5 Perang Air Paling Brutal Yang Bisa Terjadi Dimasa Depan

Selain minyak bumi, emas, atau barang tambang lainnya. Sebenarnya ada satu benda yang bisa memicu adanya perang di dunia ini: air. Ya, air adalah sumber dari banyak konflik di masa depan dan sudah di mulai dari sekarang. Mungkin anda akan bertanya-tanya kenapa air bisa menjadi konflik.

Toh air di bumi ini banyak sekali. Bahkan sebagian besar isi bumi adalah air. Well, memang benar jika bumi ini berisi banyak sekali air, namun apakah air bersih juga sebanyak itu? Sebagai pembanding saja, manusia di bumi ini hanya menggunakan 1% kandungan air bersih di dunia. Lalu sebanyak 2% air bersih lainnya masih dalam bentuk es dan suatu saat akan mencair akibat pemanasan global yang terjadi di bumi. Selebihnya, air yang ada di bumi berupa air laut yang asin dan juga air yang tercemar.

Sekarang bayangkan jika di masa depan akses air bersih sangat sulit. Sungai-sungai, atau bahkan sumber air pasti akan jadi incaran banyak pihak. Jika sudah seperti ini mungkin air akan menjadi pemicu konflik terbesar (bahkan perang) yang akan terjadi dalam sejarah peradaban umat manusia. Seperti contoh di di bawah ini di lima perang paling brutal yang diakibatkan air di masa depan.

Perang Air Meksiko

Meksiko adalah wilayah yang saat ini mengalami gangguan pada pengadaan air bersih di kotanya. Dalam sehari ada jutaan orang yang membutuhkan air sangat banyak namun tak semua mampu dicukupi dengan baik. Dahulu kala, wilayah Kota Meksiko adalah sebuah danau besar. Sayangnya sejak Spanyol membangun koloni di sini, danau itu dikeringkan dan akhirnya dibangun banyak rumah di atasnya.

Saat ini banyak sekali hal-hal berbau kriminal yang terjadi di Kota Meksiko setiap hari. Salah satunya adalah pencurian air dari saluran air hingga 40%. Air ini nantinya akan dijual lagi dengan harga yang jauh lebih mahal. Di kota ini banyak sekali geng mengerikan yang berebut akses air bersih setiap hari. Jika di masa depan hal ini terus terjadi Meksiko akan mengalami perang sipil hanya karena memperebutkan akses air bersih.

Perang Israel dan Palestina Akibat Sumber Air Bersih

Israel dan Palestina telah mengalami konflik yang sangat panjang. Bahkan bisa dibilang perang kedua negara ini seperti perang antara cicak dan buaya. Satu kubu sangat kuat (dibantu Amerika) dan kubu lain semakin terjepit akibat wilayahnya semakin habis. Pada tahun 1967, konflik besar pernah terjadi lagi di negara ini, dan masalahnya adalah sumber air bersih yang saat itu dimiliki oleh Palestina dan masuk dalam wilayah kekuasaannya.

Israel saat ini mulai sulit memenuhi kebutuhan hidup warganya. Terlebih gaya hidupnya sudah kebarat-baratan hingga konsumsi air untuk minum dan mandi sangat boros. Untuk mengatasi itu mereka tidak mungkin mengambilnya dari Sungai Jordan yang jorok. Mereka pun juga tak mungkin mengambil dari Laut Mati. Cara paling mudah adalah mengambil dari Palestina. Ya, perang yang tak akan ada habisnya bisa terus berlanjut akibat air.

Perang Afganistan dan Iran Akibat Dam Air

Afganistan dan Iran adalah daerah di bumi ini yang terkenal akan alamnya yang sangat tandus. Selain itu, di sini jarang sekali ditumbuhi vegetasi hingga air di dalam tanah bisa dibilang tidak ada. Penduduk di dua negara ini hanya menggantungkan air dari adanya sungai yang mengalir membelah wilayah negara mereka, salah satunya adalah Sungai Helmand. Jika sungai ini kering atau dimanipulasi oleh salah satu negara, maka kemungkinan besar konflik akan terjadi dan jika parah perang tak bisa dihindarkan.

Dalam beberapa tahun terakhir Pemerintah Afganistan memulai sebuah proyek untuk membangun dam dari Sungai Helmand. Jika hal ini sampai terjadi, Iran yang berada di hilir akan tak kebagian air yang banyak. Ekosistem di sekitar sungai di Iran bisa terganggu dan penduduk akan mengalami krisis air.

Sebenarnya Iran sudah melakukan banyak sekali lobi untuk masalah pembangunan dam. Namun pemerintah Afganistan sepertinya tetap bersikukuh. Jika di masa depan dam ini jadi terealisasi, maka perang bisa saja terlecut. Apalagi saat ini Iran sudah banyak sekali mengembangkan senjata-senjata berbahaya.

Perang Sungai Nil

Sungai Nil adalah sungai paling panjang di dunia. Sungai ini memiliki panjang hingga 6.853 km dan membelah banyak sekali negara seperti Ethiopia, Mesir, Sudan, Kenya, dan Tanzania. Meski melalui banyak sekali negara, Sungai Nil justru lebih banyak dimanfaatkan oleh Mesir hingga 90%. Padahal Ethiopia adalah negara yang menyumbang 85% dari semua aliran Sungai Nil.

Akhirnya Ethiopia memilih untuk membangun banyak sekali dam di negaranya. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi jumlah air ke mesir, atau memberikan tarif tambahan jika Mesir menginginkan tambahan pasokan air ke negaranya. Akibat hal ini banyak sekali dam-dam di wilayah Ethiopia yang dibom oleh Mesir. Namun Ethiopia tak berhenti dan terus membangun dam di wilayahnya. Oh ya, sekarang kita bayangkan jika banyak negara yang dilalui Sungai Nil bersatu dan melawan Mesir. Apa yang akan terjadi?

Perang Air India dan Pakistan

India dan Pakistan adalah dua negara yang telah mengalami konflik sajak lama. Salah satu daerah konflik yang sampai saat ini terus memanas adalah Kashmir. Daerah pegunungan yang terletak di utara India ini berusaha bebas dari India dan bergabung dengan Pakistan. Selain masalah Kashmir, India dan Pakistan juga terlibat konflik masalah aliran sungai yang menjadi sumber tenaga dan juga perairan bagi dua negara.

Adalah Sungai Jhelum, sungai yang menjadi penyebab konflik antara India dan Pakistan. Sungai ini memiliki aliran yang deras dan digunakan oleh India sebagai sumber energi. Akhirnya mereka membuat dam agar air bisa dimanfaatkan dengan lebih baik. Rencana ini tentu membuat Pakistan berang, aliran sungai ini juga merupakan hal yang penting bagi negeri ini juga. Jika sampai India jadi membuat dam, dua negara ini kemungkinan besar akan berperang. Terlebih senjata nuklir dari dua negara telah ada dan siap digunakan untuk keadaan yang sangat genting.

Nah, dari lima contoh di atas saja sudah terbukti jika pemicu perang bukanlah hal-hal berharga seperti emas, atau bahkan minyak seperti yang terjadi di Timur Tengah. Air mungkin saat ini merupakan sumber daya yang melimpah. Namun di masa depan, air akan menjadi sesuatu yang sangat vital, terlebih masalah air bersih. Jadi, jika di masa depan ada perang yang berhubungan dengan perebutan air, seperti bukanlah hal yang aneh. Bukan begitu?

Sumber
Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola