5 Virus Mengerikan Yang Tidak Diketahui Vaksin Pencegahannya

Dalam beberapa hari terakhir, publik dunia gempar akan adanya sebuah virus baru bernama Zika. Virus yang ditularkan oleh nyamuk ini mampu menyebar hingga 25 negara di dunia dan sampai saat ini belum ada cara untuk menanggulanginya. Bahkan vaksin untuk pencegahannya pun tidak ada sampai sekarang. Virus Zika menyebar hingga ke Meksiko dan nyaris semua negara di Amerika Latin dan negara di Karibia.

Selain Virus Zika, di dunia ini sudah banyak sekali virus mengerikan yang muncul dan tak ada vaksinnya hingga sekarang. Bahkan beberapa di antaranya tak bisa disembuhkan dan kerap memakan banyak korban. Inilah tujuh virus paling berbahaya dan belum ada vaksinnya itu. Mari simak ulasan dari 5 virus yang belum ada obat penyembuhannya.

Virus Zika

Di atas telah dibahas sedikit mengenai virus Zika yang saat ini menyebar dan diprediksi bisa menjadi pandemi dunia. Virus ini memang tidak secara langsung membuat manusia jadi meninggal dunia seperti virus dengue. Namun, virus ini bisa membuat manusia jadi lemas dan selalu mengalami gangguan sakit kepala yang sangat parah.

Virus Zika ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti sama seperti demam berdarah. Biasanya nyamuk-nyamuk ini akan menyerang manusia saat pagi hari hingga siang. Sekali terkena gigitan nyamuk, Virus Zika akan langsung menyebar dan membuat tubuh manusia mengalami gangguan. Oh ya, bagi ibu hamil, penyakit ini akan berpengaruh besar pada janin dan menyebabkan bayi yang lahir jadi mengalami penyusutan ukuran kepala.

Virus Ebola

Virus Ebola adalah virus yang menyebabkan banyak sekali kematian di Afrika. Setidaknya selama 2013-2015 sudah ada sekitar 28.000 orang meninggal dunia akibat virus mematikan yang belum ada vaksinnya ini. Virus Ebola pertama kali menyerang manusia sekitar tahun 1976, setelah itu virus ini tak menyebar dan baru menjadi pandemi di Afrika pada tahun 2013 silam.

Virus Ebola akan menyebabkan orang yang menjadi penderitanya mengalami gejala seperti demam tinggi. Setelah itu dari bagian tubuhnya mulai banyak mengeluarkan darah. Organ-organ dalam terutama pada pembuluh darah akan rusak dan membuat sistem kerja tubuh terhenti dengan sangat sempurna.

SARS

SARS adalah virus yang pertama kali dideteksi pada tahun 2003 di kawasan Tiongkok. Virus ini mengakibatkan penderitanya akan mengalami gangguan parah pada organ pernapasan. Selain itu otot yang ada di seluruh bagian tubuh juga akan mengalami gangguan berupa nyeri yang cukup parah. Selain nyeri pada otot orang yang terjangkit SARS juga mengalami pusing, demam, batuk, hingga gangguan pada paru-parunya.

Virus SARS menjadi salah satu virus yang sempat membuat dunia jadi geger. Pasalnya virus ini mudah sekali menyebar dan peluang seseorang meninggal sampai 9%. Akhirnya banyak ilmuwan terus berusaha meneliti virus ini hingga sampai sekarang belum juga mendapatkan titik terangnya.

Virus Lassa

Virus Lassa adalah virus yang dibawa oleh tikus gurun yang banyak sekali terdapat di Afrika. Negara-negara seperti Nigeria, Liberia, Sierra Leone, dan Guinea pernah mengalami wabah ini pada tahun 1970-an. Virus Lassa menyebabkan kematian hingga 5.000 orang setiap tahun dengan korban terinfeksi mencapai 500.000 orang dan terus bertambah setiap tahun.

Orang yang terkena virus ini akan mengalami banyak diare parah hingga mengeluarkan darah. Selain itu banyak sekali kasus yang menyebabkan penderitanya mengalami muntah darah tak ada habisnya. Jika Virus Lassa sudah menginfeksi dengan sangat parah, seseorang akan banyak sekali mengalami kegagalan pada organ tubuhnya.

Misal hati menjadi rusak, paru-paru tak bisa berfungsi dengan baik hingga gangguan di otak seperti meningitis dan juga kelumpuhan. Untuk mengatasi Virus Lassa biasanya dilakukan perburuan besar-besaran pada tikus karena belum ada vaksin untuk pencegahan dari dalam tubuh.

West Nile Virus

West Nile Virus (WNV) adalah virus yang pertama kali terdeteksi di wilayah West Nile di negara Uganda pada tahun 1937. Awalnya WNV tidak dianggap sebagai virus yang berbahaya hingga pada tahun 1996 terjadi wabah yang sangat dahsyat di Romania dengan korban mencapai puluhan ribu orang. Rata-rata orang terinveksi penyakit ini mengalami gangguan pada sistem saraf.

Lima tahun setelah menyebar ke Romania, virus ini menyebar ke seluruh penjuru dunia hingga ke Asia, Australia, Eropa dan Amerika bagian Utara. Pada tahun 2012 Amerika pernah mengalami pandemi WNV hingga menyebabkan 286 orang meninggal dunia dan ribuan lainnya mengalami gangguan parah pada saraf tubuhnya. Virus ini biasanya menular akibat adanya gigitan nyamuk dan bisa menyerang manusia dan juga mamalia. Untuk pencegahan hanya bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan. Dan vaksin untuk virus ini belum ditemukan sampai sekarang.

Inilah lima virus yang saat belum juga ditemukan vaksinnya. Semoga di Indonesia virus-virus seperti tidak muncul dan menyebabkan kekacauan yang mengerikan. Mulai saat ini mari kita menjaga kebersihan lingkungan dan juga badan agar virus-virus tak menempel pada tubuh. Flu juga termasuk virus berbahaya lo sebenarnya.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Tag : Kesehatan
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola