5 Kerajaan di Masa Lalu Yang Dianggap Nenek Moyang Negara Modern

Setiap tempat di dunia ini memiliki cerita tentang asal-usulnya. Ada yang mengatakan jika mereka berasal dari bangsa yang diciptakan oleh dewa. Ada juga yang mengatakan jika mereka berasal dari sebuah kerajaan hebat yang agak setengah dongeng di masa lalu. Peradaban dari kerajaan dongeng ini akhirnya bertransformasi menjadi kebudayaan baru yang bertahan sampai sekarang.

Inilah kelompok masyarakat atau negara yang menyatakan dirinya merupakan pewaris kerajaan dongeng. Lantas, apakah kerajaan itu benar-benar ada? Atau cuma cerita yang dibuat oleh leluhur agar bangsa terlihat hebat? Well, mari kita simak bersama-sama di 5 kerajaan dongeng yang dianggap nenek moyang negara modern.

Van Lang

Van Lang adalah sebuah kerajaan yang bisa dibilang semi legenda karena tidak begitu diketahui kebenarannya. Van Lang banyak sekali diceritakan dalam buku mitos dan legenda Vietnam yang sangat disukai anak-anak. Legenda ini menceritakan tentang pertarungan antara kerajaan Van Lang dan kerajaan Tuc.

Dua kerajaan ini mencerminkan sebuah kekuatan makhluk halus di gunung dan lautan. Keduanya terus bertarung hingga semuanya jadi hancur. Sejarah tentang Thuc dan Van Lang ternyata masuk ke dalam cerita kerajaan Au Lac. Lambat laun kerajaan ini bertransformasi menjadi kerajaan Nam Viet dan sekarang menjadi Vietnam. Kebenaran apakah Van Lang itu ada masih diperdebatkan sampai sekarang.

The Piasts

Negara Polandia berdiri pertama kali pada tahun 966 masehi. Saat itu Raja Mieszko I mulai memeluk Katolik dan mengenalkan sebuah kerajaan bernama Piasts. Mengenai asal-usul apakah Piasts itu benar-benar ada masih menjadi perdebatan sampai sekarang. Bahkan ada yang mengatakan jika kerajaan ini hanyalah sebuah legenda yang diturunkan dari generasi ke generasi.

Dinasti dari Piasts ini dianggap memiliki hubungan yang sangat kuat dengan Yahudi. Dalam cerita dikatakan jika raja mereka dipilih dari orang Yahudi bernama Abraham Porkhovnik. Orang Yahudi ini akhirnya memerintah Piast dan memberikan namanya sebagai nama negara yang sekarang kita kenal sebagai polandia.

Gojoseon

Korea modern berasal dari sebuah dinasti bernama Joseon. Sebelum Joseon ini muncul ada sebuah kerajaan yang dibuat oleh seorang dewa bernama Hwang-un. Ia akhirnya memiliki keturunan manusia dan diberi nama Dagun. Hwang-un akhirnya menyuruh Dagun menjadi raja pertama dari peradaban Korea yang kita kenal saat ini.

Cerita itu sebenarnya sebuah dongeng yang diturunkan dari mulut ke mulut. Meski demikian, saat Raja Taejo yang memerintah Korea di tahun 1392, ia mengadopsi legenda itu sebagai bagian sari sejarah negara. Bahkan ia menamai dinastinya sebagai Josen dan menyebut dinasti dari Dagun adalah Gojoseon atau Joseon Tua.

Kerajaan Pagan dan Tagaung

Jika beberapa negara di atas hanya memiliki satu kisah dari kerajaan legenda, maka Myanmar memiliki dua. Negeri ini mengadopsi dua legenda yang dijadikan sebagai salah satu sejarah asal-usul negaranya. Pertama adalah Kerajaan Pagan yang dipimpin oleh pangeran bernama Pyusawhti. Ia adalah percampuran antara dewa matahari dan dewa naga.

Selanjutnya pada abad ke-19, cerita tentang asal-usul Myanmar berubah dengan drastis. Myanmar kuno dianggap sebagai keturunan dari Kerajaan Tagaung. Seorang pria bernama Abhiraza menjadi raja pertama dari kerajaan ini. Ia merupakan salah satu orang yang berasal dari klan Sakya di mana Sidarta Gautama tinggal.

Pada suatu masa, sejarah negeri ini kembali diubah ke legenda awal dan menganggap bangsa Myanmar sebagai ras Matahari. Mereka keturunan dari Pyusawhti yang merupakan anak dari dewa matahari.

Dinasti Xia Tiongkok

Sampai saat ini masih banyak perdebatan mengenai asal-usul dinasti di Tiongkok. Banyak sejarawan yang meragukan kebenaran dinasti pertama ini. Meski demikian, banyak pula yang percaya jika dinasti pertama dari Tiongkok adalah dinasti Xia yang dipimpin oleh Huang Di (Yellow Emperor).

Saat Huang Di menjabat sebagai raja pertama, ia banyak sekali melakukan perluasan negeri Tiongkok hingga sebesar sekarang. Sayangnya, saat dinasti ini berpindah tangan ke Di Gui, lambat laun Xia hancur. Raja ini tak bisa mengelola kerajaan dengan baik hingga akhirnya digulingkan dan berganti dinasti baru bernama Shang. Dinasti Xia masih dipercaya sampai sekarang meski bukti otentik belum terkumpul dengan sempurna.

Inilah lima kerajaan dongeng yang dianggap sebagai nenek moyang sebuah negara atau bangsa. Meski kebenaran mereka masih diragukan, kerajaan ini telah menjadi bagian terpenting dari sebuah kerajaan di dunia.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola