5 Orang Terkenal Ini Alami Masalah Plagiarisme Hingga Ke Persidangan

Plagarisme adalah sebuah isu yang telah ada di dunia ini sejak lama. Praktik menyontek, menjiplak, dan apa pun namanya itu telah ada di ranah penting seperti sastra dan musik. Praktik plagarisme saat ini dianggap sebagai kejahatan hingga bisa dipidanakan dan tersangkanya dijebloskan ke dalam penjara atau membayar denda.

Ngomong-ngomong, masalah plagarisme ternyata pernah dialami oleh para orang hebat di bawah ini lho. Mereka dianggap menjiplak meski akhirnya tak ada bukti yang mampu mempidanakan mereka. Akhirnya kasus itu lenyap dan tak ada kelanjutan kasus hukumnya hingga sekarang. Inilah orang hebat yang pernah tersandung masalah plagiat itu. Mari simak ulasan dari 5 orang terkenal ini alami plagiarisme.

J.R.R. Tolkien

J.R.R. Tolkien adalah maestro fantasi kelas dunia. Karya-karya beliau sukses menjadi buku paling laris selama puluhan tahun hingga semuanya difilmkan. Karya-karya yang dihasilkan Tolkien biasanya sangat detail dan dunia fantasi di dalamnya benar-benar nyata. Anda mungkin sudah pernah melihat semua film yang diadaptasi dari novel-novel beliau.

Ketenaran dari Tolkien ternyata tak membuatnya lepas dari kasus plagiasi. Ia dianggap menjiplak salah satu karya dari Richard Wagner di dalam opera Ring of the Nibelung. Sejak kejadian itu membuat Tolkien akhirnya memberikan klarifikasi jika ia membuat tokoh, seting, dan konflik dalam The Hobbit atau The Lord of The Ring adalah murni imajinasinya, bukan menjiplak karya dari orang lain.

E.L. James

Anda pasti pernah membaca buku atau menonton film Fifty Shades of Grey. Buku dari series ini berjumlah tiga buah dan hampir semuanya menjadi best seller. Hal ini membuat E.L James mendapatkan banyak uang. Terlebih lagi novel pertamanya difilmkan dan mendulang sukses di banyak negara. Sudah tak terhitung lagi kan berapa jumlah yang ia terima?

Ternyata, Fifty Shades of Grey itu awalnya hanyalah sebuah fan fiction dari novel Twilight Saga. E.L James menulisnya secara online hingga akhirnya dirombak ulang dengan penggantian nama tokoh. Sayangnya, dalam beberapa scene novel yang ia tulis masih banyak kesamaan dengan Twilight Saga. Saat ini mungkin Stephanie Meyer pengarang  Twilight tidak mengambil tindakan hukum. Tapi entah bagaimana di masa depan.

J.K Rowling

Kehebatan dari J.K Rowling tidak bisa diragukan lagi. Ia telah menjadi orang yang kaya raya berkat novel Harry Potter dan juga semua film yang digarap berdasarkan novel itu. Namun kesuksesan seseorang seperti J.K Rowling tak bisa lepas dari kasus plagiasi yang dituduhkan padanya. Salah satu karya J.K Rowling yang berjudul Harry Potter and The Goblet of Fire dianggap menjiplak novel karya Adrian Jacobs berjudul The Adventure of Willy the Wizard.

Kasus ini masuk ke meja hijau sekitar tahun 2010 silam dan membuat J.K Rowling dan pihak penerbit harus turun tangannya. Beruntungnya, kasus ini dimenangkan oleh pihak J.K Rowling hingga Harry Potter lepas dari tuduhan plagiasi.

Dan Brown

Dan Brown adalah salah satu pengarang sukses yang banyak menghasilkan novel jenis misteri. Beberapa novel dari Dan Brown yang meliputi The Davinci Code dan Angel and Demon menjadi best seller dunia dan diterjemahkan ke puluhan bahasa dunia termasuk Bahasa Indonesia.

Kesuksesan Dan Brown ternyata membuat ia banyak sekali menerima tuduhan aksi plagarisme. Salah satu kasus yang pernah mencuat adalah ia dituduh telah melakukan plagiasi pada buku The Holy Blood and the Holy Graul karya Michael Baigent dan Richard Lee. Pada kasus ini Dan Brown memenangkan persidangan dan dianggap tidak pernah melakukan aksi plagiasi pada karya mereka.

Justin Bieber

Semua orang tidak pernah menyangkal jika Justin Bieber adalah penyanyi yang saat ini banyak sekali melakukan skandal. Setiap hal yang ia lakukan selalu mengundang cercaan orang lain hingga ia dianggap sebagai penyanyi paling buruk dalam hal kelakuan. Well, tapi kita tidak akan membahas keburukan dari Justin Bieber ini. Kita akan membahas kasus plagiasi yang secara tidak langsung mengenainya.

Kasus plagiasi ini bermula saat lagu Somebody to Love yang diciptakan Usher dan dinyanyikan Justin Bieber dianggap menjiplak. Lagu yang dijiplak ternyata pernah dirilis pada tahun 2008 dan memiliki judul yang sama. Kasus ini terus bergulir hingga sekarang dan belum ada pihak yang dinyatakan sebagai pemenang. Oh ya, jika lagu itu terbukti melakukan plagiasi, piak Justin Bieber harus rela mengeluarkan uang sebanyak 10 juta dolar.

Nah, itulah lima orang hebat dan memiliki pengaruh besar di dunia musik dan sastra yang pernah terjerat kasus plagiasi. Oh ya, menurut anda kasus plagiasi yang terjadi di dunia ini separah apa sih?

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Tag : Selebritis
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola