5 Negara Ini Membenci Kiprah Tiongkok di Dunia Internasional

Tiongkok adalah salah satu negara paling hebat di dunia. Untuk urusan olahraga negeri ini seperti tidak bisa dikalahkan. Selanjutnya untuk masalah perdagangan dan juga militer, Tiongkok termasuk berada di atas awan, apalagi dibandingkan dengan Indonesia. Selain hal-hal di tersebut, Tiongkok adalah surga barang-barang canggih namun mewah meski kebanyakan adalah KW atau palsu.

Anyway, pencapaian yang dilakukan oleh Tiongkok ternyata membuat beberapa negara jadi Iri. Bahkan ada yang sampai memiliki sentimen negatif hingga membenci negeri dar hewan panda ini. Lantas kenapa mereka membenci Tiongkok? Dan negara mana saja yang menganggap Tiongkok seperti musuh yang mengerikan? Yuk, kita bahas bersama-sama di 5 negara yang membenci kiprah negara tiongkok.

Jepang

Sebuah survei membuktikan jika lebih dari 75% orang yang ada di Jepang membenci Tiongkok. Hal ini terjadi karena di masa lalu Jepang pernah memberikan propaganda jika Tiongkok adalah negara yang menyerang mereka. Selain itu banyak orang Jepang percaya jika mereka adalah korban dalam perang dunia ke-II akibat pengeboman Hiroshima dan Nagasaki di tahun 1945.

Selain masalah yang berasal dari masa lalu. Di era modern Jepang dan Tiongkok kerap mengalami kisruh tentang masalah pulau di perbatasan. Selain itu masalah penggunaan langit Jepang sebagai lintasan pesawat Tiongkok juga kerap membuat dua negara jadi panas. Terakhir, banyak sekali orang Tiongkok yang menginvasi Jepang sebagai pedagang atau pelaut yang menjarah hasil laut Jepang secara ilegal.

Amerika

Amerika dan Tiongkok sudah sejak lama menjadi negara yang saling benci. Mulai dari perang Korea di mana Tiongkok memberikan bantuan besar kepada Korea Utara untuk mempertahankan wilayahnya. Selanjutnya adalah masalah posisi secara politik di dunia. Amerika merasa terancam akan keberadaan Tiongkok yang terus berkembang dengan baik. Bahkan di tingkat pertahanan Tiongkok termasuk sejajar dengan Amerika.

Selanjutnya masalah perekonomian dan perdagangan. Tiongkok adalah raksasa dunia dalam hal ini. Amerika masih berada jauh di bawah. Tiongkok adalah negara yang bisa membuat barang bagus tapi murah. Hal ini membuat mereka menguasai ekonomi dunia, bahkan memanipulasinya. Terakhir, banyak imigran dari Tiongkok yang menguasai banyak sektor penting di dunia.

Vietnam

Sedikit banyak kebudayaan yang ada di Tiongkok ada di Vietnam. Bahkan kedua negara ini sama-sama berlandaskan komunisme. Namun, banyak dari orang Vietnam justru membenci Tiongkok dari dulu sampai sekarang. Di masa lalu, perang antara Tiongkok dan Vietnam menjadi pemicu banyak orang di negeri ini membenci Tiongkok. Bahkan mereka menganggap Tiongkok seperti musuh bebuyutan.

Di era modern seperti sekarang, kebudayaan yang ada di masa lalu itu tetap ada. Hanya saja ditambah dengan kekhawatiran pada bidang perdagangan. Tiongkok adalah raksasa perdagangan dunia, dan hampir semua barang yang ada dari Vietnam berasal dari sana. Negeri ini jadi paranoid jika kelak negerinya akan dikendalikan oleh Tiongkok. Selanjutnya mereka akan dicaplok seperti yang terjadi di Tibet.

Turki

Masalah utama yang menjadikan Turki sangat membenci Tiongkok adalah masalah Muslim Uyghur yang terus mendapatkan tekanan dari Tiongkok. Sekitar 10 juta Muslim Uyguhur selalu dilarang untuk beribadah. Pemerintah Tiongkok yang komunis menganggap segala bentuk praktik agama akan mengganggu stabilitas negara.

Konflik antara Muslim Uyghur dan Tiongkok membuat Turki geram. Pasalnya suku Uyghur memiliki keterkaitan dengan Turki. Bahkan beberapa bahasa yang digunakan oleh Muslim Uyghur adalah Bahasa Turki. Kedekatan ini membuat Turki membenci Tiongkok dengan segala kebijakannya. Salah satu kebijakan Tiongkok yang dianggap tak benar adalah menyuruh banyak penduduk pindah ke provinsi Xinjiang tempat Muslim Uyghur tinggal agar mereka terus tertekan. Dan lagi Tiongkok juga akan membangun jalur kereta api ke London melalui provinsi ini.

Mongolia

Mongolia adalah negara yang berada di antara Tiongkok dan Rusia. Secara historis negeri ini memiliki keterkaitan dengan Tiongkok meski sekarang banyak dipengaruhi Rusia. Bahkan negeri ini menganggap Rusia seperti saudara tuanya. Bahkan, banyak orang di perbatasan Mongolia bisa berbahasa Rusia dengan baik.

Oh ya, alasan mengapa Mongolia membenci Tiongkok dipicu oleh beberapa pandangan. Pertama adalah mereka menganggap Tiongkok mencaplok banyak wilayahnya, mencuri identitas kebudayaan hingga dianggap mencuri sejarahnya. Hal ini membuat banyak orang Mongolia menganggap Tiongkok sebagai negara mengerikan yang hobinya hanyalah mencuri.

Inilah lima negara yang sangat membenci kiprah Tiongkok di dunia internasional. Selain negara ini sebenarnya banyak orang Indonesia yang membenci Tiongkok. Masalah pertamanya adalah isu pencaplokan Kepulauan Natuna, selanjutnya isu Tiongkok menguasai perekonomian Indonesia. Terakhir, banyaknya tenaga kerja dari Tiongkok yang diisukan membanjiri negeri ini dan memiliki bayaran yang fantastis. Bagaimana menurut anda?

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola