6 Danau Paling Jernih Seperti Beningnya Batu Kristal di Dunia

Asia memang surganya keindahan alam. Benua ini menyimpan tempat-tempat indah yang masih belum terjamah. Tak hanya gunung permai dan hutan yang lebat, di sejumlah negara Asia juga terdapat danau-danau cantik dengan air sebening kristal.

Mulai dari Danau Kayangan yang disebut-sebut sebagai danau terjernih di Asia Tenggara hingga Danau Wuhua Hai yang paling indah seantero China, berikut ini kami tampilkan 6 danau paling jernih dan menakjubkan di Asia. Indonesia juga punya, lho. Mari simak ulasan dari 6 danau paling bening sebening kristal di dunia.

Danau Naltar I - Pakistan

Danau jernih dengan dominasi warna hijau dan kuning ini merupakan permata di Lembah Naltar, Pakistan. Danau tersebut merupakan salah satu dari tiga buah danau yang ada di Lembah Naltar. Di antara ketiganya, danau ini paling jernih dan terletak di lokasi yang paling tinggi.

Danau pertama ini dikenal dengan nama Danau Naltar I atau Danau Bashkiri I. Lokasi persisnya adalah di Naltar Bala. Selain airnya yang sebening kristal, danau ini juga dikelilingi hutan pinus yang hijau.

Menurut situs Tourism in Pakistan, danau Naltar menawarkan pemandangan yang indah di musim panas. Biasanya tempat ini ramai didatangi pengunjung pada musim tersebut. Namun begitu musim dingin tiba, salju yang menumpuk mengakibatkan Naltar sulit diakses.

Danau Wuhua Hai - China

Wuhua Hai adalah bagian dari Jiuzhaigou, lembah tercantik di China yang jadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Tempat ini terletak di kawasan Gunung Min Shan yang berbatasan dengan Plato Himalaya Tibet.

Dilansir Lake Lubbers, jika dilihat dari atas, air danau ini tampak berwarna biru dan hijau. Kadang warnanya berubah menjadi hijau zamrud atau kuning jika kandungan mineral di dalamnya tinggi. Karena kejernihan airnya, batang-batang pohon roboh berabad lalu yang terbaring di dasar danau jadi terlihat jelas. Berkat keindahannya itulah danau ini menjadi yang tercantik di antara 118 danau yang ada di lembah Jiuzhaigou. Bahkan disebut-sebut sebagai salah satu danau terindah di dunia.

Lembah Jiuzhaigou sendiri begitu kaya akan keindahan alam yang menakjubkan. Karena itulah jutaan turis berdatangan ke tempat ini setiap tahunnya. Beberapa danau dan air terjun tercantik di China terletak di tempat ini.

Kaminoko Ike - Jepang

Kaminoko Ike atau kolam anak dewa adalah sebuah danau mungil yang menjadi salah satu objek wisata andalan Hokkaido. Tempat indah ini berada di kawasan Kiyosato-cho, dekat Ura Mashu. Luas danau ini hanya 220 meter, sementara kedalamannya tak lebih dari 5 meter. Namun airnya sangat jernih, sehingga batang pohon yang sudah mati di dasarnya bisa terlihat jelas.

Dilansir Japan Info, air Kaminoko yang jernih dan berwarna biru terang berasal dari lelehan es yang hanyut dan memenuhi Ura Mashu selama musim dingin. Warna air danau akan berubah-ubah sesuai dengan musim. Selain itu, Kaminoko juga menjadi rumah bagi ikan-ikan trout merah.

Crystal Lagoon Krabi - Thailand

Tempat menakjubkan berjuluk Crystal Lagoon atau laguna kristal ini termasuk salah satu wisata alam terindah dan paling alami di Thailand. Lokasinya di kawasan Taman Nasional Thung Teao, Krabi. Dia juga dikenal dengan nama Sra Morakot yang berarti kolam zamrud.

Dilansir Destinations Amari, air biru kehijauan di Crystal Lagoon menyimpan kandungan kalsium karbonat yang cukup tinggi. Air tersebut cukup hangat, sehingga cocok untuk berenang. Tetapi saat hari libur tempat ini akan dipenuhi turis.

Crystal Lagoon juga dikelilingi hutan hujan tropis lebat yang menjadi habitat aneka unggas. Menyaksikan keragaman burung di sini juga menjadi daya tarik bagi para pengunjung.

Danau Kayangan - Filipina

Danau Kayangan disebut-sebut sebagai danau paling jernih di Filipina dan Asia Tenggara. Danau ini berada di Pulau Coron, Kepulauan Calamian, Palawan.

Danau Kayangan merupakan atraksi wisata utama di Pulau Coron. Danau Kayangan dikelilingi tebing karang menjulang yang ditumbuhi pepohonan. Di sekitar danau ini juga terdapat hutan mangrove lebat.

Danau ini memiliki air jernih berwarna kehijauan yang cantik. Kedalaman danau mencapai 10 meter. Sementara bagian dasarnya dipenuhi batu karang dan ikan-ikan kecil. Wisatawan bisa berenang, menyelam, atau snorkeling di air Kayangan.

Danau Kaco - Indonesia

Di negara kita juga ada sebuah danau dengan air biru cemerlang yang sangat jernih. Nama danau tersebut adalah Danau Kaco. Danau Kaco berlokasi di Desa Lempur, Kerinci, provinsi Jambi. Danau ini merupakan bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat.

Danau Kaco memiliki nama yang berarti 'danau kaca'. Airnya berwarna biru cemerlang, seolah dicelup cat biru laut. Saking jernihnya air Danau Kaco, dasar danau sampai terlihat dangkal. Padahal danau ini cukup dalam.

Yang menjadikan danau ini istimewa adalah airnya yang bisa menyala di malam hari, terutama saat bulan purnama. Tak jarang wisatawan yang sengaja berkemah di sekitar Danau Kaco saat bulan purnama.

Menurut situs Wonderful Indonesia, danau yang konon sangat dalam ini juga menjadi habitat bagi ribuan ikan semah.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola