5 Mitos Pohon Yang Dipercaya Orang Indonesia Hingga Kini

Meskipun sudah melek teknologi katanya, tapi orang-orang Indonesia masih sangat percaya dengan hal-hal yang berbau klenik, magis, mitos dan lain sebagainya. Bahkan kalau kita membahas tentang mitosnya orang Indonesia, mungkin butuh berjilid-jilid buku untuk menuliskannya. Lha bagaimana tidak, hampir semua ada mitosnya. Mulai tindak tanduk sampai benda-benda, termasuk pohon-pohon.

Ya, pepohonan bagi orang luar negeri mungkin hanya sebagai dari bukti keanekaragaman hayati, tapi bagi orang Indonesia, pohon-pohon memiliki arti khusus. Tak hanya tentang pohon yang katanya jadi tempat tinggal ‘memedi’, tapi juga kepercayaan khusus yang lain.

Nah, berikut adalah mitos-mitos tentang pohon yang masih lekat dengan orang Indonesia. Mari simak ulasan dari 5 misteri tentang pohon yang kiant dipercaya orang indonesia.

Jangan Tebang Beringin Apa pun Alasannya

Beringin seringkali dikatakan sebagai pohon yang sangat bertuah dan kental dengan mistis. Lantaran punya nilai klenik tinggi, orang-orang pun sering mengeramatkannya. Seperti benda keramat kebanyakan, pohon beringin juga punya banyak pantangan dalam memperlakukannya. Tak hanya dilarang dikencingi kalau tidak ingin kena sentil dan bikin cacat, tapi juga himbauan untuk tidak pernah menebang beringin.

Mitosnya, barang siapa menebang pohon ini ia bakal miskin sampai tujuh turunan. Alasan kenapa pohon ini dilarang ditebang biasanya dikaitkan dengan kepercayaan kalau beringin adalah tempatnya lelembut tinggal. Makanya, ketika ditebang mereka bakal marah dan kemudian membuat pelakunya menderita kemiskinan sampai ke anak keturunannya.

Jangan Menanam Pohon Pisang di Depan Rumah

Pohon pisang juga sering sekali dikaitkan dengan mitos-mitos. Biasanya sih orang akan langsung mengaitkannya dengan salah satu makhluk halus. Ya, konon pisang adalah tempat favorit pocong. Mungkin karena kesamaan bentuknya yang tegak lurus itu. Nah, selain itu, ada mitos lain tentang pohon satu ini.

Sering dikatakan kalau pisang dilarang untuk ditanam di halaman depan rumah. Mitosnya, kalau hal ini dilakukan maka rumah tersebut akan selalu dinaungi energi-energi negatif. Tak cuma itu, konon bangsa yang tak kasat mata juga jadi suka untuk bersemanyam di rumah-rumah yang di depannya ada pohon pisangnya.

Larangan Untuk Menanam Pohon Sawo di Pekarangan Rumah

Kalau dikaitkan dengan mistis, pohon sawo sering diidentikkan dengan rumahnya genderuwo. Makanya, ketika melewati pohon sawo selepas magrib biasanya sering tercium bau bakaran ubi yang biasa jadi tanda eksistensi makhluk gaib satu itu. Soal mitos, banyak sekali kepercayaan di masyarakat yang menghubungkan sawo dengan rumah.

Ya, konon katanya, jika seseorang menanam sawo di pekarangan rumah, maka biasanya rumah tersebut senantiasa sepi. Tidak hanya suasananya, tapi juga penghuninya yang akan selalu berganti-ganti dengan alasan khusus. Sawo sendiri sering dikaitkan dengan kata-kata Jawa ‘Suwung’ yang artinya sepi.

Mitos Bambu Kuning yang Sakti

Bagi orang Indonesia, pohon bambu memang sudah identik dengan berbagai mitos. Bambu sering diidentikkan dengan rumahnya Wewe Gombel dan Genderuwo. Bahkan katanya kalau ada anak yang bermain-main di dekat gerombolan bambu saat magrib, maka bisa dipastikan si anak tersebut akan menghilang. Ya, konon mereka diculik oleh makhluk halus.

Memang begitu seram mistis tentang bambu ini, namun tidak jenis bambu dikaitkan dengan hal-hal negatif. Misalnya bambu kuning yang dikatakan sebagai pembawa energi positif bagi rumah. Banyak pakar yang mengatakan keberadaan bambu kuning akan membuat penghuninya sejahtera secara ekonomi. Tak hanya itu, bambu kuning juga dipercaya mampu menangkal sihir-sihir.

Mitos Pohon Bugenvil dan Jodoh

Ada banyak alasan kenapa seseorang susah jodohnya. Bisa lantaran alasan ekonomi, penampilan, hingga sifat-sifat. Tapi, ketika seseorang sudah punya kualitas bagus tapi masih jomblo, jangan-jangan dia melakukan sesuatu yang bikin seret jodoh. Misalnya saja dengan tinggal di rumah yang ada pohon bougenvilnya.

Ya, konon katanya ketika pohon ini berdiri mesra di pelataran sebuah rumah, maka salah satu penguni rumah tersebut bakal susah jodohnya. Tentu saja ini hanya mitos yang tak wajib untuk dipercaya. Tapi, bagi yang kebetulan kondisinya pas, sedang susah jodoh dan punya pohon satu ini, coba deh cari alternatif untuk menjauhi pohon tersebut dan lihat hasilnya.

Inilah mitos-mitos tentang pohon yang masih beredar di masyarakat tentang pohon. Tentu saja ini dikembalikan kepada pribadi masing-masing untuk percaya atau tidak tentang hal tersebut. Mitos sendiri memang sudah di luar hal-hal yang logis. Tapi, biasanya apa-apa yang turun dari orangtua dulu kadang ada benarnya juga.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Tag : Misterius
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola