5 Sumur Angker Dengan Berbagai Cerita Mistis Yang Menyeramkan

Kadang disebut sumur, cenote, baoli, atau hanya lubang. Namun tempat-tempat berikut ini memiliki kesamaan yang tak bisa dipungkiri. Semuanya adalah lubang tua dengan sejarah kelam. Kematian yang terjadi di sumur-sumur ini menambahkan aura misterius dan mitos gaib yang kemudian berkembang di masyarakat. Tak sedikit warga sekitar atau wisatawan yang mengaku telah menyaksikan fenomena paranormal saat berkunjung ke sana.

Bagaimana riwayat gelap sumur-sumur angker ini? Mulai dari cenote kerama di situs peninggalan bangsa Maya yang dipenuhi kerangka manusia, hingga Lubang Buaya di Indonesia yang menyimpan sejarah kelam pergolakan politik di masa lalu, inilah lima sumur terangker dengan cerita misterius di dunia.

Agrasen Ki Baoli - India

Agrasen Ki Baoli merupakan salah satu dari sekian banyak bangunan sumur bertingkat (baoli) yang ada di India. Baoli ini berada di Hailey Road, Jantar Mantar, New Delhi.

Sumur dengan kedalaman 60 meter ini sendiri memiliki nilai historis yang cukup tingi. Meskipun tak ada bukti konkret, warga India percaya Agrasen Ki Baoli dibangun atas perintah Raja Agrasen yang legendaris.

Namun menurut Travel.India, Agrasen Ki Baoli juga termasuk salah satu tempat paling berhantu di India. Sumur dengan bangunan megah ini katanya punya kuasa untuk membujuk manusia terjun ke dalam. Sejumlah pengunjung juga mengklaim diikuti bayangan gelap yang seolah bersembunyi di antara pilar-pilar baoli.

Apalagi tempat ini menjadi rumah bagi puluhan ekor kelelawar, menjadikan suasana Agrasen Ki Baoli terasa semakin menyeramkan. Karena itulah banyak pengunjung yang enggan berada di tempat itu selepas matahari terbenam.

Okiku-ido - Jepang

Okiku-ido atau sumur Okiku yang berada di Puri Himeji, Prefektur Hyogo merupakan bagian dari legenda mistis paling terkenal di Jepang. Kabarnya sumur ini merupakan tempat bersemayam arwah Okiku, seorang gadis cantik yang dibunuh dengan dilemparkan ke dalam sumur pada masa.

Menurut salah satu versi cerita, Okiku adalah pelayan yang merusak/menghilangkan satu dari sepuluh pedang pusaka milik tuannya, Asayama Tetsuzan. Atas kesalahan ini, Okiku dihukum mati dan jasadnya dilemparkan ke dalam sumur.

Sejak itu, setiap malam dari sumur terdengar suara Okiku yang meratap sambil menghitung pedang. Begitu sampai ke angka sembilan, suaranya berubah menjadi tangisan memilukan. Kabarnya arwah Okiku baru bisa ditenangkan jika dari atas ada orang yang berteriak 'sepuluh' untuk melengkapi hitungan Okiku.

Dead Man's Hole - Amerika Serikat

Dead Mans Hole merupakan saksi sejarah Perang Saudara Amerika. Nama lainnya adalah Devil's Well atau sumur setan. Sumur ini ditemukan di Texas pada tahun 1821. Di dalamnya ditemukan belasan kerangka manusia yang sudah lapuk. Kerangka-kerangka ini diyakini sebagai tubuh tentara Union beserta pasa simpatisannya.

Dulunya di dekat sumur ini tumbuh sebatang pohon ek dengan akar yang melintang di atas sumur. Kabarnya orang-orang Union digantung dengan tali yang diikatkan ke akar pohon tersebut. Begitu nyawa melayang, tali diputus dan jasad mereka terjun bebas ke kedalaman sumur.

Selain itu ada legenda yang mengatakan seorang pria bernama Ben McKeever membunuh budaknya. Sang budak dibunuh karena anjingnya telah menggigit kuda McKeever. Teman-teman McKeever lantas membalas dendam dengan melemparkannya ke Dead Man's Hole.

Dengan begitu banyaknya nyawa yang terenggut di Dead Man's Hole, tak heran kalau tempat ini jadi berhantu. Konon sering muncul penampakan hantu di sekitar sumur pada malam hari.

El Cenote Sagrado - Meksiko

El Cenote Sagrado atau cenote (lubang runtuhan) keramat merupakan bagian dari kompleks reruntuhan Maya di Chichen Itza, Meksiko. Tempat ini masuk kawasan cagar budaya yang dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Namun cenote dengan kolam hijau cerah ini tak hanya menyimpan nilai sejarah. El Cenote Sagrado memiliki riwayat mematikan di masa lalu.

Dahulu kala, bangsa Maya menggunakan cenote sebagai tempat pengorbanan. Konon cenote merupakan tempat bersemayam kekuatan gaib yang kerap meminta korban agar tidak mendatangkan sial bagi bangsa Maya. Untuk itu secara berkala bangsa Maya memberikan persembahan manusia kepada cenote.

Ketika dilakukan eksplorasi pada tahun 1904, ditemukan lebih dari 120 kerangka milik orang dewasa dan anak-anak di dalam cenote. Beberapa kerangka milik anak-anak menunjukkan kalau kaki mereka sudah dikuliti sebelum diceburkan ke dalam cenote. Sekarang, tempat itu masih menyisakan aura misterius. Kabarnya sering terjadi fenomena paranormal di sekitar cenote.

Lubang Buaya - Indonesia

Meskipun kebenaran sejarah pengkhianatan G 30 S/PKI masih menjadi sumber perdebatan dan kontroversi hingga saat ini, museum Lubang Buaya yang menjadi salah satu saksi bisu peristiwa tersebut masi ada hingga sekarang.

Lubang kecil yang kini diplester dan dihiasi plakat tersebut dulunya merupakan lokasi pembuangan jasad para jendral yang di kemudian hari dikenal sebagai pahlawan revolusi. Kematian yang terjadi di tempat itu mengakibatkan sejumlah warga percaya kalau sumur ini berhantu.

Sejumlah penjaga di tempat berjuluk sumur maut itu mengaku sering melihat sosok tentara berseragam yang berkeliaran di malam hari. Begitu juga beberapa pengunjung yang sempat mengalami kejadian tak biasa saat berkunjung ke sana.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Tag : Misterius
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola