pencernaan Anda bisa menurun karenanya.

Mual dan muntah

Bakteri merupakan sel yang tidak mudah dilihat oleh mata. Anda tidak tahu jenis bakteri apa yang sedang menghinggapi makanan Anda. Terutama dengan makanan sisa. Oleh karena itu jika Anda memiliki makanan sisa, sebaiknya buanglah. Sebab jika Anda mengonsumsinya maka Anda akan merasa mual yang kemudian berlanjut dengan muntah. Hal ini disebabkan karena bakteri menghasilkan racun.

Diare

Selain mual dan muntah, diare juga bisa Anda alami jika Anda mengonsumsi makanan sisa. Hal ini terjadi karena bakteri yang mengontaminasi perut akan membuat Anda jadi keracunan dan menyebabkan diare. Terkadang diare tersebut akan semakin parah sehingga bisa membuat Anda mengalami dehidrasi.

Nyeri perut

Masalah lainnya yang timbul karena mengonsumsi makanan sisa adalah nyeri perut. Hal ini lagi-lagi disebabkan karena bakteri di dalam makanan tersebut akan menyerang kesehatan pencernaan Anda dan menyebabkan terbentuknya gas serta kontraksi usus.

Demam

Demam juga bisa Anda alami saat Anda makan makanan sisa. Sebab bakteri tersebut akan menyebabkan peradangan dalam tubuh dan membuat suhu tubuh Anda meningkat. Nah, jika Anda mengalami demam baik demam sedang maupun ringan, sudah saatnya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Itulah beberapa bahaya yang bisa timbul saat Anda makan makanan sisa. Nah, agar Anda tidak mengonsumsi makanan tersebut, ada baiknya Anda membuat makanan dengan porsi secukupnya saja. Jadi, Anda tidak bingung antara membuang atau memakannya.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Tag : Kesehatan
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola